(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara membuat bakso ayam enak dan praktis, siapa yang tidak kenal dengan bakso ayam? Pasti tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini apalagi bagi para penikmat bakso. Rasanya yang enak gurih dan kenyal membuat bakso sangat diminati.

Bakso ayam bisa menjadi alternatif dari bakso daging sapi. Mungkin beberapa dari anda ada yang tidak menyukai daging merah seperti daging sapi atau kambing. Bakso ayam ini bisa menjadi pilihan, yang tentunya rasa bakso ini tidak kalah nikmat dengan bakso daging sapi.

Meskipun demikian, semua tergantung selera. Kalau bicara soal rasa, jelas masing-masing lidah punya kesenangan yang berbeda-beda. Dikarenakan cara pembuatan yang tidak jauh berbeda dan bahan lainnya yang juga sama, tekstur dan bentuk bakso ayam dengan bakso sapi masih dekat.

Yang jelas, apapun bahan dasarnya, bakso tetap menjadi makanan yang paling enak disantap, apalagi kalau dingin-dingin dan saat hujan. Rasanya yang kenyal dan mengenyangkan, serta kuahnya yang panas dan gurih pasti membuat lidah bergetar.

Sebagai salah satu jenis makanan dengan pedagang yang menjamur dimana-mana khususnya di Indonesia, bakso juga menjadi makanan favorit masyarakat. Harganya yang umumnya terjangkau serta mudahnya bakso untuk didapatkan menjadikan bakso sangat digandrungi.

Sejarah Cara Membuat Bakso

Meskipun bakso menjamur dan dijual dimana-mana di Indonesia, sebenarnya makanan satu ini berasal dari Cina lhoo. Siapa sih yang pertama kali menciptakan bakso dan dimana diciptakannya? Sebenarnya awal terciptanya bakso ini ceritanya romantis banget lho. Monggo disimak!

Jawabannya yakni pada sekitar awal abad ke-17 dan berlokasi di Fuzhou. Jadi saat itu ada seorang pemuda bernama Meng Bo. Nah, si Meng Bo ini adalah seorang anak yang sangat sayang dan penurut banget sama orangtuanya. Apalagi sama ibu-nya.

Pada masa itu, Ibu Meng Bo sudah tua dan sakit-sakitan. Karena usianya yang sudah tidak muda lagi, Ibu Meng Bo kesulitan mengonsumsi makanan-makanan keras, seperti daging contohnya. Kasian banget. Padahal Ibu Meng Bo ini sangat suka mengkonsumsi daging.

Sebagai seorang anak yang sayang dan berbakti pada sang ibu, Meng Bo mulai memutar otak dan memikirkan bagaimana caranya agar sang ibu dapat kembali menikmati daging. Hingga suatu ketika, Meng Bo melihat tetangganya yang saat itu tengah menumbuk beras ketan untuk membuat kue mochi.

Saat itu juga Meng Bo langsung terinspirasi. Berkat menyaksikan cara membuat kue mochi dengan cara menumbuk beras ketan, Meng Bo merasa hal yang sama dapat diterapkan ke daging. Akhirnya, Meng Bo menumbuk daging hingga halus, lalu dibentuk bulat-bulat dan kemudian direbus.

Meng Bo pun langsung menyajikan hasil masakannya itu ke si ibunya. Jelas si ibu senang sekali akhirnya bisa kembali makan daging dengan tekstur yang empuk dan lembut pula. Meng Bo juga ikut bahagia berhasil membuat cara baru mengolah makanan dari daging.

Penamaan Bakso

Nah, dimulai dari sinilah legenda pembuatan bakso oleh Meng Bo, yang akhirnya menyebar hingga ke penjuru kota Fuzhou. Sejak saat itu, banyak orang berbondong-bondong datang menemui Meng Bo untuk belajar membuat makanan yang pada akhirnya kita kenal dengan sebutan bakso.

Kenapa dinamakan bakso? Karena bakso berasal dari kata bak dan so. Bak artinya babi sedangkan so berarti sup. Kalau digabung bakso artinya sup yang berisi daging babi. Yap, bakso sebenarnya terbuat dari daging babi, tapi karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, lalu daging babi kemudian diganti menjadi sapi.

Wah… wah… menarik sekali yaa sejarah ditemukannya bakso 😀 dulu di Cina bahannya dari daging babi, di Indonesia di sulap menjadi bakso dari daging ayam atau sapi. Itu semua dilakukan bukan tanpa alasan, seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

Cara Membuat Bakso Ayam Enak dan Praktis

Bakso pada awal dan umumnya memang menggunakan daging sapi sebagai bahan utama. Nah seiring perkembangan zaman dan inovasi para pecinta kuliner sekarang sudah dikenal cara membuat bakso ayam. Alasan para ibu membuat bakso daging ayam biasanya karena mahalnya daging sapi atau ada anggota keluarga yang memang tidak suka daging sapi jadi dicoba dibuat bakso daging ayam.

Berikut ini akan saya paparkan resep mudah dan praktis cara membuat bakso ayam di rumah sendiri. Meskipun dalam rangka meningkatkan efisiensi dan kuantitas produksi, banyak penjual bakso yang menggunakan mesin pembuat bakso untuk membuat baksonya.

Cara Membuat Bakso Ayam

Bakso Ayam

Cara Membuat Bakso Ayam Mudah dan Praktis

Membuat bakso daging ayam pada dasarnya hampir sama dengan membuat bakso daging sapi, perbedaannya hanya penyesuaian tekstur daging ayam. Kalo sudah mahir membuat bakso sapi, dijamin tidak akan kesulitan dalam membuat bakso ayam ini. Bagi yang ingin langsung mencobanya silahkan persiapkan peralatan masaknya yang diperlukan, dan bahan kemudian ikuti cara membuat bakso ayam dan kuahnya berikut ini

Bahan yang harus disiapkan:
  • Daging Ayam 1 kg (pisahkan dari tulangnya)
  • Tepung Kanji 1 ons
  • Es Batu secukupnya
Bumbu yang harus disiapkan:
  • Bawang Putih 3 siung
  • Bawang Merah Goreng 2 sdm
  • MSG 1 sdt
  • Royco Daging Sapi 1 buah
  • Gula Merah 1/4 ons
  • Merica Bubuk 1/2 sdt
  • Kecap 1 saset
  • Telur Ayam 1 butir
Cara membuat bakso ayam:
  1. Daging ayam yang sudah dipisahkan tulangnya di iris kecil dan digiling ditempat penggilingan dengan bumbu yang telah disiapkan diatas (proses pengilingan dua kali giling kasar dan halus). Pemisahan tulang bisa minta ke penjual dagingnya, biasanya mereka sudah paham kalo kita jelaskan untuk membuat bakso. Jangan lupa menyertakan semua bahan dan bumbu di atas dalam proses penggilingan.
  2. Setelah daging sudah menjadi adonan daging (campuran antara daging, bumbu dan kanji) masukkan ke dalam wadah bisa berupa baskom besar untuk diulen hingga kalis.
  3. Kemudian siapkan air hangat dalam wadah panci di depan kompor sambil kita cetak bulatannya mengunakan sendok dan tangan dengan cara meremas seperti membuat bulatan.
  4. Setelah semua adonan menjadi bulatan bakso, masukan ke dalam panci yang berisi air panas tadi, didihkan bulatan bakso sambil diaduk.
  5. Setelah mendidih angkat bakso dan dinginkan dengan meletakan pada wadah besar seperti tampah. Untuk mempercepat pendinginan gunakan kipas angin.
  6. Bakso telah jadi dan bisa anda gunakan untuk membuat segala macam masakan, bisa juga anda simpan di frezer dengan cara memasukan kedalam kantong plastik es ikat kuat2, untuk mencegah bau gunakan 3 sampai 4 plastik.

Demikian informasi mengenai cara membuat bakso ayam enak dan mudah yang bisa saya sampaikan. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda kalau ingin mencoba membuat dan memproduksi bakso ayam sendiri.

Selain bisa dikonsumsi sehari-hari, bakso ayam ini sebenarnya bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan, karena bakso ayam menjadi salah satu makanan yang cukup banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Untuk dapat bersaing dalam dunia kuliner, kemasan sangat dibutuhkan untuk menunjang daya tarik konsumen. Anda dapat menggunakan mesin pengemas makanan untuk membantu mengemas bakso ayam. Dengan mesin pengemas, efisiensi waktu produksi akan semakin cepat. 
Selamat mencoba…