(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Bakso Bakar

Cara membuat bakso bakar – Bulat, gurih, kenyal dan nikmat itulah dia bakso. Yups, bakso merupakan salah satu jajanan khas Indonesia yang sangat banyak digemari di masyarakat. Di pusat jajanan kota makanan yang didominasi oleh daging ini menjadi salah satu jajanan favorit.

Dan lebih unggul dibandingkan dengan jajanan lainnya, meskipun kini bebagai macam makanan unik sudah bermunculan.Biasanya bakso ini disajikan dengan kuah yang panas serta penambahan mie, baik mie putih, mie kuning ataupun bihun.

Dengan dilengkapi sayuran segar seperti sawi, taoge dan yang lainya. Kalian penikmat bakso pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Tapi apakah anda pernah mencicipi kreasi hidangan dari bakso? 😀

Apakah anda pernah mendengar bakso bakar? Atau bahkan anda pernah mencoba hidangan yang satu ini? Apa sih bedanya dengan bakso biasa yang sering dijual abang tukang bakso? 😀 Anda penasaran? Yuk kita cicipi bersama sama hehe… 😀

Nah, selain bakso kuah ternyata bola daging ini bisa dimodifikasi menjadi berbagai jenis santapan lainnya seperti bakso goreng atau bakso bakar. Anda semuanya mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar Bakso bakar.

Bakso bakar merupakan bakso pada umumnya, namun memiliki perbedaan ketika diolah.Yaa, anda benar sekali perbedaan bakso bakar dengan bakso pada umunya ketika pengolahan bakso ini dengan cara dibakar. Bakso bakar ini rasanya sudah pasti tidak kalah nikmat dengan bakso kuah.

Apalagi kalau anda hobi makanan yang dibakar. Bau harum makanan yang dibakar memiliki ciri khas tersendiri untuk disantap. Memiliki tekstur dan bentuk yang begitu menggoda ketika dilihat, membuat anda tak sabar untuk segera menyantap salah satu kreasi dari bakso ini.

Anda pasti sudah bisa membayangkan begitu nikmatnya bakso yang dibakar diberi kecap dan bumbu rempah rempah pilihan untuk menyempurnakan kenikmatan bakso bakar. Jadi laper kan? 😀

Meskipun sangat diminati dan sudah menjadi jajanan yang merakyat, anda juga patut untuk berhati hati dan selektif dalam membeli bakso. Tak jarang ada beberapa oknum penjual bakso yang mencari jalan pintas, ingin cepat mendapat keuntungan dengan cara yang haram.

Menggunakan daging tak layak seperti daging ular, daging tikus, daging kucing bahkan daging babi. Meskipun daging babai dijual secra terang terangan, bagi anda umat muslim tentunya sudah paham bahwa daging babi haram untuk dikonsumsi.

Daging yang tak layak bisa saja digunakan penjual bakso yang curang, demi keuntungan pribadi tanpa memperhatikan aspek kesehatan pembeli. Anda tentunya tak mau terkena penyakit gara-gara mengkonsumsi bakso dari daging yang tak layak untuk dikonsumsi. Untuk itu kami memberikan beberapa tips membeli bakso berikut ini. Silahkan disimak!

Tips membeli Bakso

  • Penjual sudah Anda kenal baik
    Pertama jika Anda membeli bakso maka usahakan Anda mengenal baik kepribadian dan agamanya karena orang yang kuat agama islamnya maka tidak mungkin membuat bakso dari daging yang haram.
  • Hati-hati harga murah
    Terkadang kita dalam membeli bakso memilih harga yang sangat murah. Namun tahukah harga daging sapi maupun ayam tidak murah kan,maka jangan tergiur harga murah agar kita tidak jadi pemakan tikus,babi dan ular.
  • Jangan membeli sembarangan
    Sebaiknya Anda membeli bakso ditempat-tempat yang baik, misalnya direstoran atau warung bakso yang tidak berpindah pindah,karena mereka menjaga produk baksonya, berbeda dengan penjual bakso keliling yang anda tentu belum tahu kualitas baksonya.
  • Bentuk dan sifat baksonya
    Bakso termasuk produk pangan yang berpotensi mendapat campuran bahan kimia. Bakso yang sehat akan bertahan selama kurang lebih empat hari di suhu ruang. Sementara jika masuk ke dalam lemari es atau chiller bisa kuat hingga seminggu. Lain lagi jika disimpan dalam suhu beku maka bisa bertahan selama tiga hingga enam bulan.

Semoga tips-tips memilih bakso tersebut bisa membantu Anda untuk lebih teliti memilih jenis panganan, perhatikan juga ciri-cirinya agar tidak tertipu.Tidak semua pedagang bakso berlaku curang, masih banyak pedagang yang sportif jujur mempertahankan kualitas demi kepercayaan konsumen, tidak hanya mementingkan keuntungan pribadi saja.

Sebenarnya anda bisa mencoba sendiri di rumah berkreasi dengan bakso bakar. Sederhana, siapapun bisa membuatnya tanpa harus melihat latar belakang keahlian si pembuat, termasuk Anda. Anda hanya perlu membeli bahan berupa dan bumbunya beserta bahan pelengkap seperti tusuk sate yang bisa dicari ataupun buat sendiri.

Cara Membuat Bakso Bakar

Cara membuat bakso bakar tak terlalu beda jauh dengan membuat bakso ayam atau sapi. Ketika adonan sudah tercampur dan berbentuk bulat bakso kemudian dibakar diatas arang dengan nyala api yang sedang, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sembari bakso dibakar, juga diolesi dengan bumbu racikan khusus untuk menambah cita rasa bakso bakar.

Cara Membuat Bakso Bakar

Bakso bakar

Bahan Utama Bakso Bakar (kreasi sendiri) :

  • 50 gram tepung sagu
  • 500 gram daging sapi cincang
  • 1 butir telur ayam
  • Air jernih untuk memasak pentol bakso pertama

Bumbu Halus :

  • 1 sdm merica
  • Bawang putih secukupnya
  • 1/2 sdt biji pala
  • 1/4 sdt bubuk kaldu padat rasa sapi
  • Garam dapur dengan kandungan yodium sedang secukupnya

Bahan Olesan Pentol Bakso Bakar :

  • Margarin dan kecap manis, bisa Anda tambahkan irisan cabai sesuai selera agar terasa sedikit pedas

Sebelum masuk ke proses pembakaran bakso kita terlebih dahulu membuat baksonya dengan bahan-bahan yang sudah disiapkan.

Cara Membuat Bakso :

  1. Pertama, siapkan wadah terbuka berukuran sedang. Masukkan bahan bakso dan campurkan dengan bumbu halus, kecuali air. Aduk semua hingga tercampur membentuk adonan bakso.
  2. Kedua, adonan masih harus diolah. Caranya dengan membanting-balik dan membolak-balik adonan hingga terasa lembut ketika diraba.
  3. Ketiga, bentuk pentol bakso bulat-bulat dari adonan hingga habis.
  4. Keempat, rebus air di dalam panci seperlunya sambil menunggu adonan habis dibentuk.
  5. Kelima, masukkan adonan bakso yang sudah dibentuk ke dalam air rebusan mendidih hingga matang. Untuk mengetahuinya, bakso yang sudah matang akan mengambang.
  6. Terakhir, angkat bakso dan tiriskan agar tidak terlalu membasahi bakso.

Cara Membuat Bakso Bakar :

  1. Pertama, tusuk semua bakso dengan banyak lidi. Anda atur jumlahnya sendiri, normalnya sih tiga hingga empat.
  2. Kedua, oleskan kecap (yang sudah ada sambalnya juga bisa) dan mentega pada tusukan bakso.
  3. Ketiga, bakar bakso di atas bara api hingga matang.
  4. Terakhir, sajikan bakso bersama bahan pelengkap seperti acar, lontong, dan sambal kacang.
  5. Bakso bakar siap di nikmati 😀

Nyam-nyam, Anda sudah bisa menikmati bakso bakar buatan sendiri. Gimana? Cukup simpel bukan cara membuat bakso bakar dengan praktis tentunya sehat dan aman, anda tidak perlu khawatir lagi karena semua bahan yang diolah sudah terjamin kulitasnya.

Sekian informasi mengenai cara membuat rolade ayam yang mudah dan tentunya enak. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mencoba membuat di rumah.

Baca juga cara membuat bakso ayam bagi anda yang ingin mencoba kreasi dari bakso. Terimakasih