(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Bakso Daging Sapi

Cara membuat bakso daging sapiĀ – Bakso ayam? atau bakso daging sapi? šŸ™‚ Mungkin itu bukan suatu pilihan yang sulit bagi sebagian orang. Jika anda ingin menikmati bakso dengan harga yang murah tentu anda memilih bakso ayam, tapi jika anda memiliki uang lebih dan anda bisa membeli bakso sapi. Yaa kembali lagi semua itu tergantung selera.

Sebenarnya baik itu daging ayam maupun daging sapi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Memang benar daging sapi lebih mahal dibanding daging ayam yang selama ini menjadi masalah di masyarakat. Terlepas dari semua itu, daging sapi memiliki beberapa manfaat yang sangat penting bagi tubuh.

Berikut beberapa kandungan gizi daging sapi beserta manfaatnya bagi tubuh

  1. Zat Besi
    Zat besi adalah salah satu kebutuhan penting bagi tubuh kita. Kita bisa mendapatkan zat besi dari daging sapi karena daging sapi mengandung zat besi yang sangat tinggi. Kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia sehingga tubuh menjadi lesu.Zat besi pada daging sapi bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, mempengaruhi semangat belajar anak dan juga sebagai benteng bagi tubuh kita karena zat besi bisa meningkatkan kekebalan tubuh.
  2. Protein
    Daging sapi juga mengandung kandungan gizi yang tidak kalah pentingnya dari zat besi, yaitu proetin. Protein sangat penting karena bisa membantu perkembangan otak pada anak. Selain itu protein juga bisa membantu tubuh Anda untuk membentuk jaringan baru pada otot-otot Anda.
  3. Selenium
    Kandungan gizi lainnnya pada daging sapi adalah selenium. Selenium sangat dibutuhkan untuk membentuk zat antioksidan dan meningkatkan imunitas anak.
  4. Seng atau Zinc
    Zat seng juga terdapat pada daging sapi. Zat ini memiliki fungsi untuk meningkatkan metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh. Kekurangan zat seng bisa menyebabkan gangguan pada pengembangan fungsi reproduksi laki-laki dan pembentukan sperma serta mengganggu fungsi kekebalan tubuh.
  5. Vitamin B Kompleks
    Konsentrasi dan daya ingat bisa menjadi masalah tersendiri bagi kita. Vitamin B kompleks pada daging sapi membantu kerja sistem saraf otak sehingga mampu membantu menjaga konsentrasi dan meningkatkan daya ingat.
  6. Omega 3
    Kandungan gizi daging sapi yang terakhir adalah omega 3. Omega 3 membantu fungsi jantung, sistem saraf pusat dan hati. Dalam 150 gram daging sapi, terkandung sekitar 30 gram asam lemak Omega 3.

Secara garis besar terdapat 6 kandungan gizi yang ada pada daging sapiĀ  yang bisa membantu Anda untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat. Namun kandungan gizi tersebut tak lepas dari konsumen yang cerdas, konsumen harus pandai memilih mana daging sapi yang masih segar. Berikut tips memilih daging sapi.

cara membuat bakso daging sapi

Daging sapi segar

Tips untuk Anda memilih daging sapi segar sehat dan halal

  1. Warna daging
    Ketika anda hendak membedakan apakah daging yang anda beli dalam keadaan baik atau busuk caranya yaitu dengan memperhatikan warna daging itu sendiri. Daging yang memiliki kualitas baik biasanya mempunyai warna merah yang masih sangat segar sekali serta tidak terlihat pucat dan kotor.
  2. Cium aroma daging
    Daging sapi yang masih dalam keadaan segar biasanya akan tercium aroma daging yang segar, tidak tercium bau busuk atau bau amis. Ketika membelinya anda jangan tertipu oleh kata-kata pedagang daging itu sendiri. Meskipun pada saat itu anda hanya mencium bau amis yang sedikit, akan lebih baiknya jika anda mengurungkan niat anda untuk membelinya.
  3. Lihat tekstur daging
    Sebelum anda membeli daging, maka tidak akan ada salahnya apabila anda melihat tekstur daging itu sendiri. Jika anda mendapati tekstur daging yang kenyal serta posisinya kembali seperti semula ketika di tekan, maka bisa dipastikan bahwa daging tersebut masih dalam keadaan segar atau baru. Sebaliknya, jika daging yang anda tekan terasa lembek, maka kita harus menghindarinya karena keadaannya sudah tidak segar lagi.
  4. Hindari memilih daging dalam keadaan beku
    Banyak orang yang biasanya salah kaprah ketika membeli daging. Dimana mereka menganggap bahwa daging dalam keadaan beku ialah daging yang segar dan baik. Daging yang beku memanglah baik, namun perlu kita ketahui juga bahwa kesegarannya kurang. Namun, jika tidak ada lagi pilihan dan anda harus membeli daging dalam keadaan beku, maka anda bisa memilih daging yang tidak terdapat bunga es, karena daging yang seperti itu merupakan daging yang sudah lama.
  5. Hindari memilih daging berair
    Ketika kita membeli daging, tentu saja kita melihat daging dengan posisi yang digantung. Ketika itu, anda harus memastikan bahwa anda tidak memilih daging yang berair, karena bisa saja daging tersebut adalah daging glonggongan. Namun, jika yang menetes pada daging adalah darah, maka tidak masalah jika anda membelinya, karena itu merupakan sari daging sapi tersebut.

Itulah tips memilih daging sapi yang masih dalam keadaan sehat atau segar. Janganlah membeli daging dengan sembarangan, karena selain mempengaruhi masakan yang anda buat menjadi tidak sempurna, juga akan merugikan kesehatan diri sendiri berserta seluruh keluarga.

Cara Membuat Bakso Daging Sapi

Cara Membuat Bakso Daging Sapi

Bakso Daging Sapi

Cara membuat bakso daging sapi – Dari banyak macam olahan daging sapi, bakso sapi merupakan salah satu olahan yang cukup disukai berbagai kalangan masyarakat. Salah satu kenikmatan yang dirasakan adalah kekenyalan dari bakso daging sapi ini yang menggoda dan dapat menggoyang lidah Anda. Untuk itu kamiĀ akan membagikan cara membuat bakso daging sapi untuk anda yang ingin mencoba membuat sendiri di rumah.

Bahan yang perlu dipersiapkan :

  • Tepung Sagu/Kanji 50 gram
  • Daging Sapi 350 gram
  • Bawang Putih 4 siung
  • Merica 1/2 sdt.
  • Air Es 100 cc
  • Garam 3 sdt.
  • Telur 1 butir

Bahan untuk kuah bakso :Ā 

  • Daun Bawang 2 batang (diiris)
  • Bawang Putih 6 siung
  • Garam 3 sdt.
  • Air 2 liter
  • Merica 1/2 sdt.
  • Tulang/Lutut Sapi 600 gram

Untuk membuat kuah bakso sapi, pertama-tama haluskan bawang putih dengan garam dan merica. Setelah itu didihkan air dengan bumbu tersebut, lalu masukkan tulang. Masak hingga mendidih, lalu saring kuahnya.

Cara membuat bakso daging sapi :

  1. Pertama-tama, haluskan bawang putih bersama dengan garam dan merica.
  2. Giling daging sapi hingga halus, lalu campurkan dengan tepung sagu, bumbu halus, air es, serta telur. Aduk dan campurkan hingga rata.
  3. Panaskan air hingga mendidih. Apabila sudah mendidih, matikan apinya.
  4. Ambil adonan bakso sesuai selera, lalu bentuk bulat-bulat menggunakan tangan.
  5. Masukkan bakso secara perlahan ke air. Lakukan hingga adonan habis.
  6. Nyalakan kembali api dan masak hingga bakso mengapung. Itu tandanya bakso sudah matang. Angkat dan tiriskan.
  7. Untuk penyajiannya, siapkan mangkuk, tata mie kuning atau bisa menggunakan bihun dan bakso, lalu tuang dengan kuah.
  8. Tambahkan bahan pelengkap seperti bawang goreng, daun bawang. Sayurannya seperti tomat, wortel dan daun sledri.
  9. Bakso daging sapi super nikmat siap dihidangkan!

Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman, saudara, kerabat dan keluarga Anda. Oiya jika anda ingin berkreasi dengan macam-macam pengolahan bakso lainnya baca juga cara membuat bakso bakar, cara membuat bakso ayam dan cara membuat bakso ikan.

Terimakasih