(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Bakso Goreng Sehat dan Lezat – Anda penggemar kuliner bakso ? jika iya maka anda beruntung dengan menemukan artikel ini, yap jika kemarin sudah dibahas berbagai macam varian bakso seperti bakso ikan tenggiri, bakso tahu, dan lain sebagainya, kali kita akan membahas bagaimana cara membuat bakso goreng mudah dan lezat.

Berbicara kuliner bakso memang sangat banyak varianya termasuk salah satunya dengan bakso goreng. Kuliner yang satu ini disajikan dengan cara dicelup dalam bumbu masak rempah – rempah khusus kemudian dimasukan kedalam alat penggorengan guna digoreng yang rasanya kemudian membangkitkan selera kita untuk menyantapnya.

Bakso goreng juga menjadikan solusi alternatif bagi anda yang bosan dengan sajian bakso yang sudah mainstream dipasaran. Makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan cemilan bersama keluarga, bisa juga dijadikan teman yang tepat saat kopi atau anda meminta kawan saat disantap selagi anda bersantai ria.

Kuliner bakso goreng mudah ditemui di jalanan maupun di warung makan ditempat anda berada. Si penjual biasanya menyajikan bakso gorengnya dengan dilengkapi dengan saus kacang pedas atau bumbu yang lainnya.

Dengan mudahnya ditemui bakso goreng maka tak heran anak – anak kita sering kali membeli jajanan yang satu ini. Namun yang perlu diketahui saat anak membeli jajanan tak ada jaminan bahwa makanan yang dia makan layak dan sehat untuk dikonsumsi. Karena itu artikel ini engedukasi membuat bakso goreng bukan terletak untuk memanjakan lidah saja, namun juga menyediakan jajanan dirumah agar keluarga tidak sembarangan saat membeli jajan diluar.

Bahaya Jajan Sembarangan Bagi Kesehatan

Untuk memberiakan semangat dan motivasi lebih kepada anda agar mau belajar cara membuat bakso goreng yang sehat dan lezat di rumah anda, maka kami akan sajikan bahaya jajan sembarangan bagi kehesatan keluarga anda. lets cekiidot :

  1. Kebanyakan Tidak Bersih dan Higienis

    Makanan yang beredar di pasaran mempunyai kriteria kebersihan dan kehigienisan sendiri. Namun hal seperti ini jarang kita temui pada penjual makanan yang di pinggir jalan. faktor tempat, bahan makanan, proses pembuatan makanan, pencucian yang tidak bersih, kebersihan peralatan, dan juga kebiasaan yang tidak bersih. Sehingga makanan yang dijual dihingapi lalat sehingga menyebabkan sakit perut bahkan terkena diare.

  2. Keracunan Makanan

    Jajanan yang biasa dijajakkan di tempat- tempat umum atau sembarang tempat, biasanya memiliki harga yang cukup murah. Mengapa harga jajanan di pinggir jalan bisa lebih murah dibandingkan jajanan yang ada di toko atau tempat yang lebih tertutup?

    Salah satu jawabannya ada pada bahan baku pembuat jajanan. Jajanan yang dijual di tempat umum dengan harga yang murah biasanya menggunakan bahan baku yang kualitasnya lebih rendah daripada yang dijual di toko- toko. Hal ini dilakukan agar menghasilkan biaya modal yang sedikit, sehingga penjual mampu menjualnya dengan harga yang cukup murah.

    Bahan yang kualitasnya lebih rendah belum tentu berbahaya dan bisa jadi bahan makanan yang berualitas rendah itu sudah habis masanya atau kadarluarsa sehingga jika dikonsumsi bisa menyebabkan keracunan makanan. Tanda adalnya adalah sakit kepala, mual dan muntah. Sebagai orang tua harus waspada terhadap anak- anak. Lebih baik jika orangtua membuatkan bekal anaknya dari rumah yang bersih dan berkualitas.

     

  3. Karsinogenik

    Salah satu trik dari pedagang jajanan untuk menarik perhatian pembeli adalah dengan membuat bentuk dan warna jajanan semenarik mungkin. Makanan yang bentuknya bagus dan warnanya juga bagus adalah daya tarik tersendiri yang menyebabkan anak- anak menjadi tertarik untuk mebeli jajanan tersebut. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua jajanan yang dijajakkan di pinggir jalan menggunakan pewarna alami.

    Banyak jajanan yang dijajakkan di pasar ini menggunakan bahan kimia untuk menghasilkan jajanan yang bagus dan menarik. Zat kimia yang sering digunakan dalam jajanan sembarangan adalah pewarna buatan, pemanis buatan, pengawet buatan, dan lain sebagainya. Lama kelamaan jika makanan tersebut tersu dikonsumsi bukan tidak mungkin akan menciptakan sel-sel kanker di dalam tubuh atau karsinogenik.

  4. Gangguan Pencernaan

    Zaman sekarang tidak hanya barang- barang saja yang bisa dijual palsu atau dipalsukan. Makanan palsu ini dimodif atau dibuat sedemikian rupa oleh penjualnya agar menyerupai makanan dan minuman aslinya. Makanan atau minuman palsu ini dibuat dengan menggunakan bahan- bahan yang kualitasnya dibawah standar asli bahannya,sehingga disebut degan makanan dan minuman palsu.

    Jika makanan dan minuman itu selalu masuk ke dalam tubuh bisa mengakibatkan anak akan mengalami gangguan pencernaan misalnya saja adalah peradangan usus dan infeksi. Oleh sebab itu pastikan anak anda tidak jajan sembarangan.

  5. Terinfeksi Cacing dan Bakteri

    Salah satu yang membuat jajan di sembarang tempat berbahaya adalah karena resiko terkenan cacingan. Hal ini menjadi salah satu penyebab mengapa jajanan di sembarang tempat digadang- gadang menjadi penyebab diare, dan penyakit lain sebagainya. Cacing ini dapat menular selain melalui udara juga dapat menular memalui sentuhan.

    Jajanan yang ada di pinggir jalan lebih banyak mendapatkan sentuhan dari orang- orang yang belum tentu bersih pula, jika masuk ke dalam tubuh bakteri itu bisa menyebabkan disentri.

    mengerikan bukan ? oleh karena itu artikel ini memberikan solusinya agar anda dapat membuat jajanan di rumah yang kebersihan dan kehigienisannya terjaga, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh anda, anak – anak anda, suami atau isteri anda, dan sanak keluarga anda yang lainnya.

Cara Membuat Bakso Goreng

 

oke.. sekarang saatnya kita masuk pada bagian utama dari artikel yaitu cara membuat bakso goreng sehat dan lezat.

Bahan – bahan

Cara membuat bakso goreng yang diperlukan bahan – bahanya adalah :

  • 200 gr daging ayam giling atau yang sudah dicincang dengan halus
  • 50 gr udang yang sudah bersih dari kulitnya kemudian dicincang halus
  • 100 gr kulit ayam yang telah dicincang halus
  • Bawang putih 2 siung sudah dihaluskan
  • Garam secukupnya
  • Minyak wijen
  • Merica bubuk secukupnya
  • Gula Pasir
  • Penyedap rasa
  • 1 butir telur ayam guna perekat
  • 150 ml air es
  • Minyak goreng
  • 225 gr tepung sagu
  • 1 sdt baking powder

Cara Membuat Bakso Goreng (memasak)

Berikut adalah cara membuat bakso goreng :

  1. cara membuat bakso goreng yang pertama adalah mencampurkan ayam giling, kulit ayam giling, udang cincang, merica, garam, minyak wijen, penyedap rasa, bawang putih halus, gula pasir dan aduk rata bahan tersebut.
  2. Saat diaduk tuangkan air es sedikit demi sedikit secara merata. Kemudian masukkan telur dan aduk rata kembali. Lalu tambahkan tepung sagu dan baking powder lalu aduk rata kembali. Bentuk bulatan pada adonan menggunakan tangan atau sendok. Setelah itu digoreng dalam minyak yang sedang hingga berwarna coklat kematangan.
  3. bisa ditambah sambal cocolan guna menabahkan kenikmatan saat menyantapnya.

bagaimana mudah bukan cara membuatnya. Anda tidak perlu ribet untuk mencari bahan – bahannya karena mudah ditemukan dipasaran. oke sekian artikel hari ini semoga bermanfaat untuk anda para pembaca.

Good Luck…. Semoga Hari Anda Semakin Menyenangkan Selalu…..