(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara membuat bakso Ikan mudah dan cepat, bosan dengan hidangan bakso dengan rasa sapi ? jika iya, maka anda seorang yang beruntung dengan menemukan artikel ini, karena artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat bakso ikan (fish ball) yang mudah dan enak sebagai alternatif pengganti bakso dengan rasa sapi. Daging ikan sebagai alternatif yang kaya akan gizi dan bisa anda dapatkan dengan harga murah.

Untuk ikan yang digunakan membuat bakso ikan ini bisa disesuaikan sesuai selera dan isi dompet, seperti ikan tengiri, ikan lele, ikan kakap, ikan tuna atau jenis lainnya. Cara membuat bakso ikan ini cukup mudah dan mirip sekali dengan resep membuat bakso daging yang sudah bertebaran di internet. Selain bakso ikannya, kuah bakso resep ini juga enak, segar dan sedap rasanya lho.

Di Negara Indonesia bakso merupakan kuliner yang sangat digandrungi. Hampir setiap kita melangkah dengan mudah dan cepat kita akan menemui pedagang bakso bertebaran baik yang menggunakan gerobak maupun membuka warung makan bakso. Sebelum Memulai pembahasan bagaimana cara membuat bakso ikan, akan dijelaskan sejarah singkat tentang penemuan bakso untuk menambah pengetahuan pembaca tentang kuliner bakso.

Sejarah Cara Membuat Bakso

Bicara tentang bakso, kebanyakan orang akan mengatakan bakso termasuk makanan paling enak yang ada di dunia. Apalagi kalau makan bakso dalam keadaan panas saat musim hujan, Maknyuuuussss! kalo kata Om Bondan. Meskipun bakso sangat terkenal di Indonesia, sebenarnya kuliner bakso berasal dari cina. Siapa sih yang pertama kali menciptakan bakso dan dimana diciptakannya? Sebenarnya awal terciptanya bakso ini ceritanya romantis banget lho. Monggo disimak!

Jawabannya yakni pada sekitar awal abad ke-17 dan berlokasi di Fuzhou. Jadi saat itu ada seorang pemuda bernama Meng Bo. Nah, si Meng Bo ini adalah seorang anak yang sangat sayang dan penurut banget sama orangtuanya. Apalagi sama ibu-nya. Pada masa itu, Ibu Meng Bo sudah tua dan sakit-sakitan. Karena usianya yang sudah tidak muda lagi, Ibu Meng Bo kesulitan mengonsumsi makanan-makanan keras, seperti daging contohnya.

Sebagai seorang anak yang sayang dan berbakti pada sang ibu, Meng Bo mulai memutar otak dan memikirkan bagaimana caranya agar sang ibu dapat kembali menikmati daging. Hingga suatu ketika, Meng Bo melihat tetangganya yang saat itu tengah menumbuk beras ketan untuk membuat kue mochi.

Saat itu juga Meng Bo langsung terinspirasi. Berkat menyaksikan cara membuat kue mochi dengan cara menumbuk beras ketan, Meng Bo merasa hal yang sama dapat diterapkan ke daging. Akhirnya, Meng Bo menumbuk daging hingga halus, lalu dibentuk bulat-bulat dan kemudian direbus.

Meng Bo pun langsung menyajikan hasil masakannya itu ke si ibunya. Jelas si ibu senang sekali akhirnya bisa kembali makan daging dengan tekstur yang empuk dan lembut pula. Meng Bo juga ikut bahagia berhasil membuat cara baru mengolah makanan dari daging.

Cara Membuat Bakso Ikan Mudah dan Enak

Bakso pada awal dan umumnya memang menggunakan daging sapi sebagai bahan utama. Nah seiring perkembangan zaman dan inovasi para pecinta kuliner sekarang sudah dikenal cara membuat bakso ikan. Alasan para ibu membuat bakso daging ikan biasanya karena mahalnya daging sapi atau ada anggota keluarga yang memang tidak suka daging sapi jadi dicoba dibuat bakso daging ikan.

Oke, setelah anda dibuat berputar – berputar maka tiba saatnya moment yang sangat ditunggu – tunggu oleh anda. Berikut ini akan saya paparkan resep mudah dan praktis cara membuat bakso ikan mudah dan enak di rumah sendiri. lets make fishball on your home.

cara membuat bakso ikan

 

Cara Membuat Bakso Ikan ( Cara dan Bahan yang Diperlukan)

Cara membuat bakso atau fish ball sangat mudah namun memerlukan tips – tips khusus supaya resep bakso ikan yang dibuat nantinya lebih Maknyuuuuusss!. Hal yang terpenting dalam membuat bakso ikan adalah bahan utama ikan yang digunakan harus segar dan kualitasnya sangat baik. Daging ikan yang berwarna putih, speerti ikan patin, ikan tengiri, ikan tuna bahkan ikan lele dapat kita buat menjadi bakso ikan yang enak dan lezat.

Daging ikan sebagai bahan utama haruslah segar dan mempunyai tekstur yang kenyal dan tidak lembek supaya bakso ikan yang kita buat nantinya menjadi kenyal dan nikmat disantap. Satu lagi yang paling penting adalah daging ikan yang digunakan harus benar-benar bersih dari duri ikan.

Selain ikan, anda memerlukan tepung sagu atau tepung tapioka yang halus dan bersih. Yang perlu dicatat ikan harus dalam kondisi dingin dikarenakan sangat sensitif sekali dengan suhu. Selain itu tidak menggunakan air untuk membuat adonan bakso dari bahan ikan ini. Sebagai gantinya es yang diserut supaya suhu adonannya tetap terjaga. Untuk menjaga kekenyalan pentol baksonya, setelah bakso matang sebaiknya ditiriskan saja dan jangan terlalu lama direbus supaya teksturnya tetap kenyal dan empuk.

Bahan-bahan Cara Membuat Bakso Ikan

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah ikan bersih dari duri dan kulitnya kurang lebih sebanyak 500 gram.
  2. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3-4 siung saja. Kupas kulitnya sebelum digunakan.
  3. Es serut sedikit saja untuk campuran memblender bahan bakso ikannya.
  4. Tepung sagu atau tepung tapioka kurang lebih sebanyak 2,5 sendok sampai 3 sendok makan.
  5. Telur ayam yang diambil putih telurnya saja 2 butir. Dinginkan dahulu di kulkas sebelum dicampur dengan bahan lain.
  6. Gula pasir secukupnya sesuai selera (kurang lebih 1-2 sendok makan peres).
  7. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  8. Merica bubuk atau halus kalau suka sedikit saja.
  9. Air bersih secukupnya.

Cara Membuat Bakso Ikan Yang Mudah dan Enak

  1. Langkah pertama masukkan ikan ke dalam blender bersama dengan putih telur, bawang putih, garam dapur beryodium, gula pasir dan es serut sedikit saja. Haluskan bahan sampai benar-benar halus.
  2. Siapkan satu wadah dan tuang hasil blenderan ikan diatas.
  3. Tuang tepung sagu atau tepung tapiokanya sambil diaduk-aduk dan diuleni searah jarum jam dan sedikit digilas seperti mencuci baju sampai semua bahan tercampur rata (kurang lebih selama 5 menit).
  4. Tepung sagu atau tapioka bisa ditambahkan sedikit saja apabila dirasa masih terlalu lembek.
  5. Siapkan panci dan rebus air bersih secukupnya sampai mendidih kemudian matikan apinya.
  6. Bentuk adonan bakso diatas di genggaman tangan dan tekan sampai membentuk bulatan bakso.
  7. Ambil adonan pentol bakso diatas dengan sendok makan dan masukkan ke dalam air panas di dalam panci. Ulangi sampai adonan pentl bakso ikannya habis.
  8. Rebus kembali bakso diatas dengan api sedang kecil sampai pentol bakso ikannya mengambang dan matang.
  9. Setelah matang segera angkat dari panci, tiriskan dang dinginkan.

Yap ! begitulah cara membuat bakso ikan kuah yang mudah dan enak. Anda dapat menghidangkannya bersama dengan bahan pelengkap lain, seperti mie kuning, bihun, bawang goreng, irisan daun seledri dan lainnya supaya rasanya semakin Maknyuus !. Walaupun sederhana, tetapi citarasa dan tekstur resep bakso ikan yang kita buat tetap kenyal dan enak bukan.

Selain bisa dikonsumsi sehari-hari, bakso ikan ini sebenarnya bisa anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan, sebab bakso ikan masih jarang sekali di pasaran.
Good Luck… Semoga Hari Anda Semakin Menyenangkan…