(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Bakso Mangkok – pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Mungkin anda tau bagaimana Cara Membuat Bakso Mangkok yang lezat. Tapi buat anda yang masih belum tau resep Cara Membuat Bakso Mangkok akan ada ulasan mengenai cara pembuatannya.

Bakso mangkok populer atau bisa dibilang hits pada akhir ini karena keunikannya yang dibuat persis seperti mangkok pada umumnya. Nah pasti sudah bisa membayangkan bagaimana bentukan bakso mangkok kan ? Pastinya sudah kan. Aneka sayuran, bakso, mie, pangsit bisa langsung dimasukkan ke dalam bakso mangkok.

Bakso Mangkok

Bakso mangkok dibuat dari gilingan daging sapi dan bahan lainnya. Dari kejauhan bakso mangkok seperti terlihat setengah bulatan bola. Untuk seporsi bakso mangkuk terbilang cukup mahal tapi dijamin puas dengan porsi bakso mangkok apalagi mangkuknya dapat dimakan sekaligus.

Tidakkah Anda penasaran dengan Cara Membuat Bakso Mangkok ? Nah sekarang Anda akan tahu bagaimana cara membuat bakso mangkok. Berikut resep-resep yang akan Anda buat dirumah dengan seenak dan sesimpel tanpa ribet untuk membuatnya.

Cara Membuat Bakso Mangkok

Bahan-bahan Untuk Membuat Bakso:

  • 500 gram daging sapi segar yang halus
  • Es batu secukupnya
  • 1 buah putih telur
  • 4 sdm tepung tapioka
  • 1 sdm baking powder

Bumbu Untuk Bakso:

  • 6 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • Penyedap rasa secukupnya

Langkah Membuat Bakso Mangkok:

  1. Pertama haluskan daging sapi dengan es batu secukupnya.
  2. Selanjutnya haluskan bawang putih dan bawang merah, tumis hingga tercium aroma harum.
  3. Tambahkan tepung tapioka dengan baking powder, tambahkan bumbu yang telah ditumis dilanjutkan dengan memasukkan daging sapi yang telah dihaluskan. Aduk bahan hingga semua tercampur rata.
  4. Masukkan putih telur, aduk hingga semua tercampur rata. semakin di aduk hasilnya akan lebih kenyal.
  5. Masak air hingga mendidih, dan saatnya mencetak bakso. Ambil mangkok dan olesi dengan sedikit minyak goreng agar adonan bakso tidak lengket  di mangkok.
  6. Masukkan adonan ke dalam mangkok dan bentuk hingga semua permukaan mangkok tertutupi.
  7. Ambil adonan mangkok yang telah dibentuk, kemudian masukkan ke dalam air yang telah mendidih. Tunggu hingga adonan bakso mengapung.
  8. Jika adonan telah mengapung kepermukaan tandanya bakso sudah matang, lalu angkat dan tiriskan.
  9. Lakukan hingga semua adonan habis dengan cara yang sama.

Bahan Kuah Bakso:

  • 500 gram tetelan daging sapi
  • Tulang sapi secukupnya
  • 2 liter air
  • 6 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Langkah Membuat Bakso Mangkok:

  1. Pertama haluskan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga tercium aroma harum.
  2. Masak 2 liter air hingga mendidih bersama dengan tetelan daging sapi dan tulang sapi, tunggu hingga kaldu keluar
  3. Masukkan bumbu yang telah ditumis, tambahkan merica, gula pasir, garam, dan penyedap rasa.
  4. Masukkan daun bawang yang telah diiris halus
  5. Biarkan api tetap menyala agar kuah bakso tetap panas

Untuk penyajian bakso mangkok bisa ditambahkan mie, pangsit, bakso sapi, irisan tahu, dan sayuran.

Jenis-jenis Bakso

Anda perlu mengetahui beberapa jenis-jenis bakso yang populer di Indonesia. Berikut merupakan rekomendasi bakso yang sedang hits di kalangan masyarakat Indonesia

  • Bakso Sapi

Cara Membuat Bakso Mangkok

terbuat dari daging sapi giling yang diolah dengan tepung kanji dan bentuk bulatan yang khas. Mayoritas bakso yang dijual adalah bakso sapi..

  • Bakso Ayam

Cara Membuat Bakso Mangkuk

Hampir sama dengan bakso sapi, bakso ayam cukup di gemari. Meskipun olahan bakso ayam tidak begitu populer di kalangan masyarakat.

  • Bakso Keju

Cara membuat Bakso Mangkuk

Sekarang ini banyak penjual bakso berinovasi dengan membuat olahan bakso yang bervariasi. Salah satunya bakso keju yang dibuat didalam bulatan bakso.

  • Bakso Ranjau

Cara Membuat Bakso Mangkuk

Dengan nama bakso ranjau disini tau bahwa didalam bakso ini juga menjebak bagi Anda, karena Anda akan menemukan cabai di dalam bakso sehingga terjebak pedasnya. Bakso ranjau cocok untuk Anda para penikmatpedas.

  • Bakso Ikan

Cara Membuat Bakso Mangkuk

Bakso ikan adalah bakso yang paling populer setelah bakso sapi. Bakso yang berwarna putih dan kenyal. Biasanya bakso ikan terbuat dari ikan tenggiri.

  • Bakso Tahu

Cara Membuat Bakso Mangkuk

Bakso tahu memiliki 2 varian yaitu bakso yang dimasukan ke dalam tahu rebus/goreng, atau disajikan bakso kuah dengan olahan dari daging sapi yang bisa disebut bakso sapi. Biasanya ditemukan dalam bakso campur/komplit.

5 Manfaat Makan Bakso

  1. Memberikan Energi Untuk Beraktifitas, Bakso terbuat dari gilingan bakso sapi atau ikan dan tepung yang mempunyai sumber protein, karbohidrat, dan lemak. Kalori yang terkandung dalam bakso tidak hanya membuat kenyang, bahkan dapat tercukupi untuk memenuhi aktifitas harian.
  2. Mencukupi Kebutuhan Protein, Daging sapi pada bakso menjadi bahan dasar sumber protein bagi tubuh. Jika bakso di olah dengan cara benar dengan menggunakan bahan-bahan sehat maka dapat memenuhi kebutuhan protein harian.
  3. Mencegah Anemia, Bakso yang terbuat dari daging merah yang kaya akan kandungan mineral termasuk zat besi. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan masalah anemia atau kekurangan sel darah merah. Jadi bakso dapat membatu untuk meningkatkan sel darah merah. Terutama jika Anda merasa lemas atau dalam masa menstruasi.
  4. Mendukung Proses Metabolisme,Daging dalam bakso mengandung vitamin B komplek yang dapat mendukung proses metabolisme. Metabolisme tubuh dapat membuah tubuh lebih berstamina dan bertenaga.
  5. Menjaga Kesehatan Otak, Untuk mengkonsumsi bakso ternyata bisa membantu menjaga kesehatan otak. Bakso dengan bahan dasar ikan yang mengandung nutrisi penting  seperti asam lemak omega 3, omega 6, dan protein. Asam lemak omega 3 dan omega 6 mampu menjaga sel saraf otak.

Efek Samping Makan Bakso

  1. Menyebabkan Kegemukan, Kadar lemak pada daging yang banyak  tidak cocok untuk program diet.
  2. Menyebabkan Alergi, Masih banyak diluar sana pedagang masih menggunakan bahan kimia agar bakso lebih awet.  Dan dapat menimbulkan alergi dan iritasi.
  3. Menggangu Fungsi Sistem Saraf, Bahan kimia seperti boraks atau formalin dapat merusak fungsi sistem saraf otak. Vetsin yang digunakan untuk campuran bakso juga dapat menyebabkan seseorang kehilangan kemampuan belajar karena lemahnya sel saraf otak.
  4. Menyebabkan Masalah Saat Kehamilan, Bakso yang terkandung boraks atau formalin dapat mengakibatkan ibu hamil merusak janin dalam kandungan.

3 Bahaya Bakso Bagi Ibu Hamil Dan Janin Dalam Kandungan

Untuk para ibu hamil sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi bakso sembarangan. Bakso yang dijual masih ada yang mengandung boraks atau formalin dan dapat mengakibatkan bahaya janin dalam kandungan. Sebaiknya, hindari sering-sering mengkonsumsi bakso. Berikut bahaya bakso bagi ibu hamil.

  1. Merusak Saraf Janin, Kandungan terbesar pada bakso adalah MSG. mengkonsumsi MSG pada masa kehamilan menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem saraf otak.
  2. Resiko Bayi Lahir Cacat, Oknum yang membuat bakso terkadang masih saja nakal dengan menggunakan bangakai yang telah mati. Tentu mengandung parasit yang dapat membahayakan pertumbuhan fisik janin.
  3. Autisme, Ibu hamil yang mengkonsumi bakso yang mengandung boraks dengan jangka waktu panjang dapat mengakibatkan autisme bahkan bayi berat lahir rendah(BBLR).

Anda Wajib Baca :  Cara Membuat Tumis Bakso Dengan 4 Resep Tambahan