(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender – Mungkin tidak asing lagi dengan makanan bakso kan? nah pasti sudah tau bagaimana rasanya bakso, bakso merupakan salah satu makanan favorit bagi kalangan muda sampai tua. Begitu banyak varian bakso dari bakso urat,telur,isi bakso,rusuk,dll. Anda dapat melakukan Cara Membuat Bakso Daging Sapi dirumah.

Tak sedikit yang tahu kuliner bakso di Indonesia yang memiliki rasa enak, sedikit kenyal dan empuk. Bakso terbuat dari bahan daging giling berupa daging sapi. Tapi, sekarang lebih simple dan cepat untuk membuat bakso tanpa harus keluar rumah yaitu dengan Cara Membuat Bakso Daging Sapi Dengan Blender.

Anda yang menyukai daging sapi juga sebaiknya meilih daging yang benar-benar bersih dan segar. Daging sapi terkadang memiliki penyakit yang dapat menyerang pada tubuh anda. Untuk memilih daging sebaiknya berhati-hati karena sebagian penjual berani menjual daging glonggongan.

Cara Membuat Bakso Daging Sapi Dengan Blender sangat gampang untuk di cari dagingnya .Anda jangan tertarik untuk membeli daging yang murah karena bisa terjadi daging sapi tersebut sudah tidak layak di konsumsi. Untuk memilih daging sapi sebaiknya ketempat yang benar-benar bersih dari berbagai jenis kotoran yang membuat daging tidak terlihat layak.

Cara Membuat Bakso Sapi Secara Simple

Sekarang anda mendapatkan Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender secara simple dirumah agar terjaga higeinis pada bakso dan tidak menggunakan bahan pengawet atau kelebihan cita rasa untuk kesehatan pada tubuh anda. Nah ini alasan agar anda buat dirumah tanpa ada rasa khawatir.

Sekarang bakso tidak hanya varian bakso kuah tapi ada banyak varian seperti bakso pentol tanpa kuah, bakso yang dibumbui sambal balado dan masih banyak varian lainnya. Bakso biasanya disajikan dengan berbagai macam makanan seperti bakso komplit, bakso urat, bakso telur, bakso beranak, dll.

Makanan bakso memiliki daya tarik tersendiri karena tidak dimiliki di negara lain. Masyarakat sudah tau bagaimana rasa bakso yang enak, harus kenyal dan empuk dengan rasa daging sapi beserta kuah kaldu. Biasanya ada warung bakso langganan yang enak dan bahkan sangat laris.

Agar cita rasa bisa anda buat dengan enak tanpa membeli diluar, bisa dicoba untuk Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender ada beberapa tahapan yang sangat simple, terkadang masih banyak penjual bakso memakai terlalu banyak tepung kanji agar memiliki keuntungan yang cukup banyak.

Pada kebanyakan bakso dijual di tanah Jawa seperti Solo, Malang yang terkenal dengan kulinernya. Sekarang ada resep Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Bender secara simple. Yang pasti anda siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender dengan resep dibawah ini.

Resep Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Bender Secara Simple

Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender

Bahan Bakso Sapi :

  • 1/2 kg daging sapi
  • 50 gram tepung kanji/tapioka
  • Lada bubuk
  • 1 sdt garam
  • Es batu
  • 2500ml air
  • Bawang Putih goreng
  • Bawang Merah goreng
  • Telur

Bahan Kuah Bakso Sapi :

  • 300 gram tulang sapi
  • 4000 ml air
  • 5 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 4 batang daun bawang

Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender Secara Simple:

  1. Pertama-tama potong daging sapi, kemudian cincang daging sapi hingga halus dengan blender khusus daging. Masukkan es batu kedalam blender agar daging sapi terjaga dari panas putaran blender dan daging tetap dingin dalam blender. Sisihkan blender.
  2. Masukkan bawang putih, bawang merah, telur. Haluskan pada blender khusus bumbu halus.
  3. Campurkan semua bumbu yang sudah halus pada blender yang berisi daging sapi, tambahkan es batu yang tersisa kedalam blender, kemudian haluskan.
  4. Kemudian campuran adonan tersebut keluarkan dan masukan pada wadah.
  5. Masukkan bahan-bahan yang sisa dan masukan pada wadah adonan daging sapi. Kemudain aduk hingga tercampur rata
  6. Masak air hingga mendidih. Matikan kompor.
  7. Ambil adonan yang sudah ada, kemudian bentuk bakso sapi dengan tangan dan sendok. Masukkan bakso sapi yang sudah dibentuk pada air yang sudah mendidih, lalukakan sampai adonan habis.
  8. Nyalakan kembali kompor, masak air yang berisi bakso hingga semua bakso mengapung. Angkat dan Tiriskan bakso sapi.

Cara Membuat Kuah Bakso Sapi :

  1. Masukkan air pada wadah , kemudian masukkan bumbu-bumbu pada wadah yang sudah berisi air. Tunggu hingga mendidih.
  2. Agar kuah kaldu bakso tetap panas, biarkan wadah yang berisi kuah tetap diatas kompor dengan api kecil.

Begitulah Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender. Daging sapi memiliki kandungan gizi yang lumayan bagus. Tapi tidak baik juga untuk banyak mengkonsumsi daging sapi. Berikut daging sapi yang memiliki kandungan gizi yang baik untuk dikonsumsi bagi usia anak – anak , remaja, dewasa, hingga usia tua.

Kandungan Gizi Pada Daging Sapi :

  1. Protein : Membantu pembentukan jaringan tubuh
  2. Selenium : Sebagai antioksidan untuk menjaga sitem imun pada tubuh
  3. Zat Besi : Untuk membantu sistem kekebalan tubuh, mencegah anemia.
  4. Vitamin B kompleks : Untuk membantu meningkatkan kinerja otak
  5. Vitamin D : Untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi
  6. Seng : Untuk membantu meningkatkan metabolisme
  7. Omega 3 : Untuk membantu kinerja jantung, hati, dan sistem saraf pusat

 

Bahaya Daging Sapi :

  • kanker

Daging sapi terdapat kandungan bahan organik yang dapat mengganggu  fungsi sel – sel tubuh, sehingga dapat berpotensi terjadinya penyakit kanker.

 

  • Penyakit Jantung

Daging sapi di peroleh dari peternakan komersial yang mengandung lebih sedikit asam lemak omega 3. Namun lebih tinggi kadar asam lemak omega 6 yang dapat meningkatkan penyakit jantung.

 

  • Peradangan

Daging sapi merupakan daging yang sulit untuk dicerna oleh tubuh, hal ini menimbulkan jumlah enzim pencernaan yang memberikan peradangan yang sakit.

 

  • Keracunan

Daging sapi sumber dari adanya kuman – kuman yang mematikan yang dapat menyebabkan keracunan yang serius. Daging sapi yang terkena kuman – kuman karena telah terkontaminasi dengan kotoran – kotoran pada saat sapi disembelih.

 

  • Resistensi Obat – obataan

Peternakan sapi biasanya memberikan obat – obatan seperti antibiotik untuk menambah berat badan sapi dan mencegah terjadinya penyekit menular pada hewan lain.

 

  • Penyakit CJD

CJD merupakan penyakit yang dapat menyerang pada obat dan mengarah ke dimensia. Hal ini menyebabkan terjadinya penyebab kematian di usia dini.

 

  • Terjadinya Pemanasan Global

Banyak terjadinya penggundulan pohon di hutan pada pemilik ternak agar memperluas usahanya dalam bidang ternak. Hal ini menimbulkan kerusakan lingkungan yang parah yang dapat menimbulkan dampak pemanasan global.

 

Cara Memilih Daging Sapi Yang Sehat:

Untuk membeli daging di pasar sebaiknya memilih-milih penjual yang benar-benar terjamin bersih tempatya dan higeinis. Nah sekarang anda dapat mengetahui informasi –  informasi mengenai daging sapi yang layak untuk dikonsumsi dirumah dan Cara Membuat Bakso Daging Sapi Dengan Blender. Yuk intip berikut ini.

  • Warna daging yang terang dan mengkilat
  • Warna daging tidak pucat
  • Daging sapi tidak kotor
  • Daging sapi tidak lengket saat dipegang
  • Tidak memiliki bau busuk pada daging sapi

Begitulah Cara Membuat Bakso Daging Sapi Dengan Blender. Jangan lewatkan untuk Cara Membuat Bakso Daging Sapi Yang Kenyal Enak.