(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Bakso Sapi – Kebanyakan orang penasaran dengan resep cara membuat bakso sapi yang enak dan kenyal. Seperti yang kita ketahui, bakso memang merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia.

Bakso cukup banyak macamnya, ada bakso sapi, bakso ayam, bakso ikan, dan masih banyak macam bakso lagi. Namun, jenis bakso yang paling umum di Indonesia tentu saja adalah bakso daging sapi.

Bakso sapi yang di sajikan dengan kuah gurih serta bahan pelengkap seperti mie, tahu, sawi, dan bawang goreng ini memang sering menemani jam makan orang Indonesia.

Tidak heran jika pedagang bakso keliling masih laris sampai sekarang. Kalau kamu memiliki hobi makan bakso sapi dan kepengen sesekali membuat bakso daging sapi sendiri di rumah, tenang resepnya tidak sesusah yang di bayangkan, kok.

Hal yang paling penting dari membuat bakso daging sapi sendiri di rumah adalah memperhatikan tingkat kekenyalannya. Bakso yang tingkat kekenyalannya pas akan terasa sangat nikmat ketika di gigit. Untuk cara membuat bakso sapi yang enak dan kenyal, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan. Berikut ini beberapa tips di antaranya:

Baca Juga : Kreasi Bakso Unik, Cara Membuat Bakso Ayam

1. Gunakan Daging Sapi Segar dan Berkualitas Tinggi

cara membuat bakso sapi

Bahan utama dari pembuatan bakso daging sapi adalah daging sapi. Daging sapi yang di gunakan untuk membuat bakso akan sangat menentukan hasil akhir dari bakso yang kita buat. Untuk menghasilkan bakso sapi yang enak dan kenyal, gunakan daging sapi yang segar dan berkualitas tinggi.

Jangan gunakan daging sapi yang sudah di bekukan dalam freezer sebelumnya. Daging beku seperti ini teksturnya tidak sama dengan daging segar dan akan mempengaruhi cita rasa dan tekstur bakso sapi yang kita buat nanti. Pilih daging segar dengan warna yang masih merah gelap dan bukan berwarna pucat seperti daging sapi yang sudah di bekukan.

2. Perhatikan Proses Penggilingan Daging Sapi

cara membuat bakso sapi

Daging sapi yang akan di gunakan untuk membuat bakso daging sapi harus di giling terlebih dahulu. Ada baiknya, kamu perhatikan proses penggilingan daging. Pastikan daging sapi digiling dengan sangat halus, bahkan hingga serat daging terlihat terpisah.

Daging sapi yang di giling dengan halus akan menghasilkan bakso dengan tekstur yang lebih lembut dan kenyal. Jangan sampai masih ada daging yang terlihat seperti bongkahan kerikil karena hal itu akan membuat tesktur bakso tidak sehalus yang di harapkan. Kecuali memang kalau kamu pengennya bikin bakso urat, tekstur baksonya justru harus sedikit kasar.

3. Perhatikan Kualitas dan Perbandingan Daging Dengan Tepung Tapioka 

Kualitas dan banyak sedikitnya tepung tapioka yang di campur dengan daging giling akan sangat mempengaruhi kualitas bakso daging sapi yang kita buat. Untuk menghasilkan bakso sapi yang enak dan kenyal, silahkan tambahkan tepung tapioka berkualitas tinggi dengan jumlah 20% dari jumlah daging.

Misalkan Anda membuat bakso dengan 200 gram daging sapi. Maka, jumlah tepung tapioka yang harus Anda masukkan ke dalam adonan adalah 40 gram saja. Jangan lupa juga tambahkan bahan-bahan lainnya seperti garam, gula, merica, bawang putih, dan lain sebagainya sesaat sebelum adonan di giling.

4. Tambahkan Es Batu Saat Proses Penggilingan Daging Sapi

Untuk mendapatkan hasil yang baik, jangan lupa tambahkan sedikit es batu pada saat proses penggilingan daging. Karena fungsi es batu di sini adalah di gunakan untuk membantu menghambat naiknya suhu pada daging ketika daging di giling.

Jika suhu dalam daging naik, gel alami akan terbentuk pada daging, padahal daging belum masuk ke tahap rebusan. Alhasil, tekstur bakso nantinya malah akan terlalu alot dan tidak kenyal.

5. Silahkan Gunakan Bahan Pengenyal Alami

Jika tidak di beri bahan pengenyal, memang lumayan susah untuk mendapatkan tekstur bakso yang kenyal dan lezat. Karena itu, di ke banyakan resep membuat bakso sapi, terdapat tambahan bahan pengenyal.

Ada banyak bahan pengenyal yang tersedia di pasaran. Untuk hasil bakso yang tidak hanya kenyal tapi juga nikmat, gunakan bahan pengenyal yang alami seperti karagenan (ekstrak rumput laut) atau bubuk jeli agar-agar tanpa rasa (plain)

Nah, kalian kan sudah menyimak semua tips resep membuat bakso sapi yang kenyal dan lezat di atas, sekarang saatnya kalian simak cara membuat bakso sapi yang enak dan kenyal selengkapnya:

Cara Membuat Bakso Sapi Enak dan Kenyal

cara membuat bakso sapi

Bahan-Bahan Untuk Cara Membuat Bakso Sapi

  • ½ kg daging sapi segar
  • 100 gram tepung tapioka (bisa diganti tepung kanji)
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh lada putih bubuk
  • Bawang putih 1 sendok makan yang sudah dihaluskan
  • 2 sendok makan bawang merah yang sudah dihaluskan
  • 40 gram es batu
  • ½ bungkus jeli atau agar-agar tanpa rasa
  • 2000 ml air

Cara Membuat Bakso Daging Sapi

  1. Pertama-tama masukkan tepung tapioka, daging sapi, es batu, bawang merah, bawang putih, lada, dan garam ke dalam food processor. Jika tidak ada food processor, bisa mengunakan blender. Kemudian giling semua bahan tersebut sampai menjadi adonan yang halus dan tercampur rata.
  2. Lalu rebus 2000 ml air dalam panci besar. Dan tunggu sampai air panas dan mendidih.
  3. Silahkan ambil sedikit adonan, letakkan di telapak tangan dan genggam adonan sampai adonan bisa keluar di antara ibu jari dan jari telunjuk. Bisa mengunakan sendok untuk mengambil adonan yang sudah muncul dan selanjutnya masukan ke dalam air panas. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Tunggu hingga bakso mengapung. Tiriskan.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Kuah Bakso Daging Sapi

  • 3000 ml air
  • 200 gram tulang daging sapi
  • 7 siung bawang putih dan 5 buah bawang merah, yang sudah di iris, goreng, dan di haluskan
  • 2 sendok teh bubuk kaldu sapi
  • ½ sendok teh merica
  • Garam 1 sendok teh
  • 4 batang daun bawang

Cara Membuat Kuah Bakso Daging Sapi

Untuk kuah cara membuat bakso sapi, pertama didihkan air, keudiaan masukkan seluruh bahan untuk kuah. Masak sampai air mendidih. Kuah siap di gunakan untuk menyajikan bakso sapi berserta pelengkap lainnya.

Supaya kuah bakso tetap hangat, kamu bisa merebusnya terus menerus dengan api paling kecil sehingga kuah tetap panas dan rasa kuah bakso akan semakin nikmat.

selain membagikan tentang resep cara mambuat bakso sapi saya juga akan membagikan manfaatan kandungan daging sapi sama kandungan yang terkandung dalam daging sapi

Kandungan Yang Terkandung Dalam Daging Sapi

  1. Zat besi. Kandungan zat besi yang terdapat pada daging sapi adalah salah satu kandungan yang sangat di butuhkan tubuh manusia. Dengan asupan zat besi yang cukup dapat mengurangi resiko penyakit anemia yang menyebabkan tubuh lesu. Selain itu, manfaat zat besi untuk tubuh kita yaitu untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh kita, sehingga tubuh kita menjadi lebih bugar dengan daya tahan tubuh lebih meningkat.
  2. Zinc atau Seng. Daging sapi juga mengandung zat seng yang memiliki fungsi untuk meningkatkan metabolisme dan membantu dalam kekebalan tubuh. Jika kekurangan zat seng ini akan mempengaruhi pada reproduksi laki-laki serta pada pembentukan sperma.
  3. Protein. Selain zinc atau seng yang terkandung pada daging sapi, terdapat juga protein yang sangat baik yang bermanfaat untuk membantu dalam perkembangan otak si kecil. Selain itu, protein pada daging sapi ini berfungsi untuk membantu dalam pembentukan jaringan otot-otot.
  4. Selenium. Kandungan gizi lainnya pada daging sapi yaitu selenium. Kandungan selenium yang terkandung pada daging sapi juga bermanfaat untuk membantu dalam pembentukan zat Antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imunitas anak.
  5. Vitamin B kompleks. Daya ingat dan konsentrasi dapat menjadi masalah tersendiri bagi kita. Kandungan Vitamin B yang terdapat pada daging sapi mampu meningkatkan daya ingat serta menjaga konsentrasi.
  6. Omega 3. Omega 3 sangat bermanfaat untuk membantu sistem saraf pusat, fungsi hati dan jantung. Dari 150 gram daging sapi terdapa 30 gram asam lemak omega 3.

Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan

cara membuat bakso sapi

1. Bermanfaat untuk Menambah Masa Otot, Lebih Kuat dan Kencang

Protein yang terkandung pada daging sapi cukup tinggi, sehingga dapat membantu dalam menambah massa otot menjadi lebih kuat dan lebih kencang.

2. Berguna Sebagai Sumber Energi 

Dalam 100 gram daging sapi terdapat 250 kkal, terbilang cukup banyak sehingga dapat mencukupi kebutuhan harian tubuh anda dengan energi ke dalam tubuh anda.

3. Bermanfaat untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

Manfaat mengkonsumsi daging sapi ini dapat menjadikan hidup lebih produktif, dan terhindar dari stress.

4. Berguna untuk Mencegah Diabetes 

Penyakit diabetes biasanya seringi di sebabkan karena kurangnya kadar insulin yang berperan dalam merombak gula darah.

5. Bermanfaat untuk Mencegah Obesitas 

Kandungan protein yang terkandung pada daging sapi menjadikan lebih banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, kandungan lemak yang berimbang pada daging sapi ini cukup aman, sehingga dengan mengkonsumsinya terhindar dari kegemukan atau obesitas.

6. Bermanfaat untuk Meningkatkann Kecerdasan Otak 

Manfaat mengkonsumsi daging sapi ini tidak hanya untuk kesehatan orang dewasa saja, namun juga sangat baik untuk kesehatan anak dalam perkembangannya khususnya untuk meningkatkan massa tubuh anak. Mengingat kandunga omega 3 6 serta zat protein sangat perpengaruh pada pertumbuhan anak.

7. Berguna untuk mempercepat penyembuhan luka 

Protein yang terkandung pada daging sapi merupakan suatu zat yang sangat baik untuk mempercepat dalam proses penyembuhan luka, baik itu luka pada bagian organ luar maupun dalam.

8. Bermanfaat untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Kandungan nutrisi yang terkandung pada daging sapi bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Berguna untuk Mencegah Anemia 

Manfaat mengkonsumsi daging sapi untuk kesehatan yang lainnya yaitu dapat mengatasi dan mencegah resiko penyakit anemia.

10. Bermanfaat untuk Memperbanyak Sel-Sel Darah Merah 

Manfaat ini merupakan fungsi dari protein serta zat besi yang terkandung dalam daging sapi untuk membentuk hemoglobin.

11. Berguna untuk Menjaga Kesehatan Kulit 

Manfaat ini merupakan fungsi dari beberapa kandungan mineral, vitamin, serta protein yang tentunya sangat di butuhkan kulit untuk meregenerasi sel kulit, sehingga kulit akan terjaga kesehatannya.

12. Bermanfaat untuk Mencegah Resiko Kenyakit kanker

Manfaat mengkonsumsi daging sapi yang lainnya yaitu dapat mencegah resiko penyakit kanker. Dalam hal ini, stroke di sebabkan karena sel-sel saraf tidak mendapatkan oksigen yang cukup dari pembuluh darah.

13. Bermanfaat untuk Mencegah Serangan Jantung

Kandungan omega 3 dan 6 dari daging sapi dapat mencegah resiko serangan jantung.

14. Berguna untuk Meningkatkan Produksi Sperma 

Manfaat mengkonsumsi daging sapi yang lainnya yaitu dapat meningkatkan produksi sperma kualitas.

15. Bermanfaat Sebagai Perlindungan Yang Baik Bagi Tubuh 

Daging sapi memiliki rasa yang begitu lezat, oleh karenanya tidak sedikit banyak orang yang menyukainya sebagai makanan paporit. Selain memiliki rasa yang lezat, dengan mengkonsumsi daging sapi juga dapat memberikan manfaat lebih untuk kesehatan tubuh anda dan salah satunya yaitu sebagai pelindung tubuh yang baik.

16. Bermanfaat untuk Meningkatkan Kualitas Hidup 

Manfaat serta khasiat mengkonsumsi daging sapi yang lainnya yaitu dapat menjadikan hidup lebih produktif sehingga tidak mudah stres.

17. Berguna untuk Membuat Berat Badan Menjadi Lebih Ideal 

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya daging sapi mengandung banyak energi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Selain itu, dengan mengkonsumsi daging sapi dapat menjadikan tubuh lebih ideal terhindar dari obesitas atau kegemukan tubuh.

Tips Memilih Daging Sapi yang Bagus dan Berkualitas

  • Memperhatikan Warna Daging

Daging yang segar berkualitas tentunya berbeda dengan daging yang sudah tidak layak konsumsi atau sudah busuk, dan untuk mempermudah cara untuk memilihnya yaitu dengan memperhatikan warnanya.

  • Memperhatikan Tekstur Daging

Daging sapi yang bagus berkualitas memiliki tekstur yang baik lebih kenyal. Anda bisa menekan daging sapi yang akan kita beli ini untuk mengetahui kekenyalannya. Namun sebaliknya jika tekstur daging tersebut  lembek maka daging tersebut sudah pasti tidak baik.

  • Memperhatikan Aroma atau Bau Daging

Tips selanjutnya untuk mendapatkan atau membeli daging sapi yang bagus berkualittas yaitu dengan memperhatikan bau atau aroma daging yang akan kita beli. Jika aromanya terasa asam atau bau tidak biasanya, bisa jadi daging tersebut sudah tidak layak untuk di konsumsi.

  • Tidak Berair

Tips untuk memilih daging sapi yang bagus dan berkualitas selanjutnya yaitu dengan cara memperhatikan dagingnya, seperti kondisi daging tersebut yang segar. Jika terdappat lendir atau berair pada daging tersebut, maka daging tersebut sudah tidak layak di konsumsi..

Efek Samping Mengonsumsi Daging Sapi Jika Berlebihan

Tidak baik jika mengonsumsi daging sapi terlalu sering karena dapat meningkatkan kadar protein lemak dalam tubuh yang dapat berisiko obesitas dan meningkatnya kadar kolesterol jahat. Bukan hanya itu resiko terkena serangan penyakit jantungpun meningkat dan efek mengonsumsi daging merah berlebih juga dapat meningkatkan risiko terkena bebagai macam penyakit kanker.

Tips Mengonsumsi dan Mengolah Daging Sapi

Sebelum memasak daging sapi sebaiknya pilihlah daging yang sedikit bagian lemaknya seperti paha depan, paha luar, pinggang, atau has luar. Pastikan membuang lemaknya terlebih dahulu sebelum di masak. Hindari juga berbagai jenis daging sapi olahan seperti hot dog, sosis, atau daging asap.

Jika mau memasaknya jangan digoreng, lebih baik dengan cara merebus atau memanggangnya. Tapi, jika tetap ingin menggoreng daging sapi gunakan minyak sehat seperti minyak kedelai, minyak zaitun, atau minyak bunga matahari.

Jika Anda suka makan daging sapi pastikan juga di iringi dengan makan berbagai jenis sayuran berserat agar kolesterol dapat terserap. Pastikan suhu panas untuk memasak paling sedikit 71°C agar bakteri mati.

Cara penyimpanan daging sapi harus juga diperhatikan, Hal ini bertujuan untuk memperpanjang umur simpan makanan dan mempertahankan kandungan nutrisi daging sapi. Simpan daging yang baru dibeli didalam kulkas dengan suhu 1°Celcius, untuk daging mentah sebaiknya tidak lebih 2 hari, jika daging masak tidak lebih dari 4 hari. Jika dalam freezer suhunya -18°Celcius, untuk daging mentah tidak lebih dari 4 bulan, jika daging masak bisa bertahan hingga 6 bulan.

Jika ingin menyimpan daging sapi dalam freezer selama lebih dari dua minggu, bungkuslah terlebih dahulu mengunakan kertas alumunium foil atau kertas pembeku. Apabila ingin memasaknya cairkan terlebih dahulu daging sapi beku dengan cara menaruhnya dalam lemari es dimaksudkan agar dapat mencegah pertumbuhan bakteri.

Nah itu tadi artikel tentang cara embuat bakso sai dan pejelasan yang bisa saya bagikan semoga dapat membantu terima kasih..