(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Bakso Tahu Termudah – berbicara tentang bakso dan tahu merupakan kuliner yang tidak asing di Indonesia, keduanya merupakan kuliner favorit di negara kita. Bakso kuliner yang mudah dan cepat kita temukan, baik itu pedagang yang menggunakan sarana gerobak keliling atau bakso yang dijual di warung makan. Begitu juga dengan tahu merupakan kuliner favorit di indonesia yang dapat kita jumpai dengan mudah dengan berbagai jenis varian sajiannya.

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Nama “tahu” merupakan serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) yang secara harfiah berarti “kedelai terfermentasi”. Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan dinasti Han.

Cara membuat bakso dan tahu di Indonesia bermacam – macam, para pedagang, chef profesional dan ibu rumah tangga berlomba – lomba untuk membuat kedua kuliner tersebut menjadi berbagai varian yang menarik dan lezat. Kreasi – kreasi mereka telah melahirkan kuliner – kuliner yang tidak asing bagi kita seperti bakso ikan, bakso ayam, bakso bakar, tahu bulat , tahu campur, tahu krispi dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menambah pengetahuan anda tentang varian kuliner baru yang berkaitan dengan bakso dan tahu. Kita akan membuat eksperimen baru terkait bahan makanan tahu dan bakso, kita akan mengkawinkan keduanya, yap mengkawinkanya untuk melahirkan sebuah varian makanan yang lezat dan nikmat. pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat bakso tahu termudah.

Cara Membuat Bakso Tahu Termudah

cara membuat bakso tahu

Yap… kita akan mulai membahas tentang cara membuat bakso tahu termudah. Pada pembahasan kali ini kita akan bereksperimen dengan panganan yang nantinya akan diberi nama bakso tahu. Cara membuat bakso tahu adalah panganan kombinasi antara tahu dan bakso yang kemudian diolah dengan cara digoreng.

Bagian dalam tahu nantinya akan kita isi dengan bakso sebagai pengganti isi tahu. Cara membuat bakso tahu ini menggunakan bahan dasar daging dengan campuran terigu, tepung kanji dan penyedap seperti membuat bakso pada umumnya. Pembedanya adalah baksonya tidak dibentuk dalam sajian bulat.

Bakso Tahu memang mantap saat disantap. Cara menyantap bakso tahu bisa untuk camilan maupun disajikan dengan kuah yang gurih seperti umumnya bakso, yang jelas bakso tahu sangat pas untuk disantap saat sedang santai dan bisa disajikan dalam acara – acara formal.

Cara membuat bakso tahu sangatlah mudah dan cepat. Saat pembuatan bakso tahu cukup siapkan bahan yang diperlukan untuk pembuatan bakso tahu dan siapkan peralatan seperti panci, wadah untuk adonan dan lain sebagainya. okeee, jika anda mulai penasaran langsung saja dibawah ini akan dibagikan resep cara membuat bakso tahu termudah.

 

Bahan dan Bumbu

  • Tahu putih goreng 20 buah, keluarkan isiannya
  • Daging sapi/ayam/ikan giling 500 gr
  • Bawang putih 5 butir
  • Lada putih½sdt
  • Garam dapur ½ sdt
  • Tepung kanji5 sdm
  • Tepung terigu 2 sdm
  • Bawang daun 1 batang, cincang
  • Air putih secukupnya, untuk rebusan

Cara Membuat Bakso Tahu Termudah

  1. Giling daging yang sudah dipilih sampai halus kemudian campurkan dengan garam, lada putih, bawang putih halus, cincangan bawang daun, tepung terigu dan tepung kanji, aduk dan uleni sampai merata dan kalis.
  2. Belah tahu putih goreng lalu ambil bagian dalamnya dan ganti dengan adonan bakso yang sudah dibuat di atas. Sisipkan sampai penuh dan padat.
  3. Rebus air yang sudah disiapkan sampai mendidih lalu masukkan tahu bakso ke dalamnya. Tunggu sampai matang lalu angkat dan tiriskan.

yap.. begitulah cara membuat bakso tahu. mudah bukan. anda juga bisa menkreasikan dengan cara mencampurkan dengan resep – resep lainnya berkaitan dengan bakso tahu.

Untuk menambah wawasan kita agar mendapatkan kualitas bakso tahu yang nikmat dan juga agar kita mendapatkan bahan yang berkualitas baik dan sehat, akan dibagikan juga seputar tips dan trik memilih daging segar. lets.. cekidoot.

Cara memilih daging segar

Bagi kita yang awam, memilih daging segar saat membeli bukanlah hal yang simpel. Membedakan antara ciri – ciri daging yang bermutu baik dengan abal – abal perlu ketelitian yang khusus dan ilmu yang cukup, oleh karena itu dalam artikel kali ini diselipkan juga cara memilih daging segar dengan cara berikut :

1. Warna. Salah satu ciri fisik yang mudah terlihat adalah warna daging itu sendiri. Pilih daging yang masih berwarna merah cerah. jangan sekali – sekali memilih warna yang tidak cerah, itu merupakan tanda daging sudah tidak segar.

2. Tekstur. Tekstur daging yang masih segar terasa masih kenyal. Tekanlah sedikit bagian daging untuk mengetahui teksturnya. Jika tekstur daging kembali seperti semula setelah ditekan, atau kenyal, berarti daging masih segar.

3. Bau. Daging yang masih segar memiliki aroma yang segar, atau yang biasa disebut bau daging.

4. Tidak ada cairan. Ketika membeli daging, Anda pasti melihat cairan berwarna merah mirip darah mengalir keluar dari daging. Cairan ini bukanlah darah, melainkan jus atau sari dari daging tersebut. Di supermarket Anda pasti sering menemui hal ini, namun sebisa mungkin jangan pilih daging dalam kemasan styrofoam berbungkus plastik wrap yang menampakkan cairan tersebut.

5. Jangan beli daging beku. Jika bisa membeli daging segar dan akan langsung mengolahnya, mengapa harus membeli daging sapi beku? Membekukan daging bertujuan untuk mempertahankan keawetan daging. Mungkin saja daging ini awet, namun sebenarnya sudah tidak segar lagi. Ketika terpaksa membeli daging beku, pilih daging yang tidak ada bunga esnya, karena kemungkinan bunga es ini juga ada di dalam daging.

Oke… sekian ilmu kali ini semoga bermanfaat bagi anda sekalian. Semoga dengan adanya artikel ini tidak membuat anda kembali kebingungan saat menyajikan bahan kuliner untuk keluarga atau pada acara formal yang akan anda adakan.

Good luck… Semoga hari – hari yang anda jalani semakin menyenangkan selalu….