(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Bakso Urat – Bakso urat adalah salah satu macam bakso sapi yang memiliki tekstur lebih kasar sekaligus lebih gurih. Dibanding bakso sapi yang halus dan mulus, banyak orang lebih memilih bakso urat karena rasanya yang lebih enak.

Ingin tahu cara membuat bakso sapi urat? Ikuti sampai selesai artikel ini ya, karena saya akan share tips dan cara mudah membuat bakso urat.

Bakso adalah makanan yang banyak disukai oleh kebanyakan orang, tidak hanya anak-anak, remaja atau orang tua. Rasanya yang gurih, kenyal dan sensasi panas kuahnya menjadikan makanan asli Indonesia ini begitu disukai banyak orang.

Tidak sulit menemukan makanan ini, karena hampir di setiap jalan utama maupun di perkampungan banyak para pedangan bakso. Mulai dari tenda, warung hingga gerobak dorong. Bahkan, bakso juga menjadi menu di restoran atau rumah makan.

Menu dari bakso dapat dijadikan  variasi masakan daging selain semur, soto atau sate. Anda dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah sama seperti ketika anda memasak soto atau semur. Karena untuk menu sate dan bakso, banyak orang lebih suka membeli daripada membuat sendiri.cara membuat bakso urat

Bagian Sapi yang Baik Untuk Bahan Bakso

Cara Membuat Bakso Urat – Nama bakso urat adalah nama yang diambil dari salah satu bagian sapi yang dijadikan bahan untuk membuat bakso ini. Yaa, jika biasanya bakso menggunakan daging sapi, bakso urat perlu menambahkan urat agar teksturnya lebih kasar.

Nah, tidak ada salahnya kan untuk lebih dahulu membahas tentang bagain-bagaian tubuh sapi yang biasa dijadikan bahan dasar membuat bakso.

Tentu agar anda tidak salah ketika membeli di pasar dan untuk menambah wawasan juga. Berikut adalah 3 bagian sapi yang dapat dijadikan untuk bahan membuat bakso yang perlu anda tahu:

1. Topside

Topside adalah bagian kaki belakang sapi. Bagian ini bentuknya ramping dan lumayan lembut sehingga mudah matang ketika diolah. Oleh karenanya, topside sangat cocok untuk bahan baku bakso sapi dan masakan lain karena proses masaknya yang lebih cepat.

2. Bagian Kaki Atas (Shank)

Kaki sapi biasanya terdiri dari daging yang membalut tulang kering. Tulang kering sering direbus untuk menghasilkan kaldu sapi untuk bahan kuah bakso. Di dalamnya, terdapat sumsum yang sangat lezat, sering disebut dengan sengkel.

Dibanding dengan merebus bagian lain dari sapi, kaldu hasil rebusan bagian kaki ini dijamin lebih gurih. Daging yang menempel pada tulang kering juga menghasilkan lemak yang membuat tekstur bakso lebih lembut.

Itulan 3 bagian sapi yang cocok dijadikan bahan baku membuat bakso. Nah, tidak sabar bukan untuk segera ke pasar dan membeli daging sapi. Sabar dulu, karena anda masih perlu menyimak cara membuat bakso sapi urat berikut ini.

3. Tetelan

Daging ini biasanya terdiri dari daging-daging yang melekat pada tulang sapi. Karena memiliki serat otot yang kenyal dan bagian inilah yang cocok untuk dijadikan bahan baku bakso urat.

Tidak hanya bakso urat, berbagai masakan lain yang ingin tekstur kenyal sangat cocok menggunakan tetelan pada sapi.

Cara Membuat Bakso Sapi Urat

Seperti yang sudah saya bicarakan diatas bahkan bakso urat adalah bakso yang bahan dasarnya selain daging sapi adalah urat yang teksturnya kenyal dan kasar.

Yang terpenting dari utat bakso sapi urat yang enak adalah bahan utamanya yang segar dan berurat. Selengkapnya tentang bahan dan cara membuatnya simak dibawah ini.

Bahan Yang Dibutuhkan UNtuk Membuat Bakso Urat:

  • Potong kecil-kecil 100 gram urat sapi.
  • 1 kg daging sapi segar dan yang berurat
  • 150 gram sagu aren.
  • Tepung tapioka 50 gram
  • Air es 100 ml.
  • 4 sendok makan bawang goreng.
  • ½ sendok teh merica bubuk.
  • ½ sd teh polypowder
  •  Garam 4 sendok teh

Bahan-bahan Pelengkap Untuk Penyajian:

  • Kuah bakso
  • Bihun
  • Sawi
  • Mie dan Telur
  • Bawang goreng
  • Seledri
  • Tahu
  • Saos, sambal dan kecap

Cara Membuat Bakso Urat Sapi

  • Sebelum digiling pukul-pukul daging sapi agar lebih legit.
  • Siapkan blender/food processor, giling daging sapi sambil ditambahkan air es sedikit demi sedikit.
  • Setelah halus, tambahkan bumbu-bumbu seperti garam, merica, bawang goreng, sagu aren dan tepung. Tambahkan air es jika dirasa terlalu kering.
  • Setelah semua adona tercampur rata, tuang ke wadah dan siapkan panci berisi air panas yang sudah mendidih.
  • Buat bulatan bakso dengan alat atau secara manual dengan tangan. Caranya: ambil adonan dengan tangan kiri sambil diremas agar adonan keluar melalui sela-sela ibu jari dan jari telunjuk. Ambil adonan tersebut dengan sendok makan lalu celupkan ke air panas, maka dengan sendirinya bakso akan terlepas.
  • Ulangi sampai semua adonan habis dan menjadi bulatan-bulatan bakso urat.
  • Rebus bakso urat dengan api sedang sampai mengapung.
  • Siapkan wadah, angkat dan tiriskan.
  • Bakso urat siap disajikan dengan kuah dan bahan pelengkap lainnya.

Demikian resep cara membuat bakso urat sapi, semoga dapat membantu dan berhasil saat mencobanya. Nah, bagi anda yang ingin membuat bakso urat ini dengan skala besar, bisa menggunakan bantuan mesin pembuat bakso.

Selanjutnya, saya juga akan bagikan untuk anda beberapa hal agar ketika anda cara membuat bakso urat dapat sukses dan enak. Berikut lebih lengkapnya:

Cara Membuat Bakso Urat Agar Berhasil

Untuk mendapatkan hasil akhir sesuai yang anda inginkan yaitu bakso urat yang gurih, kenyal, enak dan terasa komposisi dagingnya yang perlu diperhatikan. Berikut adalah 4 cara membuat bakso urat agar sukses:

1. Gunakan Bahan Baku Berupa Daging Segar

Bahan utama bakso urat yang enak adalah terletak pada bahan baku yang digunakan yaitu daging sapi segar. Meski menggunakan bahan pelengkap, sangat penting memilih daging sapi segar yang beraroma khas dan warnanya cerah untuk bahan baku bakso urat anda. Sebab, daging yang tidak segar akan membuat rasa, tekstur dan kelezatan bakso anda berkurang.

2. Tetelan Sebagai Bahan Terbaik Membuat Bakso Urat

Rasa special dari bakso urat terletak pada teksturnya yang kasar dan rasanya yang lebih gurih. Maka, bahan daging yang baik untuk bakso urat adalah sengkel atau bagian depan atas kaki sapi yang teksturnya berurat.

3. Potong Kecil Daging untuk Membuat Bakso Urat

Sebelum digiling potong-potong daging sapi supaya memudahkan proses penggilingan. Jika terlalu besar, maka proses nya akan berat sehingga suhu adonan akan panas.

Jika anda menggunakan bantuan mesin, usahakan menghaluskan adonan bakso dalam waktu singkat.

Proses yang lama saat menghaluskan adonan bakso akan membuat temperatur adonan naik dan merusak protein daging sapi. Hasilnya, bakso justru terlalu lembek dan kurang kenyal.

4. Segera Membentuk  Bakso

Kalau adonan bakso telah halus, maka segera bentuk adonan menjadi bakso. Dengan begtu kualitasnya akan tetap terjaga. Suhu air panas yang baik untuk bakso berkisar antara 600 C – 800 C, suhu ini akan membantu membentuk lapisan kulit bakso yang teksturnya renyah.

Cara Membuat Bakso Goreng

bakso ayam gorengMakanan bakso mungkin sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Kenapa tidak, saat ini bakso tengah menjadi  yang begitu terkenal didunia kuliner Indonesia, kuliner khas yang berbahan dasar daging ini seperti menjadi panganan universal yang cukup mudah dijumpai disetiap tempat dan sudut nusantara.

Ada banyak bahan daging yang dapat digunakan untuk membuat bakso, diantaranya daging sapi, daging ayam serta ikan. Selain itu, penyajiannya pun ada dua macam yakni kuah dan goreng, kedua penyajian ini memiliki rasa yang khas dan juga nikmat.

Berbicara mengenai bakso goreng, kali ini tim bisikan.com akan membahas mengenai cara pembuatan dan penyajian bakso goreng. Rasa gurih dari daging serta sensasi nikmat ketiga digoreng, membuat sajian kali ini benar-benar istimewa.

Nah, agar anda bisa membuat hidangan spesial ini dirumah, resep dan cara membuat bakso goreng yang akan aya berikan buat anda, kali ini akan sangat membantu anda untuk dapat membuat bakso goreng yang lezat. Inilah Dia Resep dan Cara Membuat Bakso Goreng.

Bahan-bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Bakso Goreng

  • 150 gram daging ayam cincang
  • 150 gram daging sapi cincang
  • 1 butir telur ayam, ambil kuningnya
  • 1 sdm tepung terigu
  • Miyak untuk menggoreng

Bumbu yang Digunakan Untuk Resep dan Cara Membuat Bakso Goreng

  • ½ sdt pala bubuk
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan bawang putih goreng, haluskan
  • 1 sdt saus tiram

Adonan Pencelup Untuk Bakso

  • 75 ml air mineral
  • 2 sdm tepung beras
  • ½ sdt garam

Cara Membuat Bakso Goreng

  1. Pertama, campurkan bahan-bahan seperti daging ayam cincang, daging sapi yang sudah dicincang bersama dengan tepung terigu, kuning telur dan bumbu-bumbu, kemudian aduk-aduk hingga tercampur dan benar-benar merata, aduk hingga menjadi adonan bakso.
    2. Setelah adonan diaduk, bentuk adonan menajdi bulat-bulat seperti bakso, untuk ukuran anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan selera anda. Sementara untuk membentuk adonan menjadi bentuk bulat anda bisa menggunakan tangan yang sudah ditutupi dengan sarung tangan, kemudian tekan dengan tangan keluarkan dibagian jempol, jika adonan keluar anda bisa mengambilnya dengan menggunakan sendok.
    3. Setelah kesemua adonan dibentuk, panaskan minyak dalam wajan.
    4. Sementara itu, kita buat adonan pencelup dengan mencampurkan semua bahan pencelup, sebelum bakso digoreng masukan terlebih dahulu pada adonan pencelup.
    5. Kemudian goreng bakso dengan api kecil dan goreng hingga berwarna kecoklatan dan matang.
    6. Angkat, tiriskan dan sajikan.

Cara Membuat Bakso Ayam

bakso ayamResep Membuat Bakso Daging Ayam Kenyal dan Kuahnya ini kami sajikan khusus bagi anda yang sedang mencari resep membuat bakso ayam.

Bakso pada awal dan umumnya memang menggunakan daging sapi sebagai bahan utama. Nah seiring perkembangan zaman dan inovasi para pecinta kuliner sekarang sudah dikenal bakso ayam.

Alasan para ibu membuat bakso daging ayam biasanya karena mahalnya daging sapi atau ada anggota keluarga yang memang tidak suka daging sapi jadi dicoba dibuat bakso daging ayam.

Membuat bakso daging ayam pada dasarnya hampir sama dengan membuat bakso daging sapi, perbedaannya hanya penyesuaian tekstur daging ayam.

Kalo sudah mahir membuat bakso sapi, dijamin tidak akan kesulitan dalam membuat bakso ayam ini. Bagi yang ingin langsung mencobanya silahkan persiapkan peralatan masaknya, bahan dan ikuti cara membuat bakso daging ayam dan kuahnya berikut ini…

Resep Membuat Bakso Daging Ayam

Bahan bahan yang dibutuhkan untuk  membuat bakso ayam

  • 1 kg daging Ayam yang di pisahkan dari tulangnya
  • 1 ons tepung kanji (untuk perekat)
  • Es secukupnya

Bumbu Membuat Bakso Ayam

  • 1 siung bawang putih yang sudah di kupas
  • 2 sendok bawang merah goreng
  • 1 Sendok teh MSG
  • 1 bumbu masak rasa daging sapi
  • 1/4 ons gula merah
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 saset kecap (agar warna menjadi coklat)
  • 1 butir Telor

Cara Membuat Bakso Daging  Ayam

  • Daging ayam yang sudah dipisahkan dari tulangnya lalu iris kecil dan digiling ditempat penggilingan dengan bumbu yang telah disiapkan diatas (proses pengilingan dua kali giling kasar dan halus). Pemisahan tulang bisa minta ke penjual dagingnya, biasanya mereka sudah paham kalo kita jelaskan untuk membuat bakso. Jangan lupa menyertakan semua bahan dan bumbu di atas dalam proses penggilingan.
  • Setelah daging sudah menjadi adonan daging (campuran antara daging, bumbu dan kanji) masukan ke dalam wadah bisa berupa baskom besar untuk diulensi hingga kalis.
  • Kemudian siapkan air hangat dalam wadah panci di depan kompor sambil kita cetak bulatanya mengunakan sendok dan tangan dengan cara meremas seperti membuat bulatan.
  • Setelah semua adonan menjadi bulatan bakso, masukan ke dalam panci yang berisi air panas tadi, didihkan bulatan bakso sambil diaduk jangan sampai keluapaan karena bisa bisa bakso anda pecah.
  • Setelah mendidih angkat bakso dan dinginkan dengan meletakan pada wadah besar seperti tampah untuk mempercepat pendinginan gunakan kipas angin.
  • Bakso telah jadi dan bisa anda gunakan untuk membuat segala macam masakan, bisa juga anda simpan di frezer dengan cara memasukan kedalam kantong plastik es ikat kuat2, untuk mencegah bau gunakan 3 sampai 4 plastik.

Cara Membuat Kuah Bakso Daging Ayam

Bumbu kuah bakso:

  • Bawang putih kupas 3 gengam
  • Bawang merah kupas 1 gengam
  • Daun  bawang diiris ambil bawahnya yang putih 1 gengam
  • 2 sendok teh merica bubuk
  • 1 biji pala

Cara Membuat Kuah Bakso Ayam

  • Bumbu kuah diatas dimasukan dalam blander di haluskan hingga halus, kemudian disangrai / digoreng hingga matang. warnanya kecoklatan
  • Sambil menunggu siapkan tulang kaki sapi 2 buah untuk menambah cita rasa kuah (kalo ada), masukan dalam panci berisi air panas didihkan kurang lebih 2 hingga 3 jam makin lama makin baik karena kaldunya akan keluar.
  • Tambahlan air hingga pancinya 3/4 penuh.
  • Masukan bumbu kuah bakso kedalam panci tulangan tersebut. selesai tinggal menambah gula, garam, dan vitsin secukupnya.
  • Bakso daging ayam lezat dan nikmat siap disajikan untuk keluarga

itu tadi Cara Membuat Bakso Urat dan Bakso L ainnya semoga dapat membantu dan selamat mencoba semoga sukses…terima kasih