(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Pentol Ayam Empuk Enak Tanpa Pengawet. Apakah Anda pernah berfikir kenapa tukang bakso yang bisa keliling di sekitar rumah kita bisa menjual pentol dengan harga murah? Padahal kalau kita tahu harga daging sapi lokal segar aja sudah naik harganya. Pertanyaan seperti itu juga pernah ada di pikiran saya.

Bahkan pernah saya berfikir apakah mungin mereka menggunakan daging yang tidak-tidak, sehingga harga pentol daging nya sagat murah? Tapi kita tidak boleh menduga-duga. Nah tapi saya sudah mendapatka jawabanya dari salah satu tukang bakso keliling.

Ya, ternyata untuk menyiasati harga daging sapi yang melambung tinggi, mereka mengganti resep pentol daging sapi dengan resep pentol daging ayam. Ternyata selain dengan daging sapi dan daging ikan, Kita juga dapat menggunakan cara membuat pentol ayam

Selain itu Anda juga bisa membuat kuahnya yang enak dan pentol baksonya dengan bahan-bahan yang lebih murah. Selain itu pasti lebih sehat karena menggunakan bahan-bahan yang bergizi.

Secara kasat mata, memang tidak ada perbedaan yang mencolok antara pentol ayam dengan pentol daging sapi atau pentol ikan. Dari tampilannya, pentol bakso nya mirip dan gak kelihatan bedanya. Tetapi kalau jeli, tentu saja kita bisa melihat perbedaan antara pentol bakso ayam yang akan kita buat dengan pentol bakso biasanya.

Terutama dari tekstur pentolnya. Karena daging ayam seratnya lebih halus dan lembut, maka pentol ayam juga lebih empuk daripada pentol sapi. Tetapi jangan salah ya, walaupun lebih empuk tetapi tetap kenyal kok seperti pentol daging biasanya.

Kuncinya nanti terletak pada cara membuat pentol ayamnya supaya tetap kenyal, empuk dan enak disantap bersama kuahnya.Selain kekenyalannya, warna pentol bakso ayam yang kita buat kelihatan lebih bersih dan putih. Hal ini dikarenakan daging ayam memang termasuk daging putih, tidak seperti daging sapi yang berwarna merah.

Untuk cara membuat pentol ayam kuah rumahan ini rasanya mirip dengan pentol sapi ada tips khususnya. Yaitu dengan mencampur adonannya dengan sedikit kaldu bubuk rasa sapi. Dengan ini, citarasa pentol dan kuah bakso nanti dijamin tidak berbeda dengan bakso sapi pada umumnya. Pasti anak-anak, suami atau anggota keluarga yang lain tidak tahu bahwa masakan yang kita sajikan tersebut sebenarnya terbuat dari daging ayam.

Salah satu hambatan dan masalah yang timbul saat kita mencoba cara membuat bakso ayam biasanya adalah kekenyalannya. Pentol bakso ayam kadangkala memang susah untuk dibentuk seperti bulatan bola. Nah untuk itu, saat kita membentuk adonan pentol baksonya nanti, air yang digunakan adalah air panas saja.

Bukan air mendidih dengan api yang masih menyala. Selanjutnya direbus dengan api kecil saja pentol-pentol bakso tersebut sampai matang. Tapi ingat, jangan sampai air rebusannya nanti benar-benar bergejolak seperti merebus air mendidih biasanya ya.

cara diatas, kita bisa membuat resep bakso kenyal tanpa obat bakso dan tanpa obat pengenyal sama sekali. Untuk yang sudah tidak sabar dengan reseDengan p bakso kenyal ini, silahkan melihat bahan dan tips cara membuatnya dibawah ini.

cara membuat pentol ayam

Bahan dan Bumbu Resep Bakso Ayam Rumahan

Siapkan bahan-bahan dibawah ini untuk cara membuat pentol ayam:

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging ayam kurang lebih sebanyak 1/2 kg saja. Sebaiknya menggunakan daging ayam bagian atas supaya enak saat memisahkan tulang nantinya. Pisahkan daging dari tulangnya kemudian potong kecil-kecil supaya mudah saat akan diproses.
  2. Kecap ikan supaya rasa dan aromanya lebih gurih kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  3. Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok makan saja.
  4. Baking soda sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  5. Baking powder sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1.25 sendok kecil saja.
  6. Merica yang sudah di haluskan secukupnya sesuai selera.
  7. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  8. Tepung maizena secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  9. Kaldu bubuk rasa sapi secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  10. Minyak goreng secukupnya.
  11. Air es dingin secukupnya (125 ml untuk campuran adonan baksonya dan secukupnya untuk merendam). Sebaiknya menggunakan air es dicampur dengan es batu supaya benar-benar dingin.

Cara Membuat Bakso Ayam Enak Lezat Dan Empuk Nikmat

  1. Pertama-tama daging dicuci sampai bersih dengan air mengalir, kemudian potong-potong kecil supaya mudah saat akan dihaluskan nantinya.
  2. Masukkan daging ayam ke dalam food processor  kemudian haluskan daging sampai benar-benar halus.
  3. Setelah halus tuang air es 1 sendok kemudian bender lagi. Ulangi sampai gilingan dagingnya berbentuk gumpalan-gumpalan supaya mudah dibentuk (kira-kira butuh 5 sendok makan air es).
  4. Pindahkan adonan ke wadah yang lebih besar.
  5. Tuang tuang sisa air esnya 125 ml dikurangi air yang sudah dituang ke blender kedalam wadah baru bersama dengan baking soda, merica bubuk, kaldu bubuk sapi, garam, gula, tepung maizena dan sisa bahannya kemudian aduk-aduk kembali sampai tercampur rata.
  6. Tuang campuran adonan diatas sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk kedalam wadah berisi gilingan dagingnya sampai rata.
  7. Ambil mangkok yang cukup besar kemudian banting-banting adonan diatas hingga kalis dan adonan kelihatan lembut. Kalau saat membanting adonan baksonya lengket, basahi tangan dan jarinya dengan air dingin.
  8. Masukkan dan diamkan adonan yang sudah lembut diatas ke dalam freezer supaya pentol baksonya nanti lebih kenyal. Kurang lebih 20 menit sampai 30 menit.
  9. Siapkan panci berisi dan air secukupnya kemudian masak sampai benar-benar mendidih setelah itu matikan kompor.
  10. Kemudian ambil adonan 1 sendok makan kemudian bentuk bulat dengan tangan setelah itu masukkan kedalam panci berisi air panas tadi.
  11. Ulangi beberapa kali sampai semua adonan habis terbentuk.
  12. Setelah semua pentol baksonya mengambang, hidupkan kembali api kompornya tapi dengan api kecil saja.
  13. Masak sampai matang, tapi jangan sampai benar-benar mendidih ya. Cukup hanya sampai timbul letupan-letupan kecil saja.
  14. Jangan lupa sesekali diaduk-aduk supaya semua bakso bisa matang merata. Setelah matang dan mengapung semua kita matikan kompor.
  15. Siapkan panci yang berisi air dan es batu kemudian masukkan pentol bakso yang sudah matang. Hal ini dilakukan agar proses pemasakan pentol baksonya berhenti dan bakso tidak terlalu lembek.
  16. Selesai. Pentol bakso siap di hidangkan

Bahan dan Cara Membuat Resep Kuah Bakso Ayam Rasa Spesial

  •  Air kaldu kurang lebih sebanyak 2 liter. Bisa diambil dari rebusan tulang ayam sisa bahan diatas atau dari bekas air panas rebusan bakso diatas.
  • Kecap ikan kurang lebih sebanyak 2 sendok makan supaya lebih gurih rasanya.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Bawang putih yang sudah dihaluskan kurang lebih sebanyak 5 pcs saja.
  •  Kaldu bubuk rasa sapi supaya lebih lezat kuahnya.
  •  Irisan daun bawang, bawang merah goreng, merica halus kalau suka dan minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat Kuah Pentol Bakso Yang Gurih

  1. Siapkan penggorengan dengan minyak secukupnya kemudian tumis bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan tumisan bawang diatas ke dalam panci berisi air kaldu kemudian aduk-aduk bersama dengan kecap ikan, garam dapur, kaldu bubuk dan merica kalau suka.
  3. Masak panci sampai mendidih kemudian masukkan pentol bakso dan irisan daun bawangnya kemudian masak sampai matang.

Selain cara membuat pentol ayam, berikut cara membuat pentol ayam goreng yang gurih dan renyah

Cara Membuat Pentol Ayam Goreng

Cara Membuat pentol Ayam Goreng

Bahan – Bahan Yang Di Perlukan Untuk Membuat Pentol Goreng

  • Ayam sebanyak 300 gram
  • Tepung sagu / tapioka sebanyak 150 gram
  • Wortel potong dadu sebanyak 100 gram
  • Putih telur sebanyak 2 butir
  • Bawang daun sebanyak 5 batang
  • Garam sebanyak 1 sendok makan munjung
  • Minyak wijen sebanyak 1 sendok makan
  • Minyak baru sebanyak 2 sendok makan
  • Gula sebanyak 1 sendok makan
  • Kaldu udang sebanyak 3 sendok makan atau kalo bunda mau membuat kaldu udang sendiri caranya dengan merebus kepala atau daging udang dengan wortel lalu beri garam secukupnya.

Cara Membuat Saus Cuka Agar Makin Sedap Pentol Gorengnya

  • Pertama-tama haluskan cabai rawit dengan sedikit garam menggunakan ulegan hingga halus kemudian tambahkan bawang putih dan uleg kembali hingga halus.
  • Setelah itu tambahkan gula merah dan perasan air jeruk.uleg sampai halus dan apabila saus cuka terlalu kental bisa juga tambahkan 1 sendok makan air hangat.

Cara Membuat Baso Ayam Goreng Sangat Renyah

  1. Pertama-tama pisahkan daging ayam dari tulang  dan kulitnya5 hingga bersih dan cuci bersih lalu potong-potong kecil.
  2. Kemudian masukkan daging ayam tersebut ke dalam tabung blender dengan, 3 sendok makan air kaldu udang dan 2 butir putih telur, lalu proses hingga halus dan kenyal. Penggunaan putih telur wajib hukumnya karena untuk membuat adonan bakso menjadi lebih kenyal.
  3. Dalam wadah, campurkan ayam yang telah diblender dengan 5 batang daun bawang yang sudah di iris, 100 gram wortel, 1 sendok makan munjung garam, 2 sendok makan minyak sayur, 1 sendok makan gula dan 1 sendok makan minyak wijen, aduk sampai rata.
  4. Lalu masukkan 150 gram tepung sagu sedikit – sedikit sambil adonan terus di aduk dengan spatula sampai tercampur rata.
  5. Kemudian kita bentuk adonan dengan berbentuk bulat menggunakan tangan dan sendok, lalu masukkan ke dalam wajan yang sudah di panaskan minyaknya.
  6. Goreng bakaso di atas api sedang sampai berubah warna keemasan, lalu angkat dan tiriskan di atas tissue tebal.
  7. Bakso ayam goreng enak dan gurih serta sehat ini, siap untuk di sajikan selagi masih panas dengan saus cuka, atau Anda juga bisa menikmati basko goreng ini dengan di buatkan sup, Pasti sedaaaap.

Selain cara membuat pendol ayam dan pentol ayam goreng ternyata juga dapat di buat pentol bakar daging ayam, Penasaran? Simak resep dari saya berikut ini

Cara Membuat Pentol Ayam Bakar

Cara Membuat Pentol Bakar Daging Ayam :

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Bakso Daging Ayam Bakar, berikut ini resepnya:

  • 500 gram daging ayam yang dipisahkan dari tulangnya kemudian haluskan dagingnya
  • 50 gram terigu protein sedang
  • 50 gram tepung kanji merk apapun sesuai selera Anda
  • 2 butir telur ayam, baik ayam kampung atau ayam potong untuk bahan pengental
  • Penyedap rasa bila perlu sesuai selera

Bahan-Bahan Untuk Membuat Adonan Bakso :

  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan minyak gorenng yang masih belum terpakai
  • Merica bubuk ½ sendok teh
  • ½ sendok teh garam dapur
  • 8 siung bawang putih yang sudah dikupas kulitnya
  • ½ sendok makan gula pasir
  • Siapkan 1 liter air untuk rebusan

Bahan Untuk Membuat Bumbu :

  • 50 gram kacang sambal
  • Kecap kental manis
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Cabe rawit merah sesuai selera Anda

Langkah Cara Membuat Pentol Bakar Daging Ayam :

  1. Siapkan wadah tempat untuk adonan, pertama haluskan adonan biang menjadi satu, kecuali minyak, lalu masak diatas api kecil sambil diauk-aduk hingga mengental. Bila sudah mengental, matikan kompor serta jangan lupa tuangkan minyak goreng dan biarkan dingin.
  2. Siapkan wadah pula untuk daging ayam, masukkan adonan biang ke dalam campuran daging ayam yang sudah dihaluskan, tambahkan telur yang sudah dikocok serta tambahkan pula tepung terigu dan kanji masing-masing 50 gram. Aduk hingga rata semua bahan tersebut, jangan lupa icipi rasanya apakah sudah sesuai dengan selera anda.
  3. Sambil menunggu, rebuslah 1 liter air diatas api kecil jangan sampai mendidih, bentuklah adonan pentol berbentuk bulat-bulat dengan cara masukan adonan pentol pada tangan kiri, kepalkan tangan hingga adonan bakso keluar di antara jari jempol dan telunjuk, lepaskan dengan bantuan sendok. Bentuk keseluruhan adonan hingga adonan habis.
  4. Ingat, adonan yang sudah terbentuk langsung dimasukkan pada rebusan air. Setelah keseluruhan terbentuk dan sudah berada di rebusan air, besarkan apinya menjadi api berukuran sedang, tunggu hingga adonan bulat-bulat tadi sampai matang.
  5. Tunggu hingga matang dan mengembang, pertanda apabila sudah matang, adonan itu mengapung dan terlihat keatas air.
  6. Apabila sudah matang, tiriskan dan dinginkan.
  7. Masukkan pentol yang sudah matang ke tusuk sate, untuk 1 buah tusuk sate anda dapat memasukkan 4 sampai 5 buah pentol, sesuai panjang dari tusuk sate.
  8. Panggang diatas api kecil dengan sebelumnya, pentol yang sudah ditusuk tadi sudah dilaburi dengan sedikit kecap manis.
  9. Nah pentol bakar siap disajikan dengan sambal kacang

Cara Membuat Sambal Kacang :

Bahan-bahan yang di perlukan:
  • 3 butir kemiri
  • 50 g kacang tanah
  • 4 buah cabai merah
  • 6 buah cabai rawit
  • ½ sendok teh garam
  • Cuka ½ sendok teh
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 50 ml air
  • Minyak goreng secukupnya saja

Cara Membuat Sambal Kacang

  1. Panaskan minyak, goreng kemiri dan kacang tanah secara bergantian. Angkat dan sisihkan. Campur keduanya, haluskan.
  2. Haluskan cabai merah dan cabai rawit, campur dengan kemiri dan kcanag tanah halus. Tambahkan garam, cuka, gula, dan air, aduk rata dan masak hingga bumbu menyatu. Siap dihidangkan.

Nah, itu tadi beberapa resep  yang di buat dari bakso daging ayam yang bisa saya bagikan, bagaimana mudah bukan? Semoga bermanfaat dan dapat membantu dan selamat mencoba..Terima kasih sudah berkunjung 🙂