(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Kreasi Bakso Unik Yang Bikin Ngiler..! kamu Wajib Coba..! – Pada artikel kali ini saya tidak akan membagikan resep bakso melainkan, saya mau membagikan kreasi bakso unik yang wajib Anda coba, karena rugi kalau tidak mencobanya, apalagi buat Anda para pecinta bakso.

Siapa sih orang yang tidak mengenal dan nggak doyan bakso? Makanan yang udah menjadi makanan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia ini memang jemolan banget! Sebenarnya, bakso itu makanan asli dari negeri tirai bambu atau kita sering menyebutnya China. meskipun begitu bakso sudah mendarah daging di Indonesia, tidak heran kalau hampir setiap daerah punya bakso khas, misalnaya bakso Solo, bakso Malang, bakso Wonogiri, dan lain-lain.

Bakso juga dikenal disemua kalangan, mulai dari bakso gerobakan, hingga restoran di mal berkelas semuanya menawarkan menu yang menarik.

Bukan orang Indonesia juga kalau nggak kreatif, bakso yang normalnya disajikan dengan mie dan kuah pun kini mengalami inovasi sampai tecipta bakso-bakso unik yang cuma bisa kamu temui di Indonesia. Apa aja sih macem-macem baksonya? Berikut macamnya :

Baca : Cara Membuat Bakso Urat Solo

Kreasi Bakso Unik dan Resep

kreasi bakso unik

1. Bakso Setan

Bahan Membuat Bakso Setan Gurih dan Enak :

  • 1 kg daging sapi giling
  • 2 ons tepung kanji
  • 6 siung bawang putih
  • 1 senduk makan garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Bakso :

  1. Langkah awal haluskan bawang putih,
  2. Kemudian campur bawang putih yang sudah di haluskan ke dalam adonan daging sapi giling, merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji.
  3. Lalu aduk dan uleni adonan tersebut hingga merata kurang lebih 10 menit
  4. Setelah adonan tercampur rata selanjutnya bentuklah menjadi bulatan-bulatan dengan menggunakan tangan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, usahakan agar ukurannya tidak terlalu besar supaya bisa matang secara lebih merata dan cepat. Nah disini saya yakin anda bisa untuk membuat bulatan bakso.
  5. Masukkan bulatan bakso yang anda buat ke dalam air panas, kemudian rebuslah ke dalam air yang mendidih hingga matang. Tanda bakso yang telah matang adalah mengapung di permukaan air yang mendidih. Proses perebusan biasanya memakan waktu 10 sampai 15 menit.
  6. Angkat bakso yang telah matang dan tiriskan dalam suhu ruangan.

Nah sekarang cara membuat bakso atau baso setan sudah jadi, tinggal membuat kuahnya. Bagaimana membuat kuah bakso yang enak? berikut ini resep dan caranya.

Bahan Untuk Kuah Bakso :

  • Tulang sapi
  • Air

Bumbu Kuah Bakso :

  • Bawang putih 5 siung, goreng dan haluskan
  • 4 siung bawang merah, goreng dan haluskan
  • Bawang goreng 1/2 sendok makan, haluskan
  • Gula 2 sendok teh
  • 1 sendok makangaram
  • Lada 1/2 sendok teh
  • Daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya, iris halus
  • Kaldu sapi instan, 2 sendok teh

Cara membuat Kuah Bakso :

  1. Pertama kalian rebus air bersama tulang dan semua bumbunya sampai mendidih dan tulangnya menjadi matang.
  2. Jika sudah matang, kecilkan apinya dan selanjutnya anda sudah bisa menyajikan bakso bersama kuahnya.

nah itu tadi salah satu kreasi bakso unik, beriktnya saya akan membagikan resep kreasi bakso unik lainnya berikut ini…

kreasi bakso unik

2. Bakso Moncrot

Bahan Bakso Moncrot :

  • 500 gram tomat segar berukuran jumbo (lubangi bagian tengahnya dan keluarkan bagian isinya)

Bahan Isian Bakso Moncrot :

  • ½ kilo gram daging sapi giling
  • 100 gram tepung kanji- 50 gram es batu
  • 8 siung bawang putih (dihaluskan dengan menggunakan blender)
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • Kaldu ayam secukupnya
  • Garam secukupnya

Bahan Pelengkap Bakso Moncrot :

  • Mie Kuning secukupnya
  • Bihun secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya
  • Saus sambal
  • Sambal cabai
  • Kecap manis
  • Cuka

Cara Pembuatan Bakso Moncrot :

  1. Langkah pertama yang harus di lakukan yaitu mencampurkan beberapa bahan seperti daging, kaldu, es batu, bawang putih, merica dan garam. Setelah itu haluskan dengan menggunakan blender dan letakkan ke dalam wadah yang telah di sediakan.
  2. Kemudian masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit ke dalam adonan dan aduk sampai merata.
  3. Tambahkan bahan telur dan aduk adonan hingga kembali merata. Adonan dapat di cicipi terlebih dahulu apabila di rasa ada rasa yang kurang.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka adonan dapat terus di aduk hingga 15 menit sehingga tekstur adonan menjadi kenyal dan nantinya akan mudah untuk di bentuk.
  5. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat atau hingga berbentuk bola kecil dengan menggunakan sendok berukuran kecil. Setelah itu masukkan adonan bola ke dalam adonan tomat.
  6. Rebus air mendidih dan masukkan adonan bola yang telah di masukkan ke dalam adonan tomat. Apabila adonan mengapung maka dapat diangkat dan ditiriskan.
  7. Setelah itu anda pun juga dapat membuat kuahnya dengan menggunakan kaldu dan dapat anda kreasikan sendiri.

kreasi bakso unik

2. Bakso Mercon

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bakso Mercon :

  • 15 buah cabai rawit merah, iris
  • 100 gram sagu aren
  • 25 gram urat sapi, potong kecil-kecil
  • 2 sendok teh poly powder
  • 300 gram daging sapi segar, potong-potong
  • 2 sendok makan garam
  • 150 gram es serut
  • 25 gram putih telur
  • Merica bubuk ¼ sendok teh
  • ½ sendok teh penyedap rasa
  • Bawang putih goreng 1 sendok makan
  • ½ sendok makan bawang merah goreng

Bahan-Bahan Untuk Kuah Bakso :

  • 500 gram tulang sapi
  • ½ sendok teh penyedap rasa
  • 25 gram bawang merah goreng
  • ½ sendok makan gula pasir
  • Garam 1 ½  sendok makan
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 5 siung bawang putih, goreng dan memarkan
  • 3 tangkai seledri
  • 2,5 liter air

Bahan Untuk Sambal :

  • 2 siung bawang putih, rebus
  • 6 buah cabai merah keriting, rebus
  • 15 buah cabai rawit, rebus
  • 250 ml air
  • ¼ sendok teh garam

Bahan Pelengkap Bakso :

  • 10 sendok makan bawang merah goreng
  • Seledri 10 tangkai, di iris
  • 10 batang duan bawang, iris
  • 175 gram bihun kering, seduh
  • 100 gram mie telur

Cara membuat Bakso Mercon Pedas Gila Mantap:

  1. Pertama-tama masukkan daging sapi yang telah Anda potong tadi bersama garam dalam food prosesor. Lalu giling sebentar sampai agak lembut.
  2. Kemudian kita masukkan poly powder, es serut, putih telur, penyedap rasa, bawang putih goreng, bawang merah goreng dan juga merica bubuk. Lalu giling semua sampai lembut.
  3. Lalu tambahkan tepung sagu keudian di giling sampai lembut dan adonan kalis. Tambahkan urat sapi dan juga cabai rawit. Giling sebentar.
  4. Setelah itu ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bulat besar. Masukkan ke dalam air hangat lalu rebus hingga matang, jika sudah matang silahkan angkat dan tiriskan.
  5. Langkah selanjutnya yaitu membuat kuah bakso, pertama rebuslah tulang sapi di dalam air bersama daun bawang dan seledri dengan menggunakan api kecil hingga berkaldu, jika sudah lalu di saring.
  6. Tambahkan garam, merica, gula pasir, penyedap rasa dan bawang putih goreng, kita masak sampai mendidih. Lalu masukkan bawang merah goreng yang telah diremas-remas dan aduk hingga rata.
  7. Langakh selanjutnya yaitu membuat sambal, pertama belender halus semua bahan sambal kecuali garam. Lalu silahkan rebus hingga mendidih dan tambahkan garam dan aduk sampai merata.
  8. Langkah terakhir adalah penyajian, kita tata bakso dan bahan pelengkapnya dalam mangkuk lalu siram dengan kuahnya.
  9. Bakso Mercon Pedas Gila Mantap siap di sajikan bersama sambal.

kreasi bakso unik berikutnya adalah Bakso Barbel

kreasi bakso unik

4. Bakso Barbel

Bahan-Bahan Bakso Barbel Yang Dibutuhkan

Kreasi Bakso Unik. Untuk membuat masakan ini, ada beberapa bahan yang perlu anda siapkan. Bakso ini menggunakan daging sapi untuk bahan utamanya. Nah, bahan-bahan yang di gunakan di antaranya adalah:

  • 500 gram daging sapi
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 50 gram es batu
  • 100 gram tepung sagu
  • 1 butir telur
  • 250 gram bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya, opsional

Sedangkan Bahan Untuk Membuat Kuah Adalah :

  • 250 gram bawang putih yang sudah di potong halus
  • Tulang sapi secukupnya
  • 3 liter air
  • Lada bubuk seperlunya
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 1 sendok teh pala bubuk

Cara Membuat Bakso :

Hal yang khas dari masakan bakso barbell adalah bentuk baksonya yang menyerupai barbel. Nah, untuk pembuatan bakso ini, ikuti beberapa langkah di bawah berikut :

  1. Pertama-tama campur daging sapi dengan semua bahan yang sudah di sediakan kecuali tepung sagu. Kemudian kita aduk perlahan sampai tercampur lalu masukkan pada food processor atau mesin penggiling
  2. Tunggu beberapa waktu sampai di rasa kalau semua bahan sudah tercampur dengan sempurna
  3. Kemudia ambil adonan yang masih basah dan tempatkan di wadah besar
  4. Lalu tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil di uleni dengan sabar. Uleni hingga kira-kira adonan benar-benar kalis sehingga siap di cetak
  5. Ambil cetakan berbentuk barbell lalu masukkan adonan dengan cara di injek. Ada mesin khusus pemanas bakso untuk membuat bakso ini sehingga bakso tidak perlu di rebus untuk di matangkan
  6. Ulangi cara ini sampai semua adonan bakso habis
  7. Langgkah terakhir silahkan Anda tiriskan bakso, dan langkah selanjutnya yaitu membuat kuahnya

Cara Membuat Kuah Bakso

Setelah adonan bakso sudah selesai, kita beranjak untuk membuat kuah. Nah, untuk membuat kuah ini, caranya cukup mudah. Pertama, siapkan 3 liter air di panci dan panaskan dengan api yang sedang dan masukkan tulang sapi ke dalamnya.

Sembari menunggu mendidih, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan api kecil sampai harum. Masukkan bumbu tersebut ke dalam kuah yang di rebus dan tunggu hingga mendidih, selanjutnya silahkan beri penyedap untuk memperkuat rasa.

Nah, kini kita sudah punya bakso berbentuk barbell yang kreasi bakso unik dengan kuahnya yang segar. Untuk penyajian, ada beberapa tambahan bahan yang diperlukan, seperti:

  • Bihun, yang sudah di rebus sebentar
  • Mie kuning, lalu rendam dengan air panas lalu tiriskan
  • Pangsit goreng
  • Daun seledri
  • Bawang goreng
  • Saus, sambal dan kecap secukupnya

kreasi bakso unik

5. Bakso Sarang Burung

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bakso :

  • Ayam cincang 250 gram
  • 250 gram udang cincang
  • 100 gram wortel, potong kotak kecil
  • Soun 25 gram, rendam lalu iris kasar
  • 5 gram jamur kuping, rendam dalam air panas, tiriskan dan iris halus
  • 4 sendok makan tepung sagu
  • Daun bawang, iris halus 1 sendok makan
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 butir telur
  • ½ sendok teh lada
  • ½ sendok teh garam

Bahan-Bahan Untuk Kaldu Bakso :

  • 1500 ml air
  • 250 gram tulang ayam
  • Kulit udang
  • 4 siung bawang putih, iris tipis, goreng dan haluskan
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak wijen 1 sendok teh
  • ½ sendok teh lada

Cara Membuat Bakso Sarang Burung :

  1. Untuk membuat kaldu Anda cukup merebus tulang ayam, kulit udang dan air sampai mendidih lalu kecilkan apinya dan masak sampai air tinggal setengah, jika sudah matang angkat dan saring.
  2. Kemudian campur semua bahan bakso kemudian aduk rata. Panaskan kaldu, ambil adonan bakso dengan 2 buah sendok teh, bentuk bulat-bulat lalu masukkan kedalam kaldu dan masak sampai mendidih.
  3. Setelah bakso matang, silahkan tambahkan minyak wijen lalu masak sampai mendidih.
  4. Angkat dan sajikan masakan bakso sarang burung ini bersama taburan bawang goreng di atasnya.

kreasi bakso unik

6. Bakso Penyet

Bakso tak selalu enak di makan bersama kuah gurih atau di bikin sup atau sop saja. Karena bakso yang memiliki tekstur kenyal ini juga enak di bakar, di goreng dan di makan bersama sambal penyetan yang pedas. Perpaduan cita rasa bakso goreng yang gurih ini memang sangat pas di santap bersama aneka sambal.

Selain ayam goreng, iga bakar atau goreng, lele goreng, tempe & tahu goreng, bebek goreng, telur penyet, belut goreng dan ikan goreng, banyak restauran dan pedagang kaki lima yang menyajikan bakso penyet.

Menurut saya sendiri cara membuat bakso penyet paling mudah di antara bahan lainnya. Karena untuk membuatnya Anda tinggal menggoreng bakso home made buatan sendiri atau bakso siap olah yang di jual di pasaran hingga kering sesuai selera.

Bahan-bahan Bakso Penyet :

  • Bakso ayam, sapi atau ikan 15 butir (potong-potong atasnya biar mekar, terus goreng)
  • Bisa di tambahkan telur dadar, telur rebus dan tempe tahu secukupnya, jika suka

Bahan Bumbu Sambal Penyet :

  • Cabai rawit 8 butir
  • Cabai keriting 2 butir
  • Bawang putih 1 siung
  • Tomat matang 1 butir
  • Bawang merah 2 siung
  • Terasi 1 sendok teh
  • Gula merah 1/3 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Langkah Membuat Bakso Penyet :

  1. Langkah awal siapkan wajan, kemudian masukkan sedikit minyak lalu goreng terasi dengan menggunakan api kecil. Saat terasi mulai tercium aroma sedap dan matang, tambahkan cabai, bawang dan tomat. Angkat dan tiriskan ketika tomat sudah mulai layu. Sesekali aduk ya. (hati-hati ketika menggoreng cabai, api harus kecil agar cabai tidak meletus).
  2. Selanjutnya silahkan ulek tumisan cabai dan terasi. Masukkan garam dan gula merah. Aduk sampai rata.
  3. Penyajian letakkan bakso goreng di atas ulekan sambil sedikit di penyet atau di tekan agar bumbu sambal meresap.
  4. Sajikan hangat bersama nasi putih dan lalaban sesuai selera. Mantap!

Nah itu tadi kreasi bakso unik yang bisa saya bagikan, bagaimana nampak sedap bukan, rugi kalo tidak mencobanya terima kasih