(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Menu Makan Malam Sehat Bagus Untuk Tubuh

Menu Makan Malam Sehat Bagus Untuk Tubuh – Makan malam adalah waktu yang sangat dinanti bagi setiap orang. Suasana makan malam waktu yang sangat pas untuk berkumpul dan bersantai bersama keluarga maupun teman-teman Anda, sembari menikmati hidangan makan malam.

Namun jangan sampai Anda salah pilih menu hidangan makan malam. Anda harus lebih memperhatikan makan malam yang Anda santap, agar tubuh senantiasa selalu sehat. Makan malam adalah makan yang paling krusial bagi tubuh Anda, mengapa krusial?

Karena kandungan energi yang ada pada hidangan makan malam, terserap oleh tubuh. Penyerapan energi yang maksimal terjadi pada saat Anda sedang tidur. Disitulah letak krusialnya makan malam, karena pada umumnya manusia tidur di malam hari.

Sehingga kandungan energi tidak terpakai untuk beraktifitas, dengan kata lain jika Anda makan malam yang sembarangan, itu akan menumpuk pada tubuh Anda semua akan diserap oleh tubuh. Baik itu kandungan gizi yang bagus untuk tubuh maupun yang sebaliknya.

Misalkan jika makan malam mengandung terlalu banyak karbohidrat, maka akan menumpuk di dalam tubuh Anda dan mungkin bisa berefek menjadi kegemukan, atau kolesterol dan bahaya lainnya. Tentu itu sangat dihindari, apalagi kalo Anda sedang menjalankan program diet.

Menurut para ahli hal tersebut bisa terjadi jika kita salah memilih menu makanan yang dihidangkan. Salah dalam memilih menu makan malam berdampak buruk pada tubuh seperti kegemukan, kekenyangan, dan sulit tidur. Namun Anda tidak perlu khawatir mengenai makan malam, karena terdapat beberapa menu makan malam sehat yang bisa Anda coba.

 

10 Menu Makan Malam Sehat Bagus Untuk Tubuh

Berikut ini terdapat rekomendasi mengenai beberapa makanan sehat yang dapat Anda konsumsi saat makan malam dengan keluarga yang Anda cintai

 

1. Sup Bening

Sup Bening umumnya terbuat dari berbagai macam sayur sayuran, seperti wortel, kol, bayam, kentang, kacang panjang, dan sayuran lainnya. Sebagai variasi agar terlihat lebih menggugah selera, Anda juga dapat menambahkan daging.

Namun perlu diperhatikan komposisi daging yang digunakan, agar tidak terlalu banyak mengandung lemak berlebih. Sup dengan sayuran sayuran selain rendah akan lemak, juga sangat berguna untuk memperlancar system pencernaan.

 

2. Salad Sayuran

Salad sayuran sangat tepat sebagai hidangan pembuka untuk makan malam Anda bersama keluarga tercinta.  Sayuran hijau kaya akan serat dan rendah lemak seperti bawang merah, bawang Bombay, tomat, mentimun, dan selada dapat digabungkan menjadi salad sayuran sehat dan bermanfaat.

Selain sayuran sayuran di atas Anda juga dapat menambahkan bahan tambahan sebagai variasi agar tidak bosan seperti parutan keju yang rendah lemak, minyak zaitun, mayonais, dan merica sebagai bahan pelengkap salad Anda.

 

3. Salad Buah ditambah keju rendah lemak

Jika Anda bosan dengan salad yang Cuma itu-itu saja, Anda dapat mencoba alternative lainnya yaitu salad buah ditambah keju yang rendah lemak. Kandungan buah yang kaya akan serat justru bisa memperlancar pencernaanmu saat bangun pagi.

Selain mengandung banyak serat, buah juga mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang melimpah dalam buah juga bikin kamu menjadi lebih segar dan baik untuk dikonsumsi saat makan malam.

 

4. Mengonsumsi Gandum Bermutu

Sebaiknya Anda jangan terlalu banyak mengonsumsi nasi. Nah… pada saat makan malam ini adalah waktu yang sangat tepat mengganti nasi dengan gandum bermutu dan berkualitas. Gandum sangat rendah lemak.

Selain itu gandum juga mengandung banyak serat dan nutrisi yang sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh Anda. Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, gandum sangat lah dianjurkan untuk Anda konsumsi sebagai pengganti nasi.

 

5. Tahu

Makanan yang satu ini sangat familiar di masyarakat. Selain karena harganya yang murah dan mudah didapat. Olahan dari kedelai ini juga mengandung sumber protein yang baik untuk kesehatan Anda. Sehingga sangat cocok untuk menu makan malam Anda.

Tahu juga bisa menjadi pilihan lain pengganti daging yang dirasa cukup mahal di pasaran. Apalagi Anda termasuk seorang vegetarian, sangat cocok sekali bukan J. Selain tahu, makanan lain yang masih terbuat dari bahan kedelai diantaranya tempe dan juga kecap.

 

6. Orak Arik

Hidangan orak arik ini sangat cukup banyak mengandung sayuran selain itu orak arik cukup  mudah untuk dibuat. Pada dasarnya menu orak arik adalah jenis menu sayuran yang dipadukan dengan telur ayam. Adanya campuran telur pada masakan ini juga menambah cita rasa.

Rasanya menjadi lebih enak jika dibandingkan dengan hanya sayuran saja. Hidangan ini cocok untuk menu makan malam Anda.  Untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan sayur mayur, menu ini cocok sebagai salah satu alternatifnya.

 

7. Daging Sapi Tanpa Lemak

Konsumsi steak di malam hari tidak akan membuat badan Anda makin penuh dengan timbunan lemak. Syarat utamanya adalah memilih daging sapi yang rendah lemak, misalnya jenis tenderloin (has dalam) dan topside (has luar). Daging jenis ini mempunyai kalori yang tidak terlalu tinggi.

Menurut sebuah penelitian nutrisi di Amerika, menyertakan daging merah dalam menu makan juga bisa membakar kalori lebih banyak. Selain itu, protein daging ini akan menjaga kebutuhan otot tubuh, tanpa perlu khawatir bakal ditimbun jadi lemak. Konsumsi ideal adalah <200 gram saja selama makan malam.

 

8. Oseng Buncis

Sayuran buncis yang renyah bisa dijadikan salah satu pilihan makan malam yang lain. Sayuran yang biasanya jadi menu andalan saat diet ini punya sedikit kalori. Bayangkan dalam 120 gram buncis hanya mengandung 35 kalori saja.

Jadi Anda tidak  perlu takut gendut lagi. Selain itu, makanan ini mengandung folat dan serat yang bisa membuat pencernaan Anda menjadi lancar. Nah, salah satu olahan buncis yang sangat cocok untuk makan malam disantap bersama keluarga Anda adalah oseng buncis udang.

9. Ikan Salmon Panggang

Beberapa mineral penting yang ada dalam ikan salmon adalah kalium, selenium, dan vitamin B-12. Kandungan lain yang dianggap paling berguna dalam ikan salmon adalah asam lemak omega-3. Zat terakhir adalah asam lemak esensial alami dalam salmon, yaitu dalam bentuk asam eikosapentatonik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA).

Salmon adalah jenis ikan yang dapat ditemukan dengan mudah. Bahkan, di supermarket menawarkan fillet ikan salmon sehingga kamu bisa langsung mengolahnya. Ikan salmon panggang dapat menjadi ide resep hidangan untuk makan malam kali ini.

 

10. Udang Goreng Tepung

Udang merupakan salah satu boga bahari yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia, udang menjadi pilihan favorit bagi kebanyakan orang. Rsanya yang gurih dan nikmat mempunyai ciri khas tersendiri saat Anda kunyah dimulut.

Udang sangat mudah diolah dan terdapat berbagai macam variasi olahan udang. Salah satunya adalah udang goreng tepung, yang rendah lemak dan cocok untuk dijadikan hidangan menu makan malam sehat bersama keluarga.

Itulah beberapa menu makan malam sehat yang bisa Anda masukan ke dalam daftar menu makan malam Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!