0822-2330-3737

Pada artikel ini akan dijelaskan tentang aneka olahan daging sapi, olahan daging sapi dapat di olah menjadi aneka masakan daging sapi.

Idul Adha waktunya umat Muslim menikmati sajian makanan daging sapi. Resep olahan daging sapi akan di jelaskan di bawah ini bisa kamu coba. Ada yang diracik dengan cara ditumis hingga sajian berkuah.

Jangan bingung untuk meracik hidangan serba daging sapi. Jika di rumah punya banyak stok daging sapi, kamu bisa cek resep olahan daging sapinya di sini dn tinggal mencobanya.

Daging sapi mengandung berbagai aneka gizi penting yang berfungsi sebagai pertumbuhan tubuh dan otak. Beberapa dokter pun menganjurkan untuk mengkonsumsi daging tiga sampai empat kali dalam seminggu. Karena daging mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Sebuah solusi yang instan dalam mengkonsumsi daging sehari hari , misalnya dibuat makanan seperti rendang,semur atau di jadikan sub bdaging sapi,dll. Makanan ini sudah tidak asing lagi dari kuliner di indonesia.

Manfaat Berbagai Olahan Daging Sapi

OLahan Daging Sapi Nikmat

1. Mempertahankan Masa Otot

Konsumsi daging sapi secara rutin dipercaya dapat membantu mempertahankan massa otot.

Seiring dengan bertambahnya usia, perubahan bentuk tubuh sulit untuk dihindari. Salah satu yang mungkin akan Anda alami adalah sarkopenia atau hilangnya massa otot. Kondisi ini pada dasarnya dapat dicegah dengan cara latihan kekuatan dan meningkatkan asupan protein. Daging sapi dapat menjadi salah satu pilihan sumber protein untuk mencegah kondisi ini.

2. Meningkatkan Kinerja Otot

Daging sapi mengandung senyawa carnosine yang sangat penting bagi fungsi otot.

Carnosine dibentuk dalam tubuh dari beta-alanine, asam amino yang banyak ditemukan pada ikan dan daging seperti daging sapi .Untuk Memenuhi kebutuhan beta-alanine kita dapat mengonsumsi daging sapi agar dapat meningkatkan kadar carnosine dalam otot. Sebaliknya, diet vegetarian dapat menyebabkan kadar carnosine rendah.

Kadar carnosine tinggi dalam otot sering dikaitkan dengan meningkatkan kinerja otot selama latihan dan menurunnya risiko kelelahan.

3. Mencegah Anemia

Salah satu manfaat daging sapi yang paling banyak dipercaya masyarakat adalah mencegah anemia, hal ini memang benar adanya.

Anemia defisiensi besi termasuk salah satu jenis anemia yang  umum. Daging sapi tidak hanya menyediakan sumber zat besi bagi tubuh, tapi diketahui juga dapat membantu penyerapan zat besi yang berasal dari sumber nabati. Maka dari itu, makan daging dianggap efektif dalam mencegah anemia defisiensi besi.

4. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Daging sapi juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan risiko diabetes.

Sensitivitas insulin dapat ditingkatkan melalui kandugan asam linoleat terkonjungasi dalam daging sapi. Selain itu, daging sapi juga mengandung senyawa yang disebut L-carnitine. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan L-carnitine dapat membantu memperbaiki kadar glukosa puasa dan profil kolesterol keseluruhan pada pasien diabetes tipe 2.

5. Membantu Menjaga Berat Tubuh Ideal

Daging sapi dapat menjaga berat tubuh ideal melauli kandungan senyawa asam linoleat terkonjugasi dan juga L-carnitine. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi suplemen L-carnitine dapat memberikan penurunan berat tubuh yang lebih signifikan dari kelompok yang tidak mengonsumsi. Selain meningkatkan sensitivitas insulin kandungan asam linoleat terkonjugasi juga dapat membantu penurunan lemak.

Namun jika ingin menjaga berat tubuh, tentunya daging sapi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan dan harus diperhatikan juga pengolahannya.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Hasil dari penelitian tentang manfaat daging sapi untuk kesehatan jantung memang sangat beragam.

Beberapa menyebutkan bahwa daging sapi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Bagian dari daging sapi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung adalah kandungan lemak jenuhnya. Maka dari itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi daging sapi tanpa lemak yang lebih sehat.

Di sisi lain, daging sapi justru memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung seperti vitamin B kompleks dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

7. Sumber Vitamin B Kompleks

Daging adalah salah satu sumber vitamin B kompleks yang baik. Daging sapi memiliki kandungan vitamin B12 (dibutuhkan oleh sistem saraf), vitamin B3 ( dapat mendukung sistem pencernaan), dan vitamin B2 (baik untuk kesehatan kulit dan juga mata).

8. Sumber Antioksidan

Manfaat daging sapi sebagai sumber antioksidan juga tentunya tidak boleh ketinggalan.

Daging sapi memiliki kandungan glutathione, senyawa ini sering disebut sebagai ‘master antioksidan’. Berbagai penelitian telah menunjukkan manfaat glutathione sebagai antioksidan mulia dari mencegah penuaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis, hingga meningkatkan umur panjang.

Dengan Beberapa informasi diatas kita mengatahui bahwa bakso sangat begizi pada tubuh kita .Dengan mengetahui manfaat dan rasa yang lezat dari bakso, kita dapat menjadikan bakso sebagai peluang usaha.

Anda memang tidak dilarang untuk makan daging, karena mengandung beragam zat gizi penting seperti protein, vitamin B, zink, dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, Anda juga wajib berhati-hati dan membatasi porsi daging yang dikonsumsi agar tidak berlebihan. Karna terlalu banyak makan daging tetap bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Efek Samping Olahan Daging Sapi Banyak

Olahan Daging Sapi

Mengonsumsi daging secara berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan. Sebab, hal tersebut bisa memicu terjadinya kondisi-kondisi berikut ini:

1. Bau Mulut

Menurut dr. Karin, mengonsumsi daging terlalu banyak dapat menyebabkan bau mulut atau halitosis. Kondisi ini bisa terjadi karena daging mengandung banyak protein, yang nantinya akan diubah menjadi benda keton.

2. Sembelit atau Konstipasi

kebanyakan mengomsumsi daging juga dapat menyebabkan Sembelit atau konstipasi. Sebab, daging hampir tidak memiliki serat, sehingga saluran cerna Anda bisa saja “tersumbat”. Parahnya lagi, kehadiran daging di meja makan juga sering bikin orang lupa untuk mengonsumsi sayuran.

3. Gampang Haus

Mengomsumsi daging yang berlebihan akan menyebabkan penumpukan nitrogen yang merupakan hasil pemecahan protein di dalam darah. Tubuh akan berusaha mengeluarkan kelebihan nitrogen tersebut, salah satunya melalui urine.

4. Berat Badan Naik

Jika setelah Hari Raya Idul Adha atau Idul Fitri badan malah bertambah, hal ini tidak mengherankan. Apalagi jika Anda mengonsumsi terlalu banyak daging beberapa waktu belakangan.

5. Kolesterol Tinggi

Cara pengolahan daging yang tidak tepat, seperti digoreng atau menggunakan banyak santan dapat meningkatkan kadar kolesterol yang ada di dalamnya. Jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, yang akan terjadi kemudian adalah kolesterol tinggi.

6. Peradangan di dalam Tubuh

Penelitian menyebutkan bahwa lemak jenuh yang ada pada daging dapat meningkatkan peradangan di dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi daging terlalu banyak, bukan tidak mungkin laju peradangan akan sangat cepat sehingga fungsi organ-organ penting bisa mengalami gangguan.

Mulai dari keluhan yang ringan hingga yang serius dan mengancam nyawa, maka dari itu kita juga harus membatasi mengomsumsi daging. sebab, hal tersebut dapat memicu hal hal berikut seperti bau mulut, sembelit atau mengomsumsi, berat badan naik, kolestrol tinggi , dll.

Namun jika Anda sudah telanjur mengalami akibat dari kebanyakan makan dagingseperti yang dipaparkan di atas, sebaiknya segera konsumsi sayuran dan buah-buahan. Jika perlu, Anda bisa berhenti makan daging untuk sementara waktu hingga kondisi Anda membaik.

Apabila Anda sudah telanjur mengalami tanda dan gejala yang disebutkan di atas, jangan sungkan untuk segera berobat ke dokter.

Aneka Olahan Daging sapi

1. Cara Memasak Dendeng Daging Sapi

Bahan dan Bumbu Dendeng Sapi Kering:

  • 1 kg daging sapi
  • 8 siung bawang putih, kupas
  • 4 buah cabe merah, diulek kasar
  • 1/2  sdm asam jawa
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdm garam
  • 1/2 ons ketumbar
  • 300 gr gula merah
  • Air kaldu dari rebusan daging
  • 1 liter air untuk merebus daging

Cara Mengolah Daging Sapi Sebelum Diberikan Bumbu:

  1. Potong potonglah daging sapi yang sudah anda siapkan dengan bentuk sesuai dengan selera. Hanya saja, usahakan untuk memotong daging melawan arah serat daging agar ketika daging dimasak tidak mudah hancur, selain itu, daging yang dipotong dengan arah melawan serat akan membuat daging menjadi lebih mudah empuk.
  2. Setelah selesai memotong-motong daging, selanjutnya silahkan masukan potongan daging kedalam wadah atau mangkuk berukuran besar.
  3. Siapkan talenan atau berikan alas yang bersih dibagian bawah daging, kemudian ambil pemukul daging dan pipihkan daging dengan menggunakan pemukul hingga daging menjadi bentuk pipih.
  4. Setelah dipipihkan, masukkan kembali daging kedalam wadah atau mangkuk dan sisihkan sementara sebelum kita olah dan dibumbui dengan rempah.

Cara Membuat Dendeng Daging Sapi Kering:

  1. Siapkan panci, berikan air secukupnya dan masukkan potongan daging kedalam panci tersebut kemudian masukkan bawang putih dan rebus daging hingga teksturnya menjadi lebih empuk dan hampir matang serta kuah rebusan daging menjadi menyusut lebih sedikit.
  2. Kemudian, haluskan semua bumbu sampai bumbu benar-benar halus secara merata.
  3. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan tersebut kedalam wadah dan angkat daging dari rebusan kemudian lumuri smeua permukaan daging dengan bumbu halus ini. Pastikan jika semua bagian permukaan daging dibersihkan dengan baik.
  4. Setelah itu, diamkan terlebih dahulu daging selama kurang lebih 2-3 jam sampai bumbu yang dilumuri pada daging bisa meresap secara keseluruhan kedalam daging.
  5. Selesai didiamakan selama waktu yang telah ditentukan, sekarang jemur daging dibawah terik sinar matahari sampai dendeng daging menjadi benar-benar kering secara merata dan tidak ada kandungan air pada daging.
  6. Setelah daging mulai kering dari jemuran, kemudian siapkan minyak diatas wajan yang panas dan tunggu hingga minyak panas. Selanjutnya goreng dendeng sampai matang, jangan dulu membalikan dendeng, biarkan terlebih dahulu hingga kering dan baru balikan.

2. Resep Olahan Rawon Daging Sapi

Bahan Bahan:

  • 500 gram daging sandung lamur (brisket)
  • 3 liter air
  • 3 batang serai, geprek
  • 6 lembar daun jeruk
  • 1 ruas lengkuas, geprek

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 8 siung bawang merah
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 4 buah kluwek ukuran sedang, keruk isinya
  • 5 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • secukupnya Gula
  • 1 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sendok teh merica
  • 2 cm kunyit
  • 1 batang bawang perai dipotong-potong
  • secukupnya Garam

Bahan Pelengkap:

  • secukupnya bawang
  • goreng kerupuk udang
  • sambal terasi
  • secukupnya tauge pendek
  • telur asin

Cara Membuat Rawon Daging Sapi

  1.  Adapun bahan pertama yang perlu dipersiapkan adalah daging sandung lamurnya. Silahkan potong-potong daging dengan menggunakan sebuah pisau.
  2. Setelah selesai kemudian masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara. Jika daging sudah dipotong potong dengan merata maka lanjutkan dengan menghaluskan bumbu yang ada pada resep.
  3. Pakailah ulekan agar lebih mudahk anda menghaluskan sajian ini dengan merata.
  4. Letakkan dalam wadah lain kemudian sisihkan sementara dan anda akan siap untuk membuat bumbu dan memasak sajian rawon daging kali ini. Mari simak cara pembuatannya dibawah ini.

Cara Membuat Rawon Daging Sapi:

  1. Siapkan sebuah panci diatas kompor dan nyalakan api yang sedang.  Tuangkan air kedalamnya dan masukkan potongan potongan daging yang sudah anda siapkan sebelumnya.
  2. Rebuslah daging dalam air hingga mendidih dan tekstur daging menjadi lebih empuk dengan merata. Bila sudah mendidih maka silahkan kecilkan api dan matikan.Lalu saring ail kaldu dari rebusan daging dengan merata.
  3. Baru setelah itu, masukkan kembali potongan daging kedalamnya dan tuangkan bumbu seperti serai bersama dengan lengkuas dan juga daun jeruk. Aduk dengan merata dan rebus sampai mendidih dan tercium bau harum.
  4. Sambil menunggu anda akan dapat menyiapkan sebuah wajan kemudian masukkan minyak kedalamnya dan nyalakan api yang sedang. Tunggu sampai minyak dalam wajan menjadi lebih panas dengan merata.
  5. Setelah itu, masukkan bumbu halus kedalamnya dan aduk-aduk sajian bumbu ini sampai tercium bau harum yang enak dan sedap. Jika bumbu sudah matang merata silahkan masukkan tumisan bumbu ini kedalam rebusan daging yang anda masak.
  6. Masak sajian ini sampai daging menjadi lebih empuk dan merata.Apabila airnya sudah menyusut pada saat daging belum empuk maka anda bisa menambahkan lebih banyak air kedalamnya hingga daging benar-benar lunak dengan merata.
  7. Ketika sudah empuk dan matang, sebelum diangkat silahkan masukkan irisan daun bawang kedalamnya. Lalu aduk dengan merata.

3. Resep Soto Daging Sapi Solo

Bahan Bahan:

  • 500 gram daging sapi
  • 2 liter air bersih
  • 5 lembar daun salam
  • 10 lembar daun jeruk
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 3 batang serai
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
  • 4 siung bawang putih
  • 8 bawang merah
  • 2 sendok teh ketumbar butiran
  • ½ sendok teh merica butiran
  • 3 sendok teh garam
  • Bawang goreng secukupnya (untuk pelengkap)
  • 1 batang daun seledri (untuk pelengkap)
  • Segenggam taoge (untuk pelengkap)
  • Kecap manis secukupnya (untuk pelengkap)

Cara Membuat Soto Daging Sapi Solo:

  1. Rebus daging ke dalam panci sampai benar-benar empuk. Kemudian angkat dan potong seukuran dadu. Setelah itu, masukkan kembali ke dalam panci tadi.
  2. Gorenglah bumbu menggunakan minyak goreng panas dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan  (bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, garam). Jangan lupa juga masukkan daun jeruk, daun salam, jahe, lengkuas, dan serai.
  3. Masak bumbu dengan cara ditumis. Kemudian masukkan ke dalam kaldu daging sapi sesuai resep. Aduk-aduk sampai soto matang.
  4. Setelah masak, jangan lupa hidangkan menggunakan taoge, potongan seledri, dan kecap. Dijamin mantap.

4. Resep Sup Daging Sapi Kacang Merah

Bahan Bahan:

  • 1 liter air
  • 300 g daging lemusir sapi, potong-potong
  • 1 sdm mentega
  • 100 g bawang bombay, iris kasar
  • 1 sdm kaldu ayam bubuk/blok
  • ½ cm biji pala, memarkan
  • ½ sdt merica bubuk
  • 2 sdt garam
  • 1 kaleng kacang merah, tiriskan
  • 100 g wortel, kupas, potong-potong
  • 1 batang daun bawang, iris kasar

Cara Membuat Sup Daging Sapi Kacang Merah

  1. Rebuslah daging sapi sampai mendidih dan sampai lunak
  2. Tumis bawang bombay hingga layu. Angkat.
  3. Masukkan ke dalam rebusan daging.
  4. Tambahkan kaldu ayam, biji pala, merica dan garam.
  5. Didihkan kembali dengan api kecil.
  6. Masukkan wortel dan kacang merah.
  7. Rebus hingga wortel lunak.
  8. Masukkan daun bawang.
  9. Angkat dan sajikan hangat.

Itulah ulasan tentang berbagai macam makanan yang bisa anda coba di rumah, selamat mencoba!!

× Whatsapp Kami!