(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Resep Bakso Ayam Kenyal Tanpa Bahan Pengenyal – Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep bakso ayam kenyal, lezat, dan gurih. Namun bakso ayam kali ini berbeda sama bakso biasanay loh,

Bakso itu termasuk makanan paling enak yang ada di dunia. Apalagi kalau makan bakso panas-panas pas lagi musim hujan, kelar cerita!

Biasanya sih kalau makan bakso, pasti mienya dulu yang dimakan. Setelah itu icip-icip kuahnya sampai tinggal setengah, kemudian baru deh di habisin daging baksonya. Bakso memang makanan rakyat Indonesia deh. Gimana nggak, harganya yang murah, enak, dan gampang di dapat di mana-mana.

Bakso sebenarnya berasal dari China, lho. Tepatnya di Fuzhou, pada akhir Dinasti Ming, atau sekitar awal abad ke-17. Pada saat itu, ada seorang pria bernama Meng Bo.

Meng Bo ini anak yang penurut banget. Dia sangat sayang sama ibunya. Ibu Meng Bo ini sudah tua dan sakit-sakitan. Makanya nggak bisa makan makanan yang keras-keras lgi. Padahal sih, ibu Meng Bo doyan banget makan daging.

Meng Bo yang sedih lalu memikirkan berbagai macam cara supaya ibunya bisa makan daging kembali. Dia memikirkannya bahkan sampai semalaman lho.

Sampai akhirnya, dia nggak sengaja melihat tetangganya sedang menumbuk beras ketan untuk dibuat Kue Mochi. Nah, Meng Bo lalu punya akal untuk menumbuk daging seperti menumpuk beras ketan. Daging yang sudah empuk lalu dibentuk bulatan-bulatan dan kemudian direbus.

Ibu Meng Bo senang sekali. Nggak cuma bisa makan makanan yang lezat, tapi dagingnya juga empuk banget untuk dimakan. Nah, kisah berbaktinya Meng Bo inilah yang kemudian menyebar ke seluruh kota Fuzhou. Banyak orang yang kemudian datang menemui Meng Bo untuk belajar membuat bakso.

Kenapa dinamakan bakso? Karena bakso berasal dari kata bak dan so. Bak artinya babi sedangkan so berarti sup. Kalau digabung bakso artinya sup yang berisi daging babi. Yap, bakso sebenarnya terbuat dari daging babi, tapi karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, lalu daging babi kemudian diganti menjadi bakso daging sapi.

Udah paham kan tentang sejarah bakso? Buruan gih sana cari tukang bakso, sluurrrpp!

Bakso dari daging ayam kali ini benar-benar sedap..!, bahkan sampai tidak terasa ayamnya sama sekali apalagi teksturnya yang kenyal, bersih dan elastis, ini seperti yang saya harapkan.

Caranya hanya berada pada proses pembuatannya, seperti saat kalian membuat bakso ikan ataupun sapi, kita hanya banting adonan sampai kalis dan bersih, yang kemudian di rebus dengan teknik yang berbeda dengan merebus bakso pada umumnya.

Ternyata cara ini yang membuat bakso menjadi kenyal elastis tanpa harus menggunakan obat tambahan bakso sama sekali. Karena  cara  ini membuat bakso ayam memiliki cita rasa lezat dengan tekstur bakso yang kenyal, elastis dan padat, Resep bakso ayam dengan cita rasa enak dan tekstur bakso harus kenyal, elastis dan padat.

Jika kalian sudah penasaran Berikut ini bahan dan resepnya yang harus anda siapkan :

Resep Bakso Ayam Kenyal :

resep bakso ayam kenyal

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bakso : 

  • 500 gram daging ayam, kalau saya menggunakan bagian dada ayam
  • 125 ml air es
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • Gula pasir 1/2 sendok makan
  • 1 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin
  • 1/2 sendok makan minyak goreng
  • Baking powder 1 1/4 sendok teh
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Bahan Lainnya :

  •  Air es untuk merendam bakso

Bahan-Bahan Untuk Membuat Kuah :

  • 2 liter air kaldu dari air rebusan bakso plus tulang-tulang ayam
  • 2 sendok teh kaldu bubuk
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sendok makan kecap ikan
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok teh garam
  • 2 batang daun bawang
  • Bawang merah goreng sebagai taburan
  • Minyak untuk menumis

Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal :

  1. Pertama siapkan daging ayam, anda bisa menggunakan bagian daging ayam di dada atau paha, saya memilih untuk menggunakan bagian dada karena mudah memisahkan tulang dan dagingnya. Potong-potong kecil dan masukkan ke food processor. silahkan giling daging sampai halus.
  2. Apabila daging sudah halus, silahkan tambahkan 5 sendok air es ke dalam gilingan daging. Tambahkan air es sesendok demi sesendok. Terus proses hingga cincangan daging sampai membentuk gumpalan. Matikan food processor. Tuangkan daging ke dalam mangkuk besar.
  3. Jika anda melakukan cara manual, maka gunakan daging ayam cincang. Tambahkan air es sesendok demi sesendok sambil daging di aduk dengan spatula sampai serat-serat daging terlepas dan terpisah.
  4. Siapkan mangkuk kecil, masukkan sisa air es, kecap ikan, garam, gula, kaldu bubuk, baking powder, baking soda, merica, minyak goreng dan tepung maizena ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata.
  5. Tuangkan larutan tepung ke permukaan adonan daging, aduk perlahan dan biarkan cairan terserap. Kemudian aduk sampai benar-benar tercampur merata.
  6. Siapkan mangkuk berisi air es. Basahi tangan anda, ambil adonan kemudian bantingkan ke mangkuk, lakukan hal ini sekitar 10 kali atau hingga gumpalan adonan terlihat smooth, shiny dan elastis. Ketika disentuh terasa kenyal. Jika tangan anda lengket saat membanting adonan maka segera celupkan ke dalam air es. Fungsi banting-membanting ini adalah untuk memastikan serat daging terlepas dan tidak saling menggumpal serta untuk membuat adonan menjadi kompak.
  7. Tutup permukaan mangkuk dengan plastik, masukkan adonan ke dalam freezer selama 30 menit. Freezer ya bukan chiller (rak bawah).
  8. Jika telah 30 menit, maka siapkan panci, isi air dan rebus hingga mendidih. Matikan kompor.

Langkah Selanjutnya Adalah :

  1. Keluarkan adonan dari freezer, ambil 1 sendok makan adonan dan dengan bantuan sendok lainnya bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan diameter 1 1/2 cm. Masukkan adonan yang telah berbentuk bulat ke air panas. Lakukan hingga semua adonan habis.
  2. Adonan yang masuk ke air panas akan mengapung sendiri. Ketika panci telah terlihat penuh oleh adonan, hidupkan kembali kompor dan rebus menggunakan api kecil. Jaga jangan sampai air mendidih hingga bergolak, air hanya dididihkan hingga mengeluarkan letupan-letupan kecil saja bukan  benar-benar mendidih. Masak hingga semua bakso mengapung, aduk bakso dengan sendok pengaduk dan masak hingga matang.
  3. Test kematangan dengan mengambil sebutir bakso dan belah, jika bagian tengahnya masih berwarna pink rebus kembali hingga matang.
  4. Siapkan mangkuk berisi air dan es batu, tiriskan bakso dengan saringan kawat, sisihkan airnya untuk kuah. Masukkan bakso ke dalam air berisi es dan rendam hingga dingin. Bakso siap untuk diolah sesuai keperluan atau masukkan ke dalam wadah rapat dan bekukan di freezer.

Cara Membuat Kuah Bakso :

  1. Siapkan wajan, beri 1 sendok makan minyak. Masukkan bawang putih dan tumis hingga harum dan matang. Angkat.
  2. Siapkan panci berisi air rebusan bakso, tambahkan tulang belulang ayam (jika ada). Tambahkan tumisan bawang putih, kecap ikan, merica bubuk dan kaldu bubuk. Rebus hingga mendidih, masukkan bakso dan daun bawang. Masak hingga matang. Cicipi rasanya. Angkat.
  3. Siapkan mangkuk, tuangkan bakso dan taburi dengan bawang goreng jika suka. Santap dengan saus sambal dan cabai rawit

Resep Bakso Ayam kenyal Lainnya :

resep bakso ayam kenyal

Bahan-Bahan Untuk Bakso :

  1. 500 gram daging ayam giling.
  2. 5 buah es batu kecil-kecil (ice cube).
  3. 2 sendok makan kecap asin.
  4. 2 sendok teh garam.
  5. 5 sendok makan bumbu dasar putih – campuran bawang putih & bawang merah di haluskan (resep bisa di baca di Masak Praktis dan Cepat dengan Bumbu Inti).
  6. 1 butir telur.
  7. 2 sendok makan tepung tapioka.
  8. Baking soda 1 sendok teh
  9. 1 sendok teh gula pasir.
  10. Minyak sayur 1/2 sendok teh
  11. 1 sendok teh merica bubuk.
Untuk komposisi bumbu (bawang, gula, garam, kecap asin, dan merica) bisa di sesuaikan dengan selera kalian. Kalau di rasa kurang asin bisa di tambah lagi kecap asinnya.
Pakai kecap asin ini karena kalau sudah berbentuk adonan lebih mudah tercampur di banding dengan garam, jika sudah semua selanjutnya kita buat baksonya.

Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal :

  1. Pertama haluskan daging ayam dan es batu plus sedikit air es dengan bagian blender yang di gunakan untuk menghaluskan bumbu sampai dagingnya benar-benar halus. Kalau masih berserat baksonya jadi kurang mulus dan tidak kenyal.
  2. Siapkan sebuah mangkuk, campur kecap ikan, garam, bumbu inti putih (bawang putih dan bawang merah yang di haluskan), merica, telur, tepung tapioka, baking soda, gula, dan minyak sayur, aduk rata.
  3. Masukkan daging ayam yang sudah di haluskan, dan di aduk sampai rata.
  4. Kemudian tutup mangkuk berisi adonan daging dengan plastik wrap, silahkan simpan dalam freezer selama 30 menit.
  5. Rebus panci berisi air sampai mendidih lalu matikan kompor, dan angkat panci.
  6. Di samping panci siapkan mangkuk kecil berisi air es. Sebelum mencetak bakso kita perlu membasahi tangan dengan air es supaya adonan tidak lengket di tangan, permukaan bakso halus dan tidak pecah saat di rebus.
  7. Ambil adonan yang sudah di dinginkan, letakkan di dekat panci berisi air panas.
  8. Basahkan tangan dengan air es (supaya tidak lengket di tanggan), cetak bakso dengan tangan dengan bantuan sendok yang sudah di celupkan ke air es.
  9. Masukkan adonan yang sudah di bentuk bulat-bulat ke panci berisi air panas. Lakukan sampai adonan habis.
  10. Diamkan bakso selama 5 menit di air panas.
  11. Hidupkan kompor, gunakan api kecil dan jaga jangan sampai air mendidih dan meletup. Bakso akan direbus perlahan dengan api kecil.
  12. Jika bakso mulai mengapung di permukaan air, biarkan selama beberapa menit supaya bakso benar-benar matang, cek dengan mengambil satu bakso dan memastikan apakah baksonya sudah matang.
  13. Siapkan mangkuk berisi air es, masukkan bakso yang telah matang ke dalam mangkuk dan biarkan hingga dingin. Jika bakso sudah benar-benar dingin, bisa di simpan di freezer untuk stok makanan.

Resep Bakso Sapi Kenyal

resep bakso ayam kenyal

Bahan-bahan pembuatan bakso sapi kenyal

  • Daging sapi seberat 750 gram
  • 6 butir telur, ambil putihan-nya saja
  • Bawang putih (yang sudah di giling) sebanyak 1 sendok teh
  • Sagu tani seberat 150 gram
  • Es batu (kecil-kecil) secukupnya
  • Garam sebanyak 1-2 sendok teh
  • Baking powder sebanyak ½ sendok teh
  • 1 sendok teh penyedap rasa
  • Gula pasir sebanyak ½ sendok teh
  • ½ sendok teh merica

Alat-alat untuk membuat bakso sapi kenyal

  • Blender / mesin penggiling daging
  • Sendok
  • Wadah
  • Panci

Cara membuat bakso sapi kenyal

  1. Pertama-tama, silahkan hancurkan daging sapi menggunakan blender atau mesin penggiling daging sampai halus.
  2. Masukkan semua bahan seperti putih telur, bawang putih, sagu tani, es batu, dan gilingan daging ke dalam wadah kemudian aduklah sampai rata.
  3. Masukkan bumbu halus berupa garam, baking powder, penyedap rasa, gula pasir, dan merica ke dalam wadah tadi kemudian aduk kembali sampai tercampur merata.
  4. Bentuklah adonan menjadi bulat-bulat dengan sendok. Jika kesulitan anda dapat menggunakan mesin khusus pencetak bakso.
  5. Masaklah air dalam panci lalu masukkan bulatan-bulatan bakso di dalamnya. Tunggu sampai bakso mengapung kemudian angkat dan tiriskan.

Itu tadi cara membuat bakso sapi yang kenyal dan sangat lezat gurih. Namun rasanya belum pas jika bakso tidak di nikmati dengan kuahnya. Untuk membuat kuah bakso, ikuti cara berikut ini ya:

 Bahan-Bahan Membuat Kuah Bakso Sapi Kenyal

  • Garam
  • Gula
  • Lada putih
  • Kaldu bubuk
  • Bawang putih giling
  • Bihun
  • Mie kuning
  • Tauge
  • Seledri
  • Daun bawang
  • Bawang goreng

Cara membuat kuah bakso sapi

  1. Bahan-bahan seperti garam, gula, lada putih, kaldu bubuk, dan bawang putih giling dimasak hingga harum kemudian masukkanlah ke dalam air bekas pembuatan bakso.
  2. Jika sudah dirasa lezat, angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk kemudian tatalah bakso beserta bihun, mie, tauge, selederi, bawang goreng, dan daun bawang ke dalamnya.

Mudah sekali kan cara membuat bakso sapi kenyal beserta kuahnya? Nah, bakso ternyata tidak hanya ada di Indonesia, lho! Di Eropa, ternyata bakso juga ada namun dengan bentuk yang berbeda.

Di Eropa Utara misalnya, bakso di sebut dengan chiftele. Chiftele ini terbuat dari campuran bakso dan kentang yang di goreng lalu di bumbui jintan. Beralih ke Belanda, bakso di kenal dengan nama bitterballen. Cara pembuatannya hampir sama dengan bakso goreng namun sausnya terbuat dari abon.

Kalau di Polandia, lebih unik lagi. Bakso di namai pulpety. Pembuatannya di masak lalu di campur dengan bumbu sayuran dan penyajiannya dengan jamur serta krim asam.

Begitulah kira-kira cara membuat bakso sapi kenyal dan informasi mengenai bakso di Eropa. Nah, bagi anda yang ingin membuat bakso daging lainnya, anda bisa membaca artikel saya yang lainnya di mesinbakso.id