(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

resep bakso goreng ikan– Bakso adalah makanan yang sangat mudah kita jumpai di sepanjang jalan dan pastinya semua tahu tentang makanan yang satu ini. Tidak hanya kalangan tingkat atas yang bisa membelinya,tapi tingkat bawah atau sedangpun bisa membelinya dengan harga relatif murah dan terjangkau. Pengertian bakso secara umum adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia.

Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri.

apabila anda tidak mau keluar rumah anda bisa membuatnya dengan mudah dan cepat yang pastinya enak. Tapi sebelum resepnya saya tulis, kita bahas dulu ya! mengenai perkembangan/sejarah bakso.

Sejarah Bakso di Indonesia

resep bakso goreng ikan

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari istilah ‘bakso’ berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti ‘daging giling’. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal (seperti ;daging sapi, ikan, atau ayam). Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang terkenal sebagai pusat Bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang.

Bakso Malang dan bakso Solo adalah masakan bakso dan disajikan dengan khas Jawa. Bakso berasal dari China tetapi berbeda dengan bakso Malang dan Solo. Bakso China biasanya terbuat dari babi atau makanan laut dan warnya agak kecokelatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu abu dan bentuknya bulat sekali. Bakso China biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah.

Resep Bakso Goreng Ikan

resep bakso goreng ikan

Bahan-Bahan:

  1. 1) 250 gr ikan tenggiri (boleh diganti dengan jenis ikan lain)
  2. 2) 50 gr tepung terigu
  3. 3) 1 siung bawang merah, haluskan
  4. 4) 2 siung bawang putih, haluskan
  5. 5) 1 buah wortel parut (sesuai selera)
  6. 6)  Garam dan penyedap rasa secukupnya
  7. 7)  Air secukupnya

Langkah-Langkah dalam membuat resep bakso goreng ikan:

  • Fillet daging ikan tenggiri, haluskan dengan sendok.
  • Masukkan bawang merah & bawang putih halus, garam & penyedap, wortel yang sudah di parut. Aduk hingga rata
  • Siapkan tepung terigu tambahkan sedikit air. Aduk hingga tepung dan air menyatu sempurna.
  • Bentuk adonan ikan berbentuk bulat kemudian lumuri dalam adonan tepung
  • Goreng dengan api kecil agar bakso tidak gosong.
  • Kemudian bisa Anda tambahkan saus atau cuka
  • Hidangkan sesuai selera Anda

Anda bisa membuatnya dengan menggunakan pedoman “Resep Bakso Goreng Ikan” diatas tinggal mengganti daging ikan tenggirinya. Selamat mencoba…

Cara Memilih Ikan Yang Masih Segar:

  1. Kondisi insang

insang ikan yang masih segar mempunyai warna merah.Ikan yang segar akan memiliki tekstur yang sedikit kenyal.Berarti ikan tersebut layak untuk dipilih sebagai bahan dasar pemuatan bakso.

2.  Kondisi kulit

ikan yang masih segar memiliki kulit yang mengkilap dan tidak pucat, dagingnya juga akan terasa elastis serta tidak berubah bentuk saat kita menyentuhnya.

3.  Mencium bau ikan

apabila ingin membeli ikan perhatikan bau ikannya, ikan yang kondisinya masih segar akan tercium bau amis itupun sebalikanya apabila ikan tidak segar tidak memiliki aroma amis dan terasa asam

4.  Kondisi mata ikan

ikan yang masih segar matanya akan terlihat terang,tidak pucat dan terlihat mengkilap.Jangan membeli ikan yang mataya sudah pucat atau buram karena ikan tersebut sudah tidak segar lagi.

Varian Rasa Olahan Bakso

ada beberapa olahan bakso yang mungkin menjadikan anda tertarik ingin membuatnya sendiri dengan mudah dan tentunya cepat,yaitu:

1.Bakso Urat

Bakso yang digiling bersamaan dengan irisan urat dan daging tetelan kasar.

2.Bakso Telur

Seperti namanya, bakso ini berukuran besar dan didalamnya terdapat telur ayam utuh yang telah direbus.

3.Bakso Gepeng

Variasi bakso dalam bentuk alias tidak berbentuk bulat atau pipih.

4.Bakso Malang

Bakso dengan isi yang lebih lengkap dari bakso lainnya berisi mi kuning, tahu, siomay, sawi, tauge, dan pangsit goreng.

5.Bakso Karimunjawa

Atau biasa disebut bakso ikan ekor kuning.

6.Bakso Solo dan Bakso Wonogiri

Hidangan bakso lain yang mewakili daerahnya, meskipun isiannya tidak selengkap bakso malang, tetapi yang menjadi ciri khasnya ialah kuah bakso yang dengan kaldu yang kuat dan irisan daging pada kuahnya.

7.Bakso Keju

Variasi unik lainnya yang didalamnya terdapat potongan keju.

8.Bakso Bakar

Bakso yang diolesi bumbu khusus dan kemudian dibakar dan disajikan dengan ketupat dan kuah kaldu. Atau juga bisa langsung dimakan tanpa kaldu.

9.Bakso Kerikil

Yang membedakan hanyalah ukuran bakso yang mungil namun citarasa layaknya bakso pada umumnya.

10.Bakso Tahu Goreng atau disingkat Batagor

Olahan daging sapi namun tidak dibentuk bulatan dan diisikan kedalam tahu. Kemudian disajikan bersama saus kacang yang pedas.

11.Bakso Beranak

Bakso unik dan kekiknian. Bakso dengan ukuran jumbo dan didalamnya Anda akan menjumpai bakso dengan ukuran yang lebih kecil dalam jumlah yang banyak

12.Bakso Setan

Bakso yang didalamnya terdapat irisan cabe rawit atau sambal. Bahan dasar yang digunakan sama dengan bakso pada umumnya

13.Bakso Tomat

Seperti namanya, bakso ini menggunkan tomat sebagai “wadah” bagi bakso.

14.Bakso Degan

Terlihat mustahil namun ini merupakan variasi kreatif seorang pengusaha yang menggabungkan kelapa muda dengan bakso.Yang terlihat unik, kuah bakso adalah air kelapa muda serta daging kelapa muda sebagai pengganti bihun. Namun, bakso yang digunakan menggunkan daging ikan

Peluang Bisnis Bakso Ikan

Ikan yang sering Anda ketahui pastinya hanya dapat diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Perlu Anda ketahui jika sebenarnya daging ikan bisa diolah untuk dijadikan bakso. Bakso tersebut dikenal dengan nama bakso ikan. Bakso ikan memang masih baru dan belum banyak dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat. Jika Anda kesulitan untuk menjalankan bisnis bakso daging sapi dengan modal yang sangat besar maka Anda bisa mencoba untuk menjalankan bisnis bakso ikan.

Perbandingan modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis bakso daging sapi dengan bisnis bakso daging ikan sangat jauh sekali. Jika harga daging sapi untuk setiap 1 kg-nya yang mencapai Rp. 100.000 berbeda dengan harga 1 kg ikan yang tidak mencapai Rp. 50.000. melihat perbedaan harga bahan baku yang berbeda jauh maka Anda bisa mencoba menjalankan peluang bisnis bakso ikan.

Menjalankan bisnis bakso ikan bisa Anda jalankan seperti bakso-bakso pada umumnya dengan membuka warung dengan menyajikan menu bakso. Jika sajian bakso ikan yang Anda buat memiliki cita rasa yang enak maka akan mudah disukai oleh berbagai kalangan masyarakat secara luas. Menjalankan bisnis makanan memang tidak mudah karena Anda harus menjaga kualitas dan cita rasa olahan makanan yang disajikan untuk konsumen atau pelanggan.

Kandungan Resep Bakso Goreng Ikan

Vitamin dan Mineral

Bakso ikan memberikan beberapa gizi yang bermanfaat, Ikan memiliki kaya akan vitamin dan mineral. Tubuh Anda membutuhkan vitamin dan mineral untuk melaksanakan fungsi metabolisme penting untuk kesehatan yang optimal.

Protein

Seperti halnya hidangan yang terbuat dari seafood, bakso Ikan kaya akan protein. Protein sangat penting bagi kesehatan Anda karena memberikan tubuh Anda dengan asam amino, yang membangun jaringan sel-sel molekul.

Kalori

Bakso ikan  rendah akan kalori, bakso ikan bisa jadi pilihan makanan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan/diet.

Karbohidrat

Karbohidrat di kandungan bakso ikan relatif rendah

Lemak

Bakso ikan lebih rendah lemak dibandingkan dengan bakso daging sapi. Setiap porsi 100 gr Baso ikan hanya mengandung 1 gr lemak, tanpa lemak jenuh. dengan kandungan lemak padat kalori yang  penting untuk menyediakan energi, membantu  penyerapan vitamin dan memastikan pertumbuhan yang sehat, sehingga sangat merekomendasikan makan diet yang terdiri dari 20 % sampai 35 % kalori dari lemak.

Resep Bakso Goreng Ikan dari Segi Kesehatan

Selain bakso goreng ikan memiliki sejarah yang begitu unik dan menarik, tentu dari segi kesehatan juga memiliki kandungan gizi.  Di dalamnya terdapat 190 kilokalori, protein 10,3 gram, karbohidrat 23,1 gram, lemak 6,3 gram, kalsium 35 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 6,75 miligram.  Selain itu di dalam Bakso juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 4 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 250 gram Bakso, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100%.

Alat dan Bahan dalam resep Bakso Goreng Ikan

Bahan yang digunakan dalam resep bakso goreng ikan:

  • 1) 250 gr ikan tenggiri (boleh diganti dengan jenis ikan lain)
  • 2) 50 gr tepung terigu
  • 3) 1 siung bawang merah, haluskan
  • 4) 2 siung bawang putih, haluskan
  • 5) 1 buah wortel parut (sesuai selera)
  • 6)  Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • 7)  Air secukupnya

Alat yang digunakan dalam resep bakso goreng ikan:

  1. untuk memisahkan duri/tulang ikan dengan daging ikannya Anda tidak perlu repot memisahkan secara manual dan dengan waktu berjam-jam.Kini sudah ada Mesin Pemisah Daging dan Tulang Ikan ( Duri Ikan )

Cara Kerja Mesin Pemisah Daging Dan Tulang Ikan

Mesin pemisah daging dan tulang ikan ini sebenarnya cara kerjanya sederhana. Berikut kami sampaikan cara kerjanya

  1. Belah dua ikan yang akan dipisahkan tulang ikannya
  2. nyalakan mesin pemisah daging dan tulang ikannya
  3. posisikan secara mendatar ikannya pada lubang input mesin
  4. ketika ikan dimasukkan ke dalam roll, maka ikan tertekan oleh roll penekan berlubang, dagingnya akan masuk ke dalam roll, sementara durinya akan melewati celah 2 roll penekan tersebut.
  5. Daging ikan yang terpisah selanjutnya akan keluar melalui lubang pengeluaran daging dan tulang ikan atau duri akan jatuh ke tempat lainnya.

Cara Kerja Mesin Giling Daging

  1. Siapkan daging ikan
  2. Bersihkan gilingan daging dengan air bersih sebelum menggunakan proses gilingan
  3. Setelah siap, nyalakan mesin. Mesin penggerak disediakan menggunakan motor bensin, juga bisa mengggunakan motor listrik. Dan daya listrik pun cukup ringan, sekitar 450 watt.
  4. Atur dan stell bagian pengatur pemasukkan bahan ke gilingan, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit
  5. Kemudian masukkan bumbu daging ke dalam gilingan. Pakai kayu untuk menekan daging agar masuk semua ke dalam gilingan.
  6.  Biarkan daging tergiling sempurna dan keluar dari lubang pengeluaran.
  7. Matikan mesin setelah proses gilingan selesai

3. Deep Fryer Penggorengan Gas FRY –  G 72 S

4. Mesin Pencetak Bakso MBM – S 300

mesin diatas adalah alat yang paling dibutuhkan dalam resep bakso goreng ikan.

Definisi Bakso Ikan

Dalam Standar Nasional Indonesia (1995) bakso ikan dapat didefinisikan sebagai produk makanan berbentuk bulatan atau lain, yang diperoleh dari campuran daging ikan (kadar daging atau ikan tidak kurang dari 50%) dan pati atau serealia dengan atau tanpa penambahan bahan tambahan makanan yang diijinkan (SNI, 1995).

Bakso merupakan produk olahan daging, dimana daging tersebut telah dihaluskan terlebih dahulu dan dicampur dengan bumbu-bumbu, tepung dan kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil lalu direbus dalam air panas. Produk olahan daging seperti bakso telah banyak dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat.

Secara teknis pengolahan bakso cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Bila ditinjau dari upaya kecukupan gizi masyarakat, bakso dapat dijadikan sebagai sarana yang tepat, karena produk ini bernilai gizi tinggi dan disukai oleh semua
lapisan masyarakat (Widyaningsih, 2006).

Standar Mutu Resep Bakso Goreng Ikan

Kriteria bakso Ikan yang baik dapat dilihat dari syarat mutu bakso yang terdapat didalam SNI 01-7266.1-2006 adalah:
• Bentuk : bulat halus, berukuran seragam, bersih dan cemerlang, tidak kusam.
Warna : putih merata tanpa warna asing lain. apabila digoreng memiliki warna coklat keemasan yang rata.
Rasa    : lezat, enak, rasa ikan dominan sesuai jenis ikan yang digunakan.                                                                         • Aroma : bau khas ikan segar rebus sesuai jenis ikan yang digunakan dan bau bumbu cukup tajam.
Tekstur : kompak, elastis, tidak liat atau membal, tidak ada serat daging, tanpa duri atau tulang, tidak lembek, tidak  basah berair, dan tidak rapuh.

Mutu suatu produk merupakan salah satu faktor utama yang membedakan tingkat penerimaan produk tersebut oleh konsumen. Persyaratan mutu dan keamanan pangan bakso ikan berdasarkan SNI 01-7266.1-2006

10 Manfaat Mengonsumsi Resep Bakso Goreng Ikan untuk Kesehatan Tubuh:

  • Pengaturan Suhu Tubuh

Bakso salah satu makanan yang bisa mengatur suhu tubuh dengan demkian kondisi tubuh akan tetap setabil.Selain itu, bisa membantu untuk meningkatkan fungsi dari otot. (oksigen yang disuplai dengan zat besi tersebut  dapat disampaikan dengan baik dan maksimal)

  • Membawa oksigen keseluruh tubuh

Karena Bakso mengandung zat besi (berfungsi untuk membantu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh) didistribusikan dengan maksimal sehingga semua organ tubuh dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

  • Membantu Sistem Saraf

Kandungan Bakso memiliki peranan utuk membentuk beberapa serotonin serta neurotransmitter esensial. (Kedua kandungan ini berperan untuk mengolah dan juga mengirim sinyal saraf sehingga nantinya fungsi dari otak dan juga saraf akan bekerja secara maksimal)

  • Membantu pembentukan hemoglobin

Bakso bisa membantu anda untuk pembentukan hemoglobin, karena kandungan yang terdapat pada bakso memilki zat besi yang mampu memberikan warna merah tua yang terdapat pada sel darah merah. Sehingga nantinya produksi hemoglobin akan meningkat dan kebutuhan tubuh akan hemoglobin tersebut akan terpenuhi dengan baik.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh / Imun.

Kandungan yang ada di dalam bakso memiliki senyawa yang akan membantu untuk mencegah resiko terkena berbagai macam penyakit. Selain itu, makanan ini juga sebagi komponen yang penting di dalam penyusunan enzim dan juga bahan-bahan lainya yang ada di dalam tubuh seperti myoglobin serta katalase.

  • Mencegah dan menyembuhkan anemia / kekurangan darah

Apabila anda memiliki penyakit anemia segeralah makan-makanan yang kaya akan zat besi ,salah satunya bakso. Maka dari itu, ketika seseorang terserang anemia, banyak yang merekomendasikan mengonsumsi bakso yang penuh akan zat besi.

  • Membantu pembentukan fungsi otak

 Otak membutuhkan kandungan senyawa yang ada di dalam bakso, karena dengan makanan ini sangat baik untuk pertumbuhanya. Suplay oksigen oleh senyawa yang terdapat pada bakso juga membantu agar fungsi otak berjalan dengan normal.

  • Membantu pembentukan enzim

Kandungan di dalam bakso memiliki berbagai macam jenis enzim yang penting seperti katalase, myoglobin serta cytochrome di bentuk dengan bantuan kandungan yang ada di dalam makanan ini.

  • Membantu metabolisme tubuh

Setiap makanan yang di konsumsi oleh tubuh membutuhkan metabolisme yang sehat, karena pembentukan enzim  senyawa zat yang ada di dalam bakso sangat berperan penting dalam memenuhi hal tersebut.

  • Membantu untuk diet

Banyak orang yang sedang program diet menghindari makan bakso. karena banyak orang yang mengatakan bahwa memakan bakso bisa membuat berat badan bertambah. Ternyata hal ini merupakan anggapan yang salah, ternyata makan bakso malah sangat baik di konsumsi selama diet. Terjadi karena makanan bakso bisa membuat seseorang kenyang lebih lama.

Apabila ingin membuat bakso goreng ikan, pastikan Anda membeli ikan yang masih segar dan layak unuk dikonsumsi karena sebagai bahan dasar yang tentunya akan menentukan rasa dan bau yang sedap.Semoga dengan ‘resep bakso goreng ikan’ yang sudah saya berikan dapat bermanfaat bagi Anda selamat mencoba..