(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Resep Bakso Ikan Tongkol – Bakso adalah makanan yang sangat banyak penikmatnya, daging berbentuk bulat ini dipadukan dengan kuah yang segar selalu memanjakan lidah. Bagi pecinta kuliner, bakso selalu menjadi buruan mereka. Di Indonesia banyak dijumpai bermacam bakso. Ada bakso sapi, ayam, ikan dan berbagai macam lainya, selai itu juga bentuk dari bakso sendiri sekarang sudah bervariasi.

Bahkan bakso kini berbeda-beda. Berbeda mulai dari bahan utamanya, pelengkapnya, cara penyajiannya, bentuknya, dan banyak perbedaan lainya yang menjadi ciri khas tersendiri. Orang-orang sudah kreatif dalam mengolah makanan berbentuk bulat ini.

Dengan populernya masakan bakso ini, para pembisnis bakso mulai mencari akal untuk menciptakan bakso yang berbeda dari yang lainnya. Mereka ingin menciptakan bakso dari bahan utama selain daging sapi. Karena kebanyakan di Indonesia bakso dibuat dari daging sapi yang digiling.

Salah satu alternatif bahan utama bakso selain daging sapi yakni daging ikan. Ikan yang kaya akan kandungan gizinya sangat direkomendasikan untuk bahan pembuat bakso. Selain itu juga jumlah ikan  di Indonesia yang sangat melimpah, jenis dari ikan sendiri juga sangat beragam.

Tapi walaupun jumlah ikan yang melimpah di Indonesia, konsumsi masyarakan akan ikan masih dibilang sangat rendah. Tingkat konsumsi ikan di Indonesia rata-rata baru mencapai 41 kilogram (kg) per kapita per tahun. Itulah mengapa dengan dibuatnya bakso dari bahan ikan diharapkan mampu meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat. Karena sudah jelas ikan mempunyai banyak manfaat kesehatan.

Dari sekian beragam jenis ikan yang ada, ikan tongkol cocok digunakan untuk membuat bakso. Tekstur daging yang mudah dihaluskan atau digiling memudahkan dalam proses pembuatan bakso. Ikan Tongkol juga mudah ditemukan di pasar-pasar Indonesia. Ukurannya pun juga beragam, ada yang kecil, sedang hingga cukup besar.

Baca juga : 5 Resep Bakso Ikan Tenggiri, Dijamin Enak dan Bikin Nagih

Resep Bakso Ikan Tongkol

Resep bakso Ikan tongkol sebenarnya sama dengan bakso daging sapi kebanyakan, Pilihlah ikan tongkol yang ukuran sedang, pisahkan daging dengan durinya. Setelah itu giling daging ikan tongkol yang telah dihilangkan durinya tadi, jika tidak ada penggiling daging bisa dicincang sampai halus.

Resep Bakso Ikan Tongkol

Bahan Pentol Bakso :
  • Daging ikan tongkol 1 kg (duri sudah dipisah)
  • Tepung kanji 50 g
  • Telur 1 butir
  • Lada bubuk 2 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Bawang putih 4 siung, haluskan
  • Es batu 40 g, hancurkan
  • Air 2 L
Cara membuat pentol bakso ikan tongkol :
  1. Masukkan ikan Tongkol ke dalam blender dengan bawang putih, putih telur, gula, garam,lada, merica secukupnya.
  2. Blender hingga benar-benar halus.
  3. Masukkan daging ikan tongkol yang telah diblender ke dalam wadah, campurkan tepung kanji.
  4. campur menggunaan alat atau uleni dengan tangan sampai tercampur semua secara sempurna
  5. Tambahkan es batu secara berlahan sampai dirasa adonan bisa dibentuk, jika dirasa adonan masih lembek dan sulit dibentuk
  6. Rebus air dalam wadah sampai air mendidih
  7. Bentuk adonan daging ikan tongkol menjadi bentuk bulat baik, caranya dengan kedua tangan atau dengan satu tangan ditekan hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol.
  8. Masukkan adonan yang telah dibetuk bulat tadi ke dalam air panas
  9. Teruskan sampai semua adonan habis
  10. Tunggu hingga pentol mengapung, itu tanda bahwa pentol sudah matang
Bahan-bahan dan bumbu kuah bakso :
  • Kaldu ayam
  • 250 gram bihun
  • 4 siung bawang merah, dicincang halus
  • 2 tangkai daun seledri, rajang halus sebagai taburan
  • Garam secukupnya
  • 2 tangkai daun bawang, rajang halus
  • 1 minyak wijen
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/4 merica bubuk
  • 2 tangkai daun seledri, rajang halus
Cara Membuat :
  1. Tumis bumbu-bumbu kedalam winyak wijen yang sudah panas, tunggu hingga berbau harum
  2. Panaskan kaldu ayam dalam panci yang berukuran sedang
  3. Selanjutnya masukkan semua bumbu-bumbu yang sudah ditumis tadi, aduk hingga rata, tunggu kaldu sampai mendidih
  4. Jika sudah matang angkat panci dan taburi dengan irisan seledri.
  5. Kuah bakso sudah siap

Peluang Usaha Bakso Ikan

Jika kalian mempunyai jiwa pembisnis tidak ada salahnya untuk membuka usaha bakso ikan. Dikarenakan penggemar bakso ikan semakin meningkat membuat prospek dari bisnis bakso ikan ini akan menghasilkan keuntungan menjanjikan. Selain itu juga akan menambah pemasukan kalian.

Jika memang benar ingin membuka bisnis bakso ikan, maka kalian perlu memperhatikan beberapa penjelasan berikut supaya bisnis bakso ikan bisa berjalan dengan sukses. Dan juga bisnis bakso ikan kalian bisa bertahan lama serta mampu bersaing dengan yang lainnya.

1. Melihat Peluang Bisnis Bakso Ikan

Sebelum memulai menjalankan bisnis bakso ikan hal pertama sebaiknya menganalisis dulu apakah bisnis bakso ikan akan menjanjikan keuntungan jika dimulai sekarang. Perhatikan lingkungan sekitar anda, jika disekitar lingkungan anda sudah banyak penjual bakso sapi bukan bakso ikan maka peluang bisnis bakso ikan akan mempunyai prospek yang menguntungkan jika dijalankan sekarang.

2. Mencari Lokasi Bisnis

Setelah mengetahui potensi bisnis bakso ikan yang menguntungkan maka hal selanjutnya yaitu mencari lokasi yang akan digunakan sebagai tempat menjalankan bisnis usaha. Mencari lokasi bisnis memang bisa dilakukan dimana saja, tetapi untuk menambah peluang suksesnya sebuah bisnis terutama makanan, sangat perlu untuk mencari lokasi yang strategis

Pilihlah tempat atau lokasi yang ramai dan mudah untuk dijangkau masyarakat. Tempat-tempat yang anda bisa pertimbangkan seperti dekat sekolah, dekat perkantoran, tempat wisata, dan lainnya yang biasanya dijadikan tempat berkumpul masyarakat. Dengan mempertimbangkan lokasi yang strategis tersebut peluang sukses bisnis bakso ikan anda akan semakin besar.

3. Memilih Ikan yang Berkualitas

Bahan utama yang digunakan untuk membuat bakso ikan haruslah ikan yang berkualitas. Ikan yang berkualitas tentunya masih segar dan tidak mengandung bahan pengawet. Ikan yang beredar di pasaran tidak semua segar dan masih ada penjual ikan yang menggunakan bahan pengawet. Maka anda harus berhati-hati dalam memih ikan yang akan dibuat bakso.

Kualitas dari ikan akan mempengaruhi cita rasa bakso ikan yang dihasilkan. Dalam menemukan ikan yang masih segar anda bisa memesa langsung dari supplier ikan yang sudah terpercaya kualitasnya. Supaya anda tidak perlu kuwatir lagi dengan kualitas akan.

4. Menjaga Kualitas Bakso Ikan

Cita rasa bakso ikan memang berbeda dengan bakso daging sapi yang sudah populer terlebih dahulu. Selera masyarakat akan bakso sendir berbeda-beda, ada yang suka bakso ikan tapi ada yang lebih suka bakso daging sapi. Itu semua menjadi tantangan tersendiri bagi pembisnis bakso ikan, untuk itu maka haruslah membuat bakso ikan yang memiliki cita rasa yang enak.

Bakso ikan yang disajikan harus dijaga kualitasnya baik cita rasanya maupun bahan utamanya. Dengan begitu maka masyarakat akan suka dan senang menikmati hidangan bakso ikan yang anda buat. Selain itu juga banyak manfaat yang didapatkan dengan mengonsumsi ikan, semakin masyarakat akan memilih untuk mengonsumsi bakso ikan daripada bakso lainya.

Manfaat Ikan Bagi Kesehatan

Selain enak resep bakso ikan tongkol  ini juga kaya akan kandungan gizi yang baik dan banyak manfaanya bagi kesehatan. Kandungan gizi pada ikan sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh kita, terutama pertumbuhan anak-anak.Resep bakso ikan tongkol – Namun sayangnya belum banyak masyarakan sadar akan pentingnnya mengonsumsi ikan. Masyarakat jarang memasukkan ikan dalam menu harian mereka. Berikut adalah manfaat mengosumsi ikan bagi kesehatan.

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat baik bagi kesehatan. Jika mengonsumsi ikan secara rutin kita akan dapat manfaatnya. Lemak jenuh yang ada dalam ikan dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh.

Resep Bakso Ikan Tongkol

Kandungan nutrisi  dalam ikan
  • Asam lemak Omega-3
  • Vitamin : D dan B2 (riboflavin).
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi, seng, magnesium,yodium, dan kalium.

Berikut dahsyatnya manfaat ikan bagi kesehatan manusia. Apa sajakah itu?

1. Meningkatkan kemampuan otak

Lemak jenuh yang ada dalam ikan dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh. Kandungan nutrisi yang kaya pada ikan mampun meningkatkan kinerja otak kita. Otak yang mendapatkan asupam omega-3 kinerjanya akan meningkat.

2. Mencegah kelahiran prematur 

Ibu hamil yang mengonsunsi ikan secara rutin dapat mencegah kelahitan prematur. Dan juga dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi ikan atau seafood berdampak positif bagi janin.

3. Memilihara kesehatan mata

Dengan memakan ikan secara rutin dapat merawat mata kita. Karena kandungan omega-3 pada ikan mampu mengurangi degenerasi macula (bagian tengah mata)

4. Melindungi kulit

Kulit dapat terlidungi oleh kandungan EPA (eicosapentaenoic acid) yang ada pada minnyak ikan. Kulit bisa terdampak buruk oleh sinar UV dari matahari. Mencegah kulit yang mengendur maupun mengeluarkan keriput karena kandungan kolagen pada kulit akan terjaga.

5. Baik dikonsumsi saat diet

Mengonsusi ikan juga baik dalakukan saat melakukan program diet. Berbeda dengan daging sapi yang mempunyai kandungan kolestrol lebih tinggi, daging ikan memiliki kandungan protein dan kolestrol yang rendah.

6. Terhindar dari penyakit

Orang yang sering mengonsumsi ikan juga tidak mudah terserang berbagai penyakit. Seperti penyakit jantung, alzaimer, asma dan diabetes. Presentase orang yang rutin mengonsumsi ikan lebih rendah terserang penyakit dari pada yang jarang mengonsumsi ikan.

7. Menjaga kesehatan mental

Kesehatan mental seseorang bisa juga dijaga dengan rutin mengonsumsi ikan. Menurut penelitian kandungan minyak ikan yang rendah dalam tubuh seseorang dalam membuat depresi. Dengan mengonsumsi ikan dapat menigkatkan kandungan omega-3 dalam tubuh. kandungan gula darah yang cukup dapat menstabilkan mood seseorang.

8. Mengurangi risiko adanya kanker

Risiko terkena kanker prostat dapat dikurangi dengan konsumsi ikan secara rutin. Hal tersebut bedasarkan sebuah studi yang dilakukan di Swedia pada 6000 orang selama kurang lebih 30 tahun. Kandungan zat riboflavin yng ada dalam ikan juga dipercaya dapat menghalau dan mencegah berbagai jenis kanker lainnya yang berbahaya bagi tubuh.

Nah itulah resep bakso ikan tongkol beserta kuahnya. Kalau kalian mau menikmatinya tinggal tambahkan pentol bakso ikan tongkol tadi ke dalam kuah yang masih hangat supaya lebih nikmat. Anda juga bisa menambahkan pentol bakso ikan tongkol pada saat masih memasak kuah dalam panci. Cukup mudah dan sederhana kan, Cobalah sekarang untuk mempratekkan resep bakso ikan tongkol ini, dijamin mantul, mantap betul.