(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Resep Bakso Ikan Tuna – Bakso sekarang semakin menarik saja, jika dulu kebanyakan bakso yang kita nikmati adalah bakso sapi ataupun bakso ayam. Kini sudah banyak ditemui pendagang bakso yang menjual bakso dari olahan daging ikan. Isi dan bentuk dari bakso sendiri sekarang makin beragam.

Seperti bakso yang diisi dengan telur ayam, bakso urat yang diisi dengan urat atau daging tetelan bakso gepeng yang berbentuk pipih, dan bakso ikan yang diolah dari daging berbagai jenis ikan. Dan rasanya kini setiap daerah mempunyai menu khas bakso andalan masing-masing, seperti bakso khas Malang dimana bakso yang sudah sangat terkenal ini dihidangkan dengan mie kuning, tahu, siomay, serta pangsit goreng.

Berbicara tentang bakso, sebagai pecinta makanan bola-bola daging ini belum lengkap rasanya kalau belum menikmati bakso ikan. Ada banyak jenis ikan yang bisa digunakan untuk membuat bakso salah satunya yakni ikan Tuna. Ikan yang cukup mahal ini cocok digunakan untuk membuat bakso ikan yang enak dan kenyal.  Ada yang tertarik untuk membuat bakso ikan tuna sendiri di rumah, jika iya anda dapat mempelajari resep bakso ikan tuna berikut ini.

Sebelum membuat bakso ikan tuna sebaiknya kita simak dulu tips dan cara memilih ikan tuna yag bagus dan cara mengolahnya dengan baik.

Baca : Resep Bakso Ikan Tongkol, Mudah, Lezat dan Sehat Lho

 

Tips Memilih Ikan Tuna

Ikan yang kita gunakan menentukan baik atau tidaknya hasil bakso ikan yang kita buat. Pilihlah ikan tuna yang segar dan teksturnya kenyal. Ciri ikan tuna yang masih segar biasanya beberapa bagian kulitnya tampak kemerahaan dan ketika ditekan teksturnya kenyal. Selain itu warna daging ikan tuna segar tidak pucat. Hindari membeli ikan dalam bentuk potongan, pedagang nakal mungkin memberi bahan kimia agar terlihat segar dan menggoda.

resep bakso ikan tuna

Resep Bakso Ikan Tuna

Bahan utama:

  • ½ kg daging ikan tuna
  • 50 gram terigu
  • 1 batang daung bawang
  • 200 gram tapioka atau sagu

Bumbu:

  • 6 butir bawang putih, kupas
  • 2 butir bawang merah, kupas
  • ½ sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk 1 sachet
  • 1 butir telur
  • ½ gelas air es

Cara Membuat:

  1.  Dalam resep bakso ikan tuna, pertama siapkan ikan tuna segar, bersihkan bagian kulitnya dan juga pisahkan duri dari dagingnya. Jenis ikan tuna ini cukup mudah dalam memisah daging dengan durinya. Sebab ikan tuna ini memiliki  duri yang jauh lebih sedikit dan daging yang lebih tebal.
  2. Untuk mempermudah proses menggiling daging ikan tuna gunakan blender dan masukkan bersama bawang merah, bawang putih, garam, merica, serta kaldu bubuk dan sedikit air es. Blender hingga halus.
  3. Tapi jika tidak ada blender gunakan lah pisau untuk mencincang daging ikan. Cincang daging ikan tuna hingga halus, lalu tambahkan bawang merah, bawang putih, garam, merica, serta kaldu bubuk. Cincang lagi sampai semua benar-benar halus.
  4. Pindahka adonan yang sudah halus, tambahkan tepung terigu dan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Beri air es sedikit kemudian uleni adonan hingga rata.
  5. Rebus air dalam panci hingga panas, kemudian tambahkan 1 sendok minyak. Matikan api
  6. Basahi tangan dengan air es. Bentuk Adonan dengan tangan bebentuk bulat atau sesuai selera anda. Masukkan ke dalam panci berisi air panas tadi. Lakukan terus sampai adonan habis.
  7. Terakhir dari resep bakso ikan tuna ini yaitu nyalakan kembali api kompor, tunggu hingga air mendidih. Bakso akan mengapung jika sudah matang
  8. Angkat bakso dan tiriskan
  9. Simpan bakso dalam lemari es, bakso bisa digunakan sewaktu waktu
  10. Bakso Ikan tuna siap dihidangkan, bisa disajikan dengan saos sambal ataupun disantap dengan kuah

 

Resep Saos Sambal dan Kuah Bakso

Resep bakso ikan tuna – bagi kebanyakan orang bakso bisa dimakan dengan saos sambal maupun dihidangkan dengan kuah yang segar. Nah kali kita akan belajar membuat sambal saos pedas dan kuah bakso yang segar. Kalian pasti punya kesukaan sendiri-sendiri dalam menikmati bakso, ada yang suka dicocol sambal saos dan ada yang suka dinikmati dengan kuah. Berikut resep saos sambal dan kuah bakso.

 

1. Resep saos sambal pedas

resep bakso ikan tuna

Bahan:

  • 100 gr cabai rawit
  • 500 gr tomat
  • 50 gr bawang putih
  • 400 ml air
  • 3 sdm cuka/air lemon
  • 200 gr gula pasir / gula merah
  • 2 sdm garam
  • 2-3 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:

  1. Cabai, tomat, dan bawang putih rebus dengan 400 ml air
  2. Tunggu sampai air dingin kemudian blender dengan sedikit air rebusan.
  3. Masaklah cabai yang sudah halus.
  4.  Masukkan garam, gula, cuka, dan tepung maizena sambil terus diaduk-aduk.
  5. Campur atau aduk adonan dengan cepat dan searah
  6. agar tak menggumpal kurang lebih 5 menit. Matikan api kalau kekentalan sudah sesuai maka dan saus siap dinikmati.

 

2. Resep kuah bakso

resep bakso ikan tuna

Bahan:

  • Kaldu ayam
  • 250 gram bihun
  • 4 siung bawang merah, dicincang halus
  • 2 tangkai daun seledri, rajang halus sebagai taburan
  • Garam secukupnya
  • 2 tangkai daun bawang, rajang halus
  • 1 minyak wijen
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/4 merica bubuk
  • 2 tangkai daun seledri, rajang halus

Cara Membuat :

  1. Tumis bumbu-bumbu kedalam winyak wijen yang sudah panas, tunggu hingga berbau harum
  2. Panaskan kaldu ayam dalam panci yang berukuran sedang
  3. Selanjutnya masukkan semua bumbu-bumbu yang sudah ditumis tadi, aduk hingga rata, tunggu kaldu sampai mendidih
  4. Jika sudah matang angkat panci dan taburi dengan irisan seledri.
  5. Kuah bakso sudah siap

 

Trik Membentuk Bulatan Bakso

a. Mengepalakan tangan

Resep bakso ikan tuna – Basahi tangan menggunnakan air es supaya tangan lebih licin dan halus ketika digenggam. Genggam adonan bakso dan tekan hingga keluar dalam bentuk bulatan di antara ibu jari dan telunjuk. Gunakan sendok untuk mengambil adonan yang keluar tersebut dan rapikan bulatannya.

b. Memakai dua sendok

Basahi kedua sendok dengan air es, kemudian ambil adonan bakso secukupnya dengan satu sendok. Gunakan sendok kedua untuk membulatkan adonan tersebut, hingga berbentuk sempurna pindahkan adonan bakso dari sendok satu ke sendok kedua. Lakukan terus bergantian hingga adonan membulat dengan baik.

 

Tips Menyimpan Bakso yang Benar Agar Tahan Lama

Masalahnya karena bakso salah satu makan yang tidak bisa bertahan lama. Ini dikarenakan bahan utama yang digunakan adalah daging. Seperti kita ketahui bakteri dapat berkembang cepat dalam daging yang tidak disimpan pada tempat yang tepat. Dalam resep bakso tuna ini juga akan membagi tips menyimpan bakso yang benar agar tahan lama. Berikut tips menyimpan bakso yang tepat yag bisa Anda praktikan di rumah.

1. Masukkan dalam freezer

Sebelum memasukkan ke dalam freezer Anda harus memperhatikan beberapa hal penting. Yaitu adalah terkait suhu bakso. Bakso yang dimasukkan dalam keadaan panas bisa merusak tekstur dan kualitasnya.

2.Taruh dalam wadah kedap udara

Selain suhu,  dalam memilih wadah yang digunakan untuk menyimpan bakso Anda juga harus teliti. Pilihan tepat adalah wadah plastik dan kedap udara , karena ampuh menjaga kualitas bakso hingga lebih dari 1 bulan lamanya.

3. Jangan membuka tutup wadah

Hindari menyimpan bakso dalam satu wadah berukuran besar. Terlebih lagi jika Anda hendak mengolahnya secara berkala. Untuk menjaga kualitas bakso akan lebih baik jika menyimpan bakso dalam wadah kedap udara dengan porsi sekali makan .