Mesin Bakso

Tips Memilih Bakso yang Aman, Sehat, dan Berkualitas

Pada artikel kali ini saya masih membahas tentang bakso, lebih tepatnya tentang tips memilih bakso yang aman, sehat, dan berkualitas. Tidak mau bukan, jika makanan yang kita makan ternyata memiliki keamanan dan kualitas yang kurang. Nah kali ini saya akan mengupas tuntas tentang tips yang bisa kamu lakukan agar kamu tidak perlu ragu saat memakan makanan tersebut. Simak sampai akhir ya!

Keamanan Pada Makanan

Perlu kita ketahui, apa yang kita konsumsi setiap hari adalah salah satu kunci kesehatan tubuh kita. Segala yang masuk ke dalam tubuh kita akan sangat-sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang pada hari ini dan juga untuk hari-hari ke depannya. Memnurut Badan Pengawas Obat dan Makanan, terdapat lima keamanan pangan yang perlu kita lakukan agar bisa terhindar dari kemungkinan-kemungkinan yang bisa membahayakan tubuh.

Hal ini sangat perlu kamu ketahui, sebab apa yang kita makan akan menentukan kesehatan tubuh kita sendiri. Jadi apa saja lima kunci keamanan pangan?

5 Kunci Keamanan Pangan :

Yang pertama dan paling utama, menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum memulai dan sesudah mengolah suatu makanan adalah hal yang sangat penting. Cara tersebut dilakukan guna mengurangi jumlah kuman berbahaya yang tersebar di air dan tanah.

Lalu, memisahkan bahan makanan yang masih mentah dari bahan makanan yang sudah matang. Serta jangan lupa untuk menggunakan peralatan yang terpisah saat akan mengolah bahan makanan yang mentah dan bahan makanan yang sudah matang.

Kemudian, suhu yang digunakan saat memasak bahan makanan adalah minimal 70 derajat Celcius sehingga makanan akan aman untuk dikonsumsi. Khususnya saat memasak daging sapi, telur, unggas, dan hasil laut. Saat memasak makanan seperti sup, rebuslah makanan hingga mendidih dan suhu yang digunakan usahakan mencapai >70 derajat Celcius dan cairan yang ada tidak berwarna muda.

Tidak hanya itu saja, kita juga perllu menjaga suhu pada makanan agar tetap aman, sebab pada suhu ruang kuman dapat berkembang biak dengan sangat cepat. Suhu yang dapat memperlambat pertumbuhan kuman adalah pada suhu di bawah 5 derajat Celcius dan juga di atas 60 derajat Celcius.

Dan yang terakhir, air dan bahan baku yang digunakan harus aman. Air dan es dapat dengan cepat terkominasi kuman dan juga bahan kimia yang berbahaya. Gunakan air yang bersih dan jernih, tidak berbau dan juga tidak berasa untuk mengurangi risiko terkena penyakit.

Tips Memilih Bakso yang Aman, Sehat, dan Berkualitas

Pasti dalam membeli bakso, yang kita inginkan adalah bakso yang bersih, enak dan juga aman untuk kesehatan bukan? Kesehatan diri sendiri dan keluarga yang menjadi taruhannya jika kita salah dalam memilih bakso yang aman. 
Jika ingin kesehatan kita dan keluarga terjamin aman, memang sebaiknya jika membuat bakso sendiri, agar kita juga tentu saja akan memperhatikan lebih bahan-bahan yang digunakan dan juga kebersihannya. Ada banyak cara untuk membuat bakso sehat.
Tapi jika waktu yang kamu miliki terbatas, kamu bisa membeli bakso yang sudah jadi dan bisa membuat olahan baru darinya. Kamu bisa ikuti tips memilih bakso yang aman, sehat, dan berkualitas di bawah ini, agar kesehatan kamu dan keluargamu selalu terjaga.

1. Warna Pada Bakso

Warna pada bakso bisa terjadi karena adanya pengaruh dari bahan-bahan yang digunakan. Misalnya pada bakso sapi, pada bakso sapi normalnya memiliki warna abu-abu. Bakso yang memiliki warna abu-abumenandakan jika bakso tersebut memiliki kandungan jumlah daging sapi yang cukup banyak. Semakin banyak jumlah daging sapi segar yang digunakan, semakin gelap pula warna abu-abu yang akan tercipta.   
Sedangkan apabila warna pada bakso cenderung pucat, maka kemungkinan bakso tersebut memiliki kandungan tepung terigu atau bahan lain yang cukup banyak. Jika warna pada bakso cenderung kekuningan, maka kemungkinan besar pada bakso tersebut memiliki kandungan boraks. 

2. Kekenyalan Bakso

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bakso juga dapat mempengaruhi kekenyalan pada bakso. Bakso yang terasa kenyal tapi tidak keras biasanya dibuat dari daging sapi yang memiliki kualitas terbaik. Sebaliknya, jika bakso yang dibuat dengan tepung terigu yang cukup banyak, kekenyalannya cenderung akan berbeda dan lebih keras. 

3. Aroma Bakso

Bila membeli bakso dan saat menciumnya ternyata bakso tersebut memiliki aroma yang asing, maka patut di curigai. Bisa jadi, dalam bakso tersebut memiliki campuran bahan kimia yang tidak seharusnya dicampurkan. Bakso yang aman tanpa bahan kimia biasanya memiliki aroma khas daging.

4. Cek Daya Tahan Pada Bakso

Bakso yang memiliki daya tahan yang lama, artinya kemungkinan pada bakso memiliki campuran bahan pengawet. Oleh sebab itu, mengecek apakah bakso mampu bertahan lama atau tidaknya itu sangatlah penting. Melihat kapan bakso tersebut mulai diproduksi dan juga kapan tanggal kadaluarsanya.

5. Sajikan Dengan Pelengkap

Bila kamu sudah dapat memilih bakso yang sehat, sajikan olahan bakso dengan pelengkap yang sehat pulauntuk mencukupi kebutuhan nutrisi kamu dan keluarga kamu. Gunakan dengan bahan-bahan yang asli dan alami, lebih baik kita membuat bumbunya sendiri dari pada menggunakan bumbu instan yang belum tentu keamanannya. 
Dan kamu juga bisa membuat berbagai kreasi pada olahan bakso kamu, agar terlihat semakin menarik dan tentunya yang dapat menggugah selera kamu.

Ciri-ciri Bakso Babi, Tikus, dan Boraks 

Bakso memiliki rasa yang enak dan gurih, lengkap dengan testur daging yang empuk. Namun, terkadang kita tidak mengetahui dengan pasti apakah bakso yang kita konsumsi tersebut terbuat dari daging sapi asli atau bukan?
Memiliki cita rasa yang lezat dan gurih membuat siapapun merasa ingin segera mengantapnya. Tetapi dibalik cita rasa yang lezat itu kita tidaklah tahu jika bakso yang kita makan ternyata bisa saja menjadi salah satu pemicu munculnya berbagai penyakit yang akan sangat berdampak pada kesehatan.

Olahan Bakso yang Berasal dari Bahan Berbahaya

Kini sudah tidak asing jika mendengar bakso babi, tikus, bahkan bakso dengan zat boraks yang dapat sangat berbahaya bagi kesehatan. Kita perlu mengenali dan memahami beberapa cara untuk mengetahui perbedaan bakso asli dan palsu. Berikut ini beberapa ciri-ciri dari bakso babi, tikus dan boraks, serta bahanyanya bagi kesehatan :

1. Ciri-ciri Bakso Babi

Menghirup araoma yang ada pada bakso bisa membantu kita untuk mengetahui apakah bakso tersebut memiliki kandungan daging babi atau tidak. Kemudia, ciri yang bisa dilihat ada pada warna daging, ciri daging babi memiliki warna lebih pucat, sedangkan pada daging sapi memiliki warna merah kecoklatan.

Ukuran dan Tekstur Bakso Babi

Tekstur pada babi dikenal lembut, berminyak, dan halus. Sedangkan tekstur pada bakso sapi memiliki tekstur yang kering, kesat, dan berurat. Selain itu, ukuran pada bakso sapi juga lebih besar, biasanya hal ini terjadi supaya tidak hancur saat di rebus.

Bahaya Konsumsi Bakso Babi

Kandungan lemak yang tinggi pada daging babi dapat mengakibatkan kolesterol meningkat. Tingginya kolesterol jika mengkonsumsi bakso babi juga dapat memicu berbagai penyakit seperti diabetes hingga stroke. Hal ini sudah jelas jika bakso babi tidak baik untuk kesehatan tubuh.

2. Ciri-ciri Bakso Tikus

Bakso tikus memiliki tekstur yang keras, hal ini bisa dilihat ketika bakso tikus dibelah menjadi dua yang akan langsung hancur dan mudah pecah. Memiliki aroma yang amis dan menyengat.

Bahaya Konsumsi Bakso Tikus
Leptospirosis

Infeksi bakteri yang ada pada tikus dapat dengan mudah menular ke manusia. Cara penularannya bisa dikatakan cukup mudah, saat memakan daging tikus yang telah diolah dalam bentuk olahan bakso atau lainnya. Infeksi bahaya dari daging tikus muncul setelah kurang lebih 5-14 hari dengan munculnya gejala-gejala seperti demam, diare, batuk, ruam, sakit kepala, dan iritasi pada mata. Beberapa jenis hewan yang bisa menjadi pembawa asal mula leptospirosis adalah anjing, tikus, dan beberapa kelompok hewan ternak seperti sapi atau babi.

Hantavirus

Hantavirus adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena makanan yang memiliki kandungan daging tikus. Gejala yang ada pada penyakit ini seperti flu setelah 10 hari terinfeksi virus. Infeksi yang terjadi dari penyakit Hantavirus lebih beresiko dan berbahaya mengakibatkan penyakit paru-paru hingga kematian.

3. Ciri-ciri Bakso Boraks/Formalin

Makanan yang mengandung boraks atau formalin biasanya akan menjadi lebih awet dan tahan lama. Tekstur yang terbentuk jika bakso memiliki kandungan boraks adalah memiliki tekstur yang kenyal saat digigit. Bakso dengan kandungan boraks memiliki warna putih. Olahan daging sapi yang memiliki kandungan boraks adalah bakso yang dapat memicu kerusakan usus, hati, otak, dan ginjal.

Bahaya Konsumsi Bakso Boraks
Gangguan Sistem Saraf Otak

Olahan makanan seperti bakso sapi, jikamemiliki kandungan boraks atau formalin di dalamnya dengan dosis yang tinggi maka akan menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya. Penggunaan boraks yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh bahkan kerusakan pada sistem otak.

Risiko Jantung

Mengkonsumsi bakso yang memiliki kandungan boraks yang tinggi juga dapat menyebabkan risiko penyakit jantung. Bila kandungan bertambah banyak, maka akan terjadi penghimpitan pembuluh darah yang menuju jantung. Tidak hanya itu, boraks juga dapat menghambat aliran darah yang ada pada sekitar jantung, serta kinerja jantung akan menurun.

Membuat Bakso Dengan Bahan Berkualitas

Jika kamu menginginkan bakso yang terjamin kualitas dan keamanannya, pilihan yang lebih baik adalah dengan membuat bakso sendiri. Kamu bisa dengan leluasa memilih bahan-bahan yang kamu inginkan dan pastinya berkualitas.

Gunakan bahan daging utama yang berkualitas dan masih segar, memilih bumbu yang terjamin keamanannya. Kebersihan juga tidak kalah penting. Membersihkan peralatan untuk membuat bakso sebelum dan sesudahnya. Mencuci tangan dengan air dan bersih, juga bersihkan bahan-bahan yang perlu di bersihkan seperti daging menggunakan air yang bersih dan jernih.

Gunakan resep olahan bakso yang sehat dan menarik. Kini sudah banyak situs-situs yang menyediakan berbagai cara membuat bakso sehat, kamu hanya perlu memilih dan mengaplikasikannya pada bahan-bahan yang sudah kamu miliki.

Hindari bahan pengawet. Bahan pengawet sangat berbahaya bagi kesehatan, hal ini perlu untuk dihindari. Lebih baik membuat bakso sekali olah dari pada membuat banyak bakso untuk stok jangka panjang tapi menggunakan bahan pengawet. Kesehatan lebih penting dari apapun, oleh sebab itu perlu adanya kesadaran akan memilih makanan yang akan kita konsumsi.

Selain tips memilih bakso, kamu juga perlu mengetahui tips memilih mesin pembuat bakso yang akan mempermudah kamu dalam mengolah bakso, dan tentunya akan mempersingkat proses pembuatan bakso. Simak pembahasan setelah ini hingga habis ya, sebab tips memilih mesin bakso juga sangat penting.

Tips Memilih Mesin Bakso yang Tepat 

Alat atau mesin pembuat bakso adalah sebuah mesin yang dibuat untuk mempermudah kita dalam proses pembuatan bakso. Baik dari proses awal penggilingan daging, proses pembuatan adonan, ataupun proses pencetakan dari adonan menjadi bulatan-bulatan bakso. Adanya mesin pembuat bakso juga membantu kita dalam mempersingkat proses pembuatan bakso, serta mampu menghasilkan bakso secara maksimal.

Dengan memiliki berbagai manfaat, adanya mesin bakso ini menjadi salah satu alat yang cukup penting bagi para pengusaha bakso. Oleh sebab itu, jika kamu menginginkan mesin bakso untuk menunjang operasional bisnis bakso kamu, maka kamu perlu cermat dan berhati-hati saat memilih mesin bakso yang sesuai.

Agar nantinya mesin bakso kamu bisa bekerja dengan optimal dan memiliki jangkat waktu yang panjang saat digunakan, saya akan memberikan tips-tips dalam memilih mesin bakso yang tepat dan berkualitas.

Kenali Kebutuhan Penggunaan

Yang pertama adalah, kamu perlu memperhatikan mengenai jenis meisn bakso yang akan kamu gunakan. Sebab pada umunya, ada 3 jenis mesin bakso yang terkenal di pasaran. Yaitu, mesin penggiling daging, mesin pengaduk adonan, dan juuga mesin pencetak yang akan menghasilkan bulatan-bulatan bakso.

Memilih Spesifikasi Sesuai Kebutuhan 

Beberapa spesifikasi yang terdapat pada mesin bakso seperti kapasitas proses per jam yang dapat dihasilkan oleh mesin, material pada pembuat mesin, dimensi, daya atau power yang dibutuhkan, dan sebagainya. Kemudian sesuaikan kapasitas produksi yang kamu miliki dengan kemampuan proses mesin bakso.

Begitu juga dengan masalah power, sesuaikan power atau daya listrik mesin tersebut dengan listrik yang kamu miliki. Dengan begitu biaya untuk pemakaian listrik kamu tidak akan menjadi bengkak hingga bisa mempengaruhi biaya produksi kamu.

Kenali Teknologi yang Digunakan

Kamu juga perlu mengamati teknologi serta cara kerja mesin yang kamu pilih. Jika mesin tersebut menggunakan sistem kerja manual, semi otomatis, atau juga full otomatis. Hal tersebut sangat penting untuk diketahui, agar kamu dapat memperhitungkan kebutuhan pada waktu dan tenaga, kemudahan dalam penggunaan, dan juga kepraktisan saat menggunkan mesin tersebut.

Jangan Remeh Terhadap Produk Lokal

Kini mesin lokal terlah berkembang. Kita bisa melihat dari sisi harga pada mesin bakso lokal yang terntunya lebih terjangkau. Dari segi kualitas, dan kinerja juga tak kalah dengan mesin internasional lainnya. Bahkan bisa lebih unggul dari mesin-mesin impor.

Pertimbangkan Garansi

Kamu mungkin salah satu pembeli yang mengharapkan garansi pada setiap produk yang akan kamu beli, benar bukan? Dengan adanya garansi di setiap produk dapat memberikan kemudahan untuk kamu yang mungkin suatu saat memiliki keluhan pada produk yang telah kamu beli.

Saat suatu perusahaan menawarkan kenijakan atas layanan garansi, maka perusahaan itu secara konkret sudah menunjukan rasa tanggung jawab yang tinggi pada kualitas yang ada pada produk miliknya. Maka kamu perlu mempertimbangkan dulu berapa lama dan juga terdapat kebijakan garansi apa saja yang akan kamu dapatkan saat membeli sebuah mesin bakso.

Itu dia beberapap tips yang perlu kamu pertimbangkan sebelum kamu memilih mesin bakso. Yang kita tahu kini telah tersedia banyak sekali perusahaan atau penjual yang menjual mesin yang beredar. Tak jarang juga orang-orang bingung saat menyeleksi mana saja produk mesin yang berkualitas dan mesin yang abal-abal.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, sebab salah satu perusahaan mesin yang memiliki kualitas yang sudah terjamin kini hadir. CV. Rumah Mesin adalah perusahaan yang menyediakan berbagai alat atau mesin sesuai kebutuhan. Memiliki kualitas yang tinggi dan juga sangat mudah untuk digunakan siapapun. Berbagai jenis mesin tersedia, seperti mesin pembuat bakso yang akan mempermudah segala proses pembuatan bakso kamu.

Setelah kamu mengetahui tips-tips diatas, kamu bisa menggunakan tips tersebut agar bakso yang akan kamu buat memiliki hasil yang sesuai dengan keinginan kamu. Selain untuk makanan di rumah, kamu juga bisa menjadikan berbagai olahan bakso yang kamu buat menjadi sebuah bisnis jualan bakso online. Sebab kini semuanya serba online, bisnis ini akan mempermudah kamu mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Sekian dulu pembahasan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan buat kamu yang sudah rela membaca artikel ini. Jangan lupa kunjungi artikel lainnya dari website ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya!