(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Usaha Bakso Bakar Modal Kecil Omzet Besar – Bila kemarin kita sudah membahas cara membuat bakso bakar, kini saatnya kita belajar mengimplementasikan ilmu yang telah kita dapat dalam dunia bisnis. Penasaran ? baca artikel ini sampai selesai…

Bisnis adalah kegiatan menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba (profit). Pada dasarnya, kita melakukan bisnis adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan (profit).

Dunia usaha telah melahirkan orang – orang sukses  di indonesia seperti mas Saptuari Sugiharto pemilik bisnis tengkleng hohah, Agung Nugroho Susanto pemilik Simply Group, Kevin Aluwi yang mendirikan Gojek yang tengah booming di Indonesia, dan banyak lagi orang – orang sukses yang lahir dari dunia usaha.

Usaha bakso bakar bisa menjadi salah satu pilihan kita untuk terjun kedunia usaha baik untuk mendapatkan profit maupun guna membuka lapangan usaha yang di Indonesia tengah menjadi problem sosial yang tengah dihadapi negara kita.

sebelum membahas isi utama artikel ini, akan dibagikan beberapa alasan kenapa usaha dapat dijadikan mata pencaharian.. lets go guys!!

Lima Alasan Dasar Dunia Usaha Lebih Menarik

Sebelum masuk pembahasan usaha bakso bakar modal kecil omzet jutaan, berikut akan dipaparkan alasan – alasan betapa menariknya dunia usaha untuk digeluti :

1. Kebebasan waktu dan tempat

Menjadi pengusaha bisa juga diartikan terbebasnya anda dari ikatan rutinitas waktu dan pekerjaan seperti saat menjadi karyawan.

Dengan membuat sistem kerja yang tepat dan efisien anda bahkan dapat bepergian kemanapun. Dengan begitu anda dapat membuat anda dapat mengeksplor kemampuan diri anda lebih mendalam.

2. Kebebasan Finansial

Ini adalah alasan terbesar kenapa banyak orang terjun ke dunia wirausaha. Mendirikan usaha sendiri adalah cara yang tepat dan cepat yang harus dilakukan untuk mencapai kebebasan finansial.

Definisi kebebasan finansial adalah anda memiliki cukup uang untuk anggaran kebutuhan sehari-hari, anggaran untuk hari tua, tabungan yang cukup dan anda memiliki uang untuk membeli apa yang anda inginkan.

3. Memiliki banyak teman

Pengusaha membutuhkan lingkungan sosial untuk belajar bersama, mengembangkan usaha, dan sebagainya. Lingkaran pertemanan dan kenalan baru selalu berkembang ketika anda menjadi seorang pengusaha. Dalam lingkungan komunitas yang memiliki semangat dan jiwa yang sama inilah, masing-masing pengusaha dapat membagikan pengalamannya, saling membantu dan berbicara tentang tantangan yang akan mereka hadapi.

4. Menciptakan lapangan kerja

Karena usaha memerlukan berbagai stakeholder demi suksesnya dunia usaha yang akan kita buat maka kita akan menerima orang lain untuk bekerja sama dengan kita. ide-ide anda memberi kesempatan bagi mereka untuk mencari nafkah, menyediakan pekerjaan agar mereka bisa menghidupi keluarganya dan memenuhi impian mereka sendiri.

5. Lebih berdedikasi

Anda akan dituntut belajar untuk sabar, belajar menghargai proses, belajar merencanakan sesuatu dengan taktis, belajar mengatur keuangan.

Belajar menghargai orang lain dan belajar interaksi, mengemukakan suatu pendapat kepada orang lain. Dengan demikian menjadikan anda pribadi yang lebih berdedikasi tinggi.

Usaha Bakso Bakar Modal Kecil Omzet Besar

Belakangan ini sedang muncul tren jajanan baru yang cukup banyak diminati konsumen dari segala kalangan. Tidak hanya oleh anak-anak, tetapi juga oleh orang dewasa. Apalagi kalau bukan jajanan bakso bakar.

Semakin hari semakin banyak saja orang mulai membuka usaha bakso bakar di berbagai kota, mulai dari penjaja keliling sampai warung yang lebih permanen. Hal ini menjadikan bakso bakar sebagai peluang usaha kecil yang menarik dan menguntungkan.

Jika anda berniat menjadi pengusaha bakso bakar, segeralah mantapkan niat anda karena usaha ini memiliki prospek yang bagus. Alasan utamanya adalah, bakso bakar merupakan makanan yang digemari semua orang sehingga bakso bakar anda pasti laku.

Selain itu, modal yang dikeluarkan untuk usaha bakso bakar tidak banyak. Cukup dengan modal awal 1 – 2 juta rupiah, anda sudah bisa menjadi pegusaha bakso bakar yang akan sukses.

ANALISA PELUANG USAHA BAKSO BAKAR

MODAL AWAL
1. Rp 150.000,- untuk peralatan wadah
2. Rp 120.000,- untuk alat gas dan pembakaran
3. Rp 500.000,- untuk display gerai
4. Rp 100.000,- untuk spanduk usaha bakso bakar

MODAL PER 3 HARI
1. Rp 250.000,- untuk bakso siap pakai (buatlah sekitar 350 tusuk)
2. Rp 145.000,- untuk bumbu-bumbu
3. Rp 70.000,- untuk kemasan
4. Rp 30.000,- untuk gas

TOTAL MODAL
Rp 870.000, + Rp 495.000,- = Rp 1.365.000,- 165

Jika dalam tiga hari anda dapat menjual 350 tusuk bakso bakar tersebut dengan harga jual per tusuk @2000, anda akan mendapatkan penghasilan kotor Rp 700.000,-. Penghasilan bersih anda selama tiga hari di luar modal awal adalah Rp. 205.000,- Maka dalam sebulan omset anda mencapai Rp 2.050.000,-.

Jika anda dapat menjual lebih dari 350 tusuk per 3 hari, tentu saja anda akan mendapatkan omset lebih besar. Berikutnya akan kita bahas bagaimana menentukan lokasi yang strategis untuk menentukan lokasi usaha bakso bakar yang akan kita buat.

Cara Menentukan Tempat Usaha Bakso Bakar yang Tepat

Dalam dunia usaha menentukan lokasi dan target pasar anda merupakan hal yang penting, karena apabila anda salah dalam menentukan dijamin usaha tidak akan laku. Contoh orang yang berjualan makanan tidak akan laku apabila tempat ia berjualan jarang orang berlalu – lalang ditempatnya, oleh karena itu akan dibagikan tips menentukan tempat usaha yang tepat.

1. Lokasi usaha yang mudah terlihat

Dengan bertempat pada area yang mudah terlihat, maka sudah pasti akan banyak memperoleh perhatian dan tentunya juga memudahkan untuk masa perkenalan dan promosi bisnis anda yang baru saja mulai dirintis.Selain itu, lokasi yang mudah terlihat juga akan menekan biaya promosi pada awal pembukaan atau promo promo peluncuran produk baru anda selanjutnya.Sebagai contoh memilih tempat usaha bakso bakar pada lokasi wisata adalah salah satu spot yang cukup strategis. Hal ini sangat beralasan karena kemungkinan besar pengunjung akan tertarik untuk menjadikan produk anda sebagai santapan santai sembari menikmati wahana pada lokasi wisata tersebut.

2. Biaya membangun atau sewa tempat usaha

Jika anda mampu dan memiliki budget anggaran untuk membangun sendiri tempat usaha dilokasi yang strategis, maka hal ini akan lebih menguntungkan dan menjadi value tersendiri.

Dilain hal, bangunan yang notabene adalah merupakan salah satu jenis investasi yang menguntungkan, maka tidak ada salahnya jika memang anda bidik sekalian untuk menanamkan modal dan berinvestasi jangka panjang.

Namun apabila harus menyewa, maka tidak dapat dipungkiri lagi bahwa tempat yang strategis tentu akan di banderol dengan harga sewa yang cukup tinggi oleh pemiliknya.

Kalkulasi atau perhitungan yang cermat harus anda lakukan sebelum membuat keputusan kontrak sewa dengan pemilik lahan. Pertimbangkan apakah keuntungan setiap bulan akan mampu untuk memenuhi kebutuhan sewa lahan dan operasional usaha berikutnya.

Dan biasanya, setelah masa kontrak anda berakhir kemudian ingin memperpanjang, kenaikan harga sewa sudah tentu menanti di depan mata. Apalagi jika tampak jelas bahwa bisnis yang anda bangun di sana telah berkembang pesat dan memiliki konsumen yang loyal.

3. Akses yang mudah dijangkau

Poin ini adalah mengenai kenyamanan konsumen ketika akan menuju dimana lokasi usaha anda berada.Meskipun berada pada tempat atau lokasi ramai dan banyak menarik perhatian orang yang berlalu lalang.

Jika lokasi bisnis anda tidak memiliki lahan parkir yang memadai, seperti misal terlalu rapat dengan jalan, maka konsumen pun terkadang akan enggan untuk singgah sebab merasa kurang nyaman.

Sebagai contoh lagi, tempat usaha yang anda pilih adalah di area yang sangat ramai seperti di lokasi mall, namun apabila toko yang anda buka berada di lantai teratas, biasanya pengunjung juga kurang antusias untuk menuju ke sana.

Sebagai perbandingan misalkan sama sama menjual kaos distro dengan merek dan model yang sama, maka penjual yang berada di trotoar akan lebih cepat memperoleh konsumen meskipun tidak memiliki gerai yang mewah.

Apa benefitnya meskipun lapak usaha anda begitu mewah dan gelamor, namun berada pada lantai tertinggi sebuah mall ataupun tempat yang membuat konsumen malas untuk mendatanginya.

Maka dari itu, faktor akses untuk memudahkan konsumen menjangkau produk yang anda tawarkan sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan bisnis dan usaha anda.

Sekian artikel kali ini semoga dapat bermanfaat dan membah ilmu pengetahuan bagi anda. Selamat mencoba bisnis anda sendiri.

Goodluck… Semoga Hari Anda Menyenangkan Selalu….