0822-2330-3737

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai peluang usaha, bagi anda yang bingung mencari ide untuk membuat usaha, sekarang anda tidak perlu khawatir untuk mencari carinya lagi karena anda bisa menggunakan bakso seorang wirausahawan dengan memanfaat kan bakso ini.

Di era sekarang memang sangat sulit untuk mencari pekerjaan, tetapi anda tidak perlu khawatir dan pusing mencari pekerjaan, bisa di coba untuk membuat bakso dan dijadikan sebagai peluang usaha.

Pengertian Peluang Usaha

Pengertian Peluang Usaha

Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal.

Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung.Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan.

Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang atau persekutuanyang menjalankan sebuah jenis perusahaan.Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan.

Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tenaga kerja yang dipakai pun akan lebih banyak. Tapi ada juga seorang pengusaha yang bisa bekerja sendiri tanpa harus meminta bantuan orang lain, artinya usahanya masih bisa dikendalikan sendiri.

Wirausahawan (bahasa Inggris: entrepreneur) adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur pemodalan operasinya

Ada empat kategori menjadi wirausahawan:

Ciri-ciri Peluang Usaha

Peluang Bisnis Bakso Sukses

Jenis peluang usaha dibagi menjadi beberapa salah satunya yaitu  peluang usaha yang potensial dan peluang usaha yang baik. Ciri-ciri dari setiap jenis tersebut adalah sebagai berikut:

1. Peluang Usaha Yang Potensial

Ada beberapa ciri-ciri peluang usaha yang potensial, antara lain:

  • Mempunyai nilai jual tinggi
  • Bukan hanya sekedar ambisi tetapi harus bersifat nyata
  • Bisa bertahan lama atau berkelanjutan di pasar
  • Skala usaha itu dapat diperbesar atau ditingkatkan
  • Tidak terlalu banyak modal yang digunakan, investasinya tidak terlalu besar tetapi sangat berpotensi menguntungkan dan lain sebagainya.

2. Peluang Usaha Yang Baik

Berikut ini adalah ciri-ciri peluang usaha yang baik yaitu sebagai berikut:

  • Peluang usaha tidak meniru atau mencontoh orang lain tetapi asli hasil riset dan pemikiran diri sendiri
  • Peluang harus dapat mengantisipasi perubahan persaingan di pasar
  • Adanya keyakinan dapat mewujudkannya
  • Peluang itu harus sesuai dengan kehendak
  • Kelayakan usaha tersebut telah teruji
  • Adanya rasa senang apabila menjalankannya

Faktor Yang Mempengaruhi Munculnya Inspirasi Peluang Usaha

Terdapat dua faktor yang menjadi pengaruh terhadap munculnya inspirasi peluang usaha, yakni:

1. Internal

Adalah faktor yang bersumber dari dalam/diri sendiri antara lain:

  • Wawasan atau pengetahuan yang ada pada diri sendiri
  • Pengalaman pada dunia bisnis atau usaha
  • Pengalaman dan kemampuan ketika menyelesaikan suatu masalah
  • Kemampuan atau pemahaman terhadap sesuatu atau situasi kondisi

2. Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang bersumber dari luar antara lain:

  • Masalah yang muncul dan dihadapi dan belum terselesaikan
  • Kesulitan dalam mencari solusi masalah
  • Pemikiran yang baik untuk membuat sesuatu yang baru dari suatu kondisi
  • Keperluan yang belum tercapai atau terpenuhi untuk diri sendiri ataupun orang lain.

Sumber Peluang Usaha

Suatu peluang usaha memiliki sumber-sumbernya yang bisa membangkitkan semangat berusaha, yaitu diantaranya:

1. Diri Sendiri

Peluang usaha yang memiliki potensial tinggi adalah bersumber dari diri sendiri, seperti dari hobi, keahlian pengetahuan dan dari riset atau pengamatan lingkungan.Berikut merupakan alasan mengapa peluang yang baik datang dari diri sendiri karena:

  • Untuk menjalankan usaha haruslah konsisten dan memiliki komitmen
  • Pada  suatu usaha memerlukan proses yang panjang, sampai usaha tersebut sukses
  • Untuk menjalankan usaha butuh terus mencoba dan pantang menyerah, dengan didukung kreativitas dan mempunyai pengetahuan yang mencukup untuk meraih keberhasilan

2. Lingkungan

Terdapat beberapa sumber peluang usaha yang diperoleh dari lingkungan sekitar, seperti:

  • Usaha yang dimiliki orang tua yang terus dikembangkan, menjadikan semakin besar dan luas
  • Di lingkungan sekitar rumah
  • Kebiasaan diri sendiri

3. Konsumen

Permintaan, keluhan, saran atau harapan konsumen pada barang atau jasa di pasar dapat menjadi sumber ide untuk menciptakan usaha agar kita dapat menjadi yang lebih baik.

4. Dari Perubahan Yang Terjadi

Peluang usaha bisa muncul dari berbagai perubahan lingkungan apabila orang tersebut dapat membaca situasi untuk dijadikan peluang usaha agar dapat diperbaiki kesalahanya.

Contoh Peluang Usaha

Contoh yang biasanya muncul di era sekarang yaitu berbisnis secara online, memang bisnis online di jaman serba digital ini memang sangat menjanjikan asalkan terus berusaha, selalu berinovasi dan mampu bersaing dengan banyak penjual di pasaran.

Bisnis online yang dapat kita terapkan seperti jual Telepon Genggam atau Ponsel, Jual Kamera dan Yang sampai kapanpun akan tren yaitu Jual Pakaian atau Fashion serta Aksesoris dan jual bakso secara online pun sekarang juga ada.

Kemudian contoh juga usaha lainnya yang dapat dilakukan di dunia nyata misalnya membuka usaha budidaya hewan (seperti budidaya ikan gurame dan ikan lele), budidaya tanaman pertanian dan perkebunan dll. yang hasilnya dapat dijual.

Bisa juga di dukung dengan pemasaran secara online atau penjualan online untuk mempromosikan dan menjualnya hasilnya kepada para calon konsumen, karena sekarang ini banyak calon konsumen konsumen mencari barang atau produk yang diinginkannya melalui internet.

Atau peluang usaha yang membutuhkan modal besar, misalnya usaha pada bidang properti. Salah satu jenis usaha properti di era sekarang sangat di gemari oleh para pembisnis/peusahawan, karena berpotensi mendatangkan keuntungan yang besar, tapi tentunya membutuhkan modal yang besar untuk menjalankannya.

Seperti berbisnis secara online, ketika berbisnis online ternyata sangat menjanjikan asal terus berusaha, selalu melakukan inovasi dan bisa bersaing dengan banyak penjual di pasaran, anda bisa memasarkan barang yang anda jual melauli sosmed atau online.

Bisnis online yang bisa ditekuni adalah seperti jual smartphone atau kamera dan yang sampai kapanpun akan tren adalah menjual pakaian atau fashion dan juga aksesories.

Peluang Usaha Bakso

Bakso merupakan jenis makanan lintas generasi. Dari yang anak kecil, muda, bahkan tua hampir semuanya suka dengan bakso. Karena memiliki rasa khas Indonesia yang kaya akan rempah-rempah dan dapat meningkatkan mood jika mengomsumsinya, maka tidak heran jika semua masyarakat suka makan bakso.

Di samping modal yang dibutuhkannya tidak terlalu besar, karyawan usaha bakso pun tidak membutuhkan pelatihan ekstra dalam waktu yang lama. Selain itu, bakso dapat di variasikan dalam berbagai bentuk, jenis pembuatanya, dan varian rasanya.

Akan tetapi, karena kemudahan membuka usaha bakso, maka tidak heran jika peluang usaha ini pun semakin menggurita. Namun, bagi anda yang ingin memulai usaha bakso, anda tidak perlu hawatir. Meskipun penjual bakso semakin banyak, peminat bakso pun juga selalu bertambah menjadi lebih banyak. jadi ulasan di ataslah yang menjadikan peluang usaha bakso masih terbuka .

Langkah Memulai Usaha Bakso

Untuk memulai usaha bakso pastinya anda juga harus tau tentang resep bumbu bakso. Banyaknya penjual bakso sebenarnya bukanlah kendala yang berarti untuk meraih kesuksesan dari usaha bakso, walaupun banyak tetapi rasa dari penjual satu ke penjual yang lain itu berbeda. Anda mungkin membutuhkan mesin giling daging untuk membuat adonan bakso.

Selain bentuk bakso yang harus spesial, ada faktor lain yang cukup mempengaruhi kesuksesan usaha bakso. Faktor utama tersebut adalah keunikan dalam penyajian. Macam macam keunikan dan varian dalam menyajikan bakso sangat perlu diperhatikan bagi pengusaha bakso. Konsumen saat ini sudah bosan dengan model penyajian yang biasa-biasa saja.

Maka anda harus kreatif di bidang ini. misalnya , anda menyajikan bakso dengan karyawan yang berpenampilan menarik, atau menyajikan bakso yang berbentuk hewan. Untuk membuat bakso bentuk hewan pun tidak terlalu sulit tetapi anda juga harus lebih kreatif untuk memfariasikan.

Cukup dengan cetakan yang bervariatif dan kreatif yang ada di pasaran maka tampilan bakso pun akan menjadi unik. Atau anda bisa menggunakan mangkok yang berbentuk tidak lazim. Atau ide-ide unik lainnya.

Pada intinya kesuksesan usaha bakso sangatlah ditentukan oleh seberapa besar kreatifitas anda dalam mengembangkan bisnis bakso tersebut. Semakin anda berpatokan dengan pesaing maka anda tidak akan mendapat tempat di hati konsumen. Kuncinya, anda harus berpikir lebih kreatif daripada pesaing anda jika ingin merasakan untung besar.

1. Cari Lokasi Yang Strategis

Langkah pertama memulai usaha bakso adalah mencari tempat yang stategis. Pilihlah tempat yang berada di keramaian seperti pinggir jalan yang ramai, dekat dengan alun-alun, di kampus, gedung perkantoran atau perumahan warga. Setelah itu, mulailah untuk menentukan

2. Tentukan Jenis Bakso

Pada pembahasan di atas, sudah dijelaskan beberapa jenis bakso yang ada saat ini. Mulailah untuk menentukan jenis bakso mana yang akan Anda jual. Pilihlah jenis bakso yang Anda cukup mampu untuk membuatnya.

3. Siapkan Modal

Membuka usaha bakso memerlukan modal yang tergantung pada jenis bakso skala usaha yang ingin Anda bangun. Bagian-bagian yang harus masuk dalam perhitungan modal Anda adalah biaya pembuatan gerobak atau outlet, sewa tempat, perabotan atau perlatan masak, serta bahan-bahannya.

4. Cari Suplier

Langkah selanjutnya adalah mulai mencari supplier bahan baku yang murah dan berkualitas. Usahakan Anda mendapatkan bahan baku seperti daging dan tepung secara murah namun tidak mengabaikan kualitasnya.

5. Target Pasar

Bakso merupakan salah satu makanan yang populer di indonesia jadi banyak kalangan yang mengetahuinya. Membuat target pasar begitu mudah didapatkan. Mulai dari anak kecil sampai dengan orang tua menyukai makanan hangat dan berkuah seperti bakso ini.

6. Bahan Baku Usaha Bakso

Pada saat membuat bakso tentu membutuhkan bahan baku, bahan baku yang digunakan untuk membuat bakso harus fresh.  Pilih daging sapi segar untuk membuat adonan bakso, pastikan membuat adonan bakso sesuai dengan resep andalan. Buat cita rasa bakso yang berbeda dari lainnya agar para konsumen bisa membandingkan kualitas rasa bakso dengan bakso lainnya.

7. Perlengkapan

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha bakso ini yaitu gerobak bakso, etalase untuk meletakan makanan agar lebih higienis dan mudah untuk mengambilnya. Etalase dapat membantu agar bahan bakso lebih rapi. Anda dapat memanfaat kan mesin pembuat bakso untuk perlengkapan yang lebih mudah.

Peralatan pendukung lain yang berguna untuk menjalankan usaha bakso ini yaitu tabung gas, kompor, panci atau pemanas bakso, sendok sayur besar dan peralatan pendukung lainnya. Peralatan makan seperti mangkuk, sendok, dan garpu. Jangan lupa untuk menyediakan meja dan kursi untuk para konsumen supaya mereka bisa makan dengan nyaman.

Jenis-Jenis Usaha Bakso

Seiring dengan semakin banyaknya penjual bakso, maka tuntutan agar bisa bersaing dengan pedagang lainnya pun muncul. Berbagai inovasi dan kreasi baru pada bakso saat ini sudah banyak ditemukan. Hal ini sangat bagus bagi konsumen karena mereka menjadi tidak bosan dengan menu bakso yang itu-itu saja. Bila Anda ingin membuka usaha bakso, ada baiknya mengenal jenis-jenis usaha bakso berikut ini sebagai bahan referensi.

1. Usaha Bakso Urat

Bakso urat adalah bakso yang berisi urat atau tendon dan daging tetelan kasar di dalamnya. Bakso ini memiliki tekstur yang lebih kasar daripada bakso pada umumnya dan ada rasa gurih saat dimakan. Seperti namanya, untuk membuat bakso urat perlu ditambahkan bagian urat sapi selain dari daging sapinya itu sendiri.

2. Bakso Sapi

Bakso sapi merupakan bakso yang didalamnya berisi daging sapi. Bakso ini merupakan jenis bakso yang umum ditemui di pasaran karena rasanya memang enak. Gilingan daging sapi ditempatkan di dalam tepung tapioka lalu dibuat seperti bola-bola. Ketika dikunyah akan terasa kenyal dan saat digigit baru akan terasa nikmat daging sapinya.

3.Usaha Bakso Ikan

Jenis ini bisa menjadi solusi bagi yang tidak menyukai daging sapi atau tidak bisa mengkonsumsi daging sapi karena alasan tertentu. Ikan yang dipakai untuk bakso beragam, mulai dari ikan tongkol, ikan tenggiri, sampai ikan bandeng. Karakteristik ikan yang bisa dipakai untuk bakso adalah ikan yang durinya tidak menyebar sehingga mudah dipisahkan dengan daging ikannya.

4. Usaha Bakso Malang

Bakso Malang merupakan salah satu bakso yang populer di masyarakat. Bagi yang tidak tahu, bakso ini sebenarnya sama dengan bakso pada umumnya namun memiliki cirri khas pada baksonya yang terlihat berlemak. Ini karena pada saat memasak kuah, jeroan pun ikut dimasak.

Selain itu banyak gorengan yang bisa Anda nikmati, lalu ada mie kuning, pangsit goreng, tahu goreng dan masih banyak lainnya.

5. Bakso Solo

Ciri khasnya terlihat dari kuahnya yang bening dan komposisi kuashnya yang sederhana bila dibandingkan dengan bakso malang. Kuah yang disajikan biasanya berisi mi kuning, tauge, irisan sawi dengan taburan bawang goreng yang renyah. Tidak seperti Bakso Malang, Bakso Solo tidak disajikan dengan gorengan. Kesegaran setelah memakanan Bakso Solo ini yang membuatnya terkenal.

6. Usaha Bakso Beranak

Bakso Beranak merupakan bakso yang sedang tren dalam dua atau tiga tahun belakangan ini. Seperti namanya, bakso ini memiliki bakso lagi di dalamnya, yang membuatnya dikatan beranak. Karena ukuran baksonya yang besar, bakso ini pun biasanya dimakan oleh satu atau dua orang.

Contoh Analisa Usaha Bakso

berikut ini akan saya sampaikan mengenai contoh analisa usaha dari peluang bisnis bakso. Analisa usaha ini nantinya akan membantu Anda mempermudah menghitung pengeluaran dan pemasukan usaha :

Asumsi Masa Penggunaan:

  • Etalase atau gerobak selama 4 tahun
  • Kompor dan gas selama 4.5 tahun
  • Dandang selama 3 tahun
  • Panci selama 3.5 tahun
  • Mesin cetak bakso selama 2 tahun
  • Mesin giling daging selama 3 tahun
  • Pisau selama 4 tahun
  • Mangkuk selama 3 tahun
  • Sendok selama 2.5 tahun
  • Peralatan tambahan lain selama 3 tahun

Masih ragukah anda menjadikan bakso sebagai peluang usaha setelah membaca artikel ini? Tentunya tidak yaa. Itulah ulasan mengenai peluang usaha bakso selamat mencobanya.

 

× Whatsapp Kami!